11 Jurusan Kesehatan yang Banyak Dibutuhkan, Selain Dokter

Pandemi tak kunjung usai, era Herd Imunity segera datang sehingga banyak sekali kebutuhan tenaga kesehatan untuk menunjang agar pandemi cepat berakhir. Sehingga sangat diharapkan untuk yang masuk ke jenjang perkuliahan masuk ke dalam jurusan kesehatan.

Selain jurusan dokter dan pendidikan dokter, ada jurusan kesehatan yang banyak dibutuhkan untuk 5 tahun kedepan. Pastinya untuk Anda yang penasaran, maka Anda bisa mengetahuinya dalam artikel ini.

Apa itu jurusan kesehatan? Jurusan ini adalah jurusan yang mempelajari tentang kesehatan manusia mulai dari pembuatan obat dan lain sebagainya. Pastinya selain dokter pun ada jurusan-jurusan lainnya yang sangat krusial dan dibutuhkan. Oleh karena itu bagi Anda yang ingin mengetahui jurusan apa saja, berikut ini adalah penjelasannya.

jurusan kesehatan yang banyak dibutuhkan

11 Rekomendasi untuk Jurusan Kesehatan Terbaik

Pastinya banyak sekali jurusan yang bisa Anda pilih dan salah satunya adalah kesehatan. Sehingga yang ingin memilih jurusan ini, maka Anda harus lebih giat dalam mempelajari ilmu pengetahuan alam. Berikut ini adalah 11 jurusan terpilih untuk yang ingin berkecimpung di dunia kesehatan.

Jurusan Farmasi

Jurusan kesehatan yang bisa Anda tuju dan biasanya bekerja berdampingan dengan dokter adalah jurusan farmasi. Jurusan yang satu ini merupakan jurusan yang mempelajari secara kimia dan biologi untuk membuat obat yang dapat menyembuhkan orang. Pastinya orang-orang yang bekerja dalam farmasi sangat mengusai obat-obatan yang diracik.

Adapun prospek kerja juga menjanjikan, mahasiswa jurusan farmasi jika lulus bisa bekerja di pabrik pembuatan obat di bagian research and development, quality control, dan lain-lainnya. Jika mengambil keprofesian, maka bisa mengambil pendidikan apoteker pula untuk lebih menjanjikan hidup melalui bidang kesehatan.

Jurusan Fisioterapi

Kalau keseleo ataupun salah urat, maka biasanya Anda pergi ke tukang pijat. Adapun ternyata dalam dunia kesehatan yang mempelajari hal tersebut secara profesional. Jurusan ini dikenal dengan nama fisioterapi.

Pada dasarnya jurusan yang satu ini mempelajari tentang tubuh manusia dan sistem pergerakannya. Fisioterapi ditujukan agar dapat memulihkan dan memperbaiki gerak tubuh manusia. Kamu bisa mengambil D3, D4 atau S1.

Prospek kerjanya pun juga menarik, para lulusan fisioterapi bisa menjadi tim medis untuk klub olahraga, selain itu juga bisa bekerja di rumah sakit sebagai ahli fisioterapi. Bahkan sudah banyak juga para ahli fisioterapi yang merambah ke dunia YouTube.


Jurusan Ilmu Gizi

Ilmu gizi termasuk salah satu jurusan kesehatan yang banyak diminati oleh perempuan. Jurusan yang satu ini berfokus kepada ilmu yang memahami tentang gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh manusia. Biasanya ilmu gizi ini juga bisa memberikan rekomendasi diet pada seseorang yang ingin mengecilkan badan ataupun menggemukkan badan.

jurusan ahli ilmu gizi

Prospek kerjanya pun cukup menarik, bisa masuk ke ranah rumah sakit untuk menjadi ahli gizi. Kemudian bekerja secara profesional sebagai ahli gizi untuk gym atau konsultan pribadi untuk mengatur gizi yang diterima seseorang. Ada pula jurusan lainnya yang hampir mirip dengan ilmu gizi. Tahukah Anda?

Jurusan Okupasi Terapi

Jurusan kesehatan yang satu ini cukup unik dan belum banyak dikenal oleh orang-orang. Jurusan tersebut merupakan okupasi terapi yang mempelajari bagaimana caranya memulihkan kesehatan secara fisik dan mental. Jadi jurusan ini membuat pasien merasa terbantu dari segi fisik dan mental dengan memahami saraf yang ada pada tubuh sekaligus memahami gerak tubuh manusia.

Lulusan dari jurusan ini akan menjadi tenaga medis di rumah sakit ataupun bisa bekerja di pusat rehabilitasi ataupun sekolah. Karena jurusan ini masih jarang terdengar, ternyata di Indonesia ada dua universitas yang memiliki jurusan ini.

Jurusan Psikiatri

Jurusan kesehatan yang banyak dibutuhkan selanjutnya adalah psikiatri. Sebenarnya ini merupakan jurusan kedokteran lanjutan sebagai spesialis. Jurusan ini berhubungan dengan memahami dengan baik teori dan praktik terhadap gangguan mental manusia.


Lalu apa bedanya dengan psikolog. Perbedaannya, jika psikiatri mempelajari gangguan mental dengan memberikan diagnosis sekaligus obat-obatan yang mampu mengurangi gangguan tersebut.

Sedangkan psikolog hanya memberikan diagnosis dan menanganinya dengan memberikan konsultasi. Pekerjaan ini juga akan banyak bekerja di rumah sakit atau klinik.

Apa Perbedaan Psikiater dengan Psikolog ?

Dari sisi pengobatan, psikiater adalah dokter yang memberikan obat dan jenis terapi. Sedangkan psikolog menitikberatkan pada psikoterapi untuk merawat gangguan emosional dan mental pasien.
Dari sisi pendidikan, pisikiatri menempuh sekolah kedokteran dan residensi minimal 4 tahun di Rumah Sakit. Sedangkan psikologi menjalani pendidikan kuliah selama 4 tahun

Jurusan Biomedical

Selanjutnya jurusan kesehatan yang bisa dipilih adalah biomedical. Jurusan yang satu ini merupakan multi disiplin karena menggabungkan ilmu teknologi dengan kesehatan yang dimanfaatkan untuk menemukan solusi dalam mengatasi masalah kesehatan. Pastinya yang menjadi salah satu masalah yang ditangani adalah penyakit yang belum ada obat atau penyebaran yang sangat cepat.

jurusan kesehatan yang banyak dibutuhkan

Analis Kesehatan

Bagi seseorang yang sangat menyukai pekerjaan di laboratorium, maka analisis kesehatan menjadi jurusan tepat yang untuk diambil. Adapun analisis kesehatan akan mempelajari pekerjaan laboratorium dan memberikan hasil analisis dan solusi pada suatu permasalahan kesehatan manusia. Pastinya kemampuan yang dibutuhkan adalah ketelitian tingkat tinggi yang dimanfaatkan untuk bisa menganalisis dengan baik.

Tasawuf Psikoterapi

Salah satu jurusan kesehatan lainnya yang multi disiplin yaitu menggabungkan ilmu agama khususnya agama Islam dengan ilmu psikologi. Sehingga dalam melakukan konsultasi pun membawa ilmu agama sekaligus ilmu psikologi untuk menangani pasien yang mengalami gangguan mental.

Untuk jurusan ini juga sudah banyak terbuka di universitas swasta Islam. Di jurusan ini, kamu akan melihat masalah kesehatan mental dari sisi sains, medis, dan agama. Jika tertarik, maka Anda bisa mencari informasi lebih lanjut tentang jurusan yang satu ini.

Jurusan Kuliah Apa yang Hanya Ada di Indonesia?

1. Jurusan Teknologi Batik, di Universitas Pekalongan.
2. Jurusan Tasawuf Psikoterapi, di IAIN Imam Bonjol, UIN Syarif Hidayatullah, dan UIN Sunan Gunung Djati.
3. Seni Karawitan, di Institut Seni Indonesia, Universitas Kristen Satya Wacana, dan Universitas Negeri Yogyakarta
4. Tenaga Penyuluh Lapangan, yang berada di  Akademi Pimpinan Perusahaan Jakarta, Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil Bandung, dan Akademi Teknik Industri Makassar.
5. Seni Pedalangan di Institut Seni Indonesia, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Pendidikan Indonesia

Refraksi Optik

Jika dokter mempelajari secara keseluruhan tentang tubuh manusia, maka jurusan yang satu ini hanya khusus mempelajari tentang kesehatan penglihatan manusia. Jika Anda melihat dari nama jurusannya sangat terlihat jelas jika jurusan ini secara khusus mempelajari tentang sistem kerja penglihatan dan gangguan kesehatannya.

Prospek kerjanya pun cukup menjanjikan, Anda bisa membuka usaha optik atau bekerja secara langsung di rumah sakit untuk menangani masalah kesehatan mata. Para praktisi-nya biasa dikenal dengan nama optometris.


Rekam Medis

Jurusan yang satu ini juga merupakan jurusan yang menarik di dunia kesehatan. Pastinya Anda memahami dengan baik jika rekam medis ini akan mempelajari riwayat penyakit yang dimiliki oleh pasien. Sehingga praktisi ini diharapkan memiliki kemampuan mencari informasi yang sangat tinggi dan memiliki kemampuan untuk memberikan solusi dalam pengobatan yang sesuai dengan riwayat kesehatan seseorang.

Pastinya peluang kerja dari jurusan rekam medis kebanyakan akan bekerja di rumah sakit ataupun laboratorium kesehatan. Biasanya bekerja sama juga dengan analis kesehatan untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Manajemen Rumah Sakit

Kesehatan tidak hanya berkaitan dengan menyembuhkan seseorang, namun juga harus mengetahui berbagai macam kebutuhan rumah sakit dan bagaimana cara mengatur agar proses rumah sakit dapat berjalan lancar.

Jika Anda tidak ingin bekerja langsung di dunia kesehatan, maka jurusan yang tepat adalah dengan masuk ke jajaran manajemen rumah sakit. Pastinya ilmu manajemen sangat diperlukan untuk mengatur rumah sakit.

Kenapa ada Dokter yang Buka Praktik di Rumah?
Apakah Gaji dari RS Kurang ?

Yang melandasi buka praktek bukan karena uang, melaingkan untuk :
1. Punya tanggung jawab pribadi sebagai dokter di lingkungan sekitar.
2. Waktu lebih fleksibel dan lebih santai dibandingkan bekerja di rumah sakit.
3. Membantu jejaring puskesmas dan praktik bidan sekitar lingkungan.
4. Menambah poin untuk perpanjangan izin praktik sebagai pengabdian di masyarakat.
5. Pasien yg tadinya rawat inap di rumah sakit biasanya sesudah pulang rumah masih perlu follow up dan melanjutkan pengobatan out-patient (pengobatan di luar RS).

Editor Choices :

Itulah beberapa jurusan kesehatan yang banyak dibutuhkan yang bisa diinformasikan untuk Anda. Semoga membantu Anda untuk menemukan jurusan kesehatan yang terbaik menurut Anda selain jurusan kedokteran.

Komentar / Pertanyaan