11 Prospek Kerja Ilmu Tanah Jenjang D3 S1 & Gajinya

Prospek kerja ilmu tanah cukup luas, ada banyak pekerjaan yang membutuhkan sarjana jurusan ini. Sesuai dengan namanya, jurusan ini mempelajari bagaimana cara mengelola tanah sebagai salah satu sumber daya alam yang penting bagi kehidupan manusia.

Jurusan ini merupakan salah satu bagian dari fakultas pertanian, sehingga mayoritas pekerjaan lulusannya berhubungan erat dengan bidang ini.

Mata Kuliah Ilmu Tanah

Di dalam jurusan ini para mahasiswanya akan diajarkan berbagai aspek terkait dengan tanah, diantaranya adalah bagaimana karakteristik, jenis, pemetaan, pembentukan dan pengelolaan tanah.

prospek kerja ilmu tanah

Sehingga walaupun termasuk sebagai salah satu jurusan di fakultas Pertanian, mata kuliah yang dipelajari tidak hanya berkaitan dengan bidang pertanian saja.

Karena cakupan materi yang cukup luas, para mahasiswa ilmu tanah harus mampu memahami ilmu kimia, biologi dan geografi. Selain itu, para mahasiswa harus mampu melakukan analisis tentang suatu permasalahan yang ada di dalam tanah.

Beberapa mata kuliah yang diajarkan di dalam jurusan ilmu tanah diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Klimatologi Dasar
  2. Perencanaan dan Pengembawangan Wilayah
  3. Evaluasi dan Tata Guna Lahan
  4. Geologi dan Mineralogi Tanah
  5. Digitasi dan Sistem Informasi
  6. Ilmu Kimia Tanah
  7. Geomorfologi dan Analisis Lansekap
  8. Agrohidrologi
  9. Morfologi dan Klasifikasi Tanah
  10. Karakteristik dan Dinamika Lahan Basah dan Gambut
  11. Teknik Analisis Tanah dan Tanaman
  12. Ekologi Tanah
  13. Irigasi dan Drainase Pertanian

Prospek Kerja Ilmu Tanah

Dibandingkan jurusan lain yang ada di Pertanian, peluang kerja seorang sarjana ilmu tanah sangatlah luas. Mereka bisa bekerja di berbagai perusahaan yang tidak ada sangkut pautnya sama sekali dengan pertanian.

Banyak sekali prospek kerja yang bisa didapatkan oleh seorang sarjana ilmu tanah. Prospek kerja yang bisa didapatkan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

prospek kerja ilmu tanah

1. Perusahaan Pertambangan

Banyak perusahaan pertambangan besar yang membutuhkan seorang sarjana ilmu tanah. Hal ini berkaitan dengan kewajiban mereka untuk mengkonservasi tanah bekas tambang mereka.

Tanah bekas galian tambang merupakan tanah yang tercemar, oleh karena itu diperlukan sebuah upaya konservasi agar tanah di daerah tersebut dapat kembali dimanfaatkan.

Pekerjaan di perusahaan penambangan ini tentunya memiliki gaji yang sangat besar. Anda bisa mendapatkan hingga puluhan juta rupiah setiap bulannya untuk pekerjaan ini.

2. PNS

Banyak sekali lowongan untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS) yang membutuhkan sarjana ilmu tanah. Salah satunya adalah bekerja di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), pekerjaan di kementrian ini sangat banyak yang berhubungan erat dengan bidang keilmuan ini.

Misalnya saja di tentang masalah gambut, tanah yang berada di daerah gambut ini memerlukan upaya pengelolaan khusus agar bisa ditanami oleh manusia. Upaya pengelolaan tanah gambut ini menjadi pekerjaan yang sangat cocok bagi lulusan jurusan ini.

Selain pengelolaan gambut, seorang sarjana ilmu tanah biasanya memahami dengan baik tentang pencemaran yang terjadi di dalam tanah. Saat ini banyak sekali lahan yang tercemar akibat ulah manusia, sehingga tugas KLHK untuk mengelola lahan tercemar tersebut supaya bisa kembali pulih. Oleh sebab itu, hampir setiap tahuan KLHK akan membuka lowongan kerja bagi sarjana ilmu tanah.

3. Dosen

Bagi yang ingin bekerja sebagai tenaga pengajar, agar bisa mencerdaskan anak bangsa anda bisa menjadi seorang dosen. Menjadi pengajar merupakan pekerjaan yang mulia dan memiliki penghasilan yang lumayan juga.

Sayangnya, lowongan kerja untuk menjadi dosen ilmu tanah tidaklah banyak. Hal tersebut dikarenakan hanya sedikit perguruan tinggi yang memiliki jurusan ini di dalamnya.

Oleh sebab itu, peluang terbesar anda menjadi dosen terletak pada universitas tempat anda melakukan studi. Anda harus bisa menonjolkan diri di kelas dan berhubungan baik dengan dosen yang ada di kampus anda.

Jika anda mendapatkan rekomendasi dari dosen senior, peluang anda untuk menjadi pengajar di kampus anda menjadi lebih besar.

prospek kerja ilmu tanah

4. Peneliti

Bagi anda yang suka melakukan penelitian dan ingin menemukan inovasi baru bagi manusia, tidak ada salahnya anda menjadi seorang peneliti. Ada banyak prospek kerja untuk menjadi peneliti di bidang ilmu tanah.

Setelah lulus, anda bisa melamar untuk bekerja di LIPI atau lembaga riset lainnya. Cukup banyak lembaga riset yang bergerak di bidang ini, baik itu swasta ataupun milik pemerintah.

prospek kerja ilmu tanah

5. Konsultan

Saat ini konsultan lingkungan sedang menjadi pekerjaan yang cukup hangat. Banyak sekali proyek pemerintah dan swasta yang membutuhkan konsultan lingkungan untuk menyediakan dasar agar proyeknya dapat dijalankan.

Para konsultan ini akan mengkaji akibat yang ditimbulkan oleh suatu proyek terhadap lingkungan. Bagi lulusan ilmu tanah, masalah mengkaji permasalahan ini pastinya sudah menjadi pelajaran rutin yang diajarkan di kampus.

6. Perusahaan Perkebunan

Karena dasarnya merupakan salah satu jurusan di Fakultas Pertanian, lulusan ilmu tanah sangat cocok untuk bekerja di perusahaan perkebunan. Banyak perusahaan perkebunan bonafit yang menawarkan gaji besar lho, contohnya saja Sinar mas.

advertisement

Gaji yang ditawarkan bisa lebih dari 10 juta rupiah setiap bulannya. Tugas anda disini adalah untuk menganalisis pengaruh faktor tanah terhadap hasil panen yang dihasilkan di dalam perkebunan tersebut.

7. Petani

Petani merupakan sebuah pekerjaan yang memiliki peranan penting bagi kehidupan kita. Menjadi petani tidak memalukan kok, saat ini banyak sekali petani yang bisa mencapai kesuksesan karena memiliki dasar ilmu yang mumpuni.

Seorang sarjana ilmu tanah tentunya memiliki pengetahuan yang sangat banyak di bidang pertanian, dengan itu anda bisa membuat hasil panen anda menjadi jauh lebih bagus.

prospek kerja ilmu tanah

8. LSM

Banyak LSM yang membutuhkan seorang lulusan jurusan ini. Anda bisa melamar ke LSM yang berafiliasi ke luar negeri, biasanya gaji yang ditawarkan jauh lebih besar dari UMR.

Di lembaga ini anda akan bekerja untuk mengutamakan kepentingan masyarakat dan mengkritik kebijakan pemerintah yang tidak sejalan dengan kepentingan masyarakat.

9. Perusahaan / Distributor Pupuk

Prospek kerja ilmu tanah yang lain adalah bekerja di perusahaan pupuk. Banyak perusahaan pupuk yang didirikan di Indonesia, baik itu produsen pupuk organik maupun kimia.

Anda akan ditugaskan untuk menganalisis dampak pupuk yang dibuat oleh perusahaan anda terhadap kualitas tanah. Selain itu, anda juga diharapkan bisa memberikan inovasi di pupuk perusahaan tersebut agar bisa bekerja lebih baik.

10. Pabrik

Setiap pabrik pasti menghasilkan limbah yang merupakan hasil sampingan dari produksi yang mereka lakukan. Saat ini setiap pabrik yang ada di Indonesia, harus memastikan limbahnya tidak mencemari lingkungan melebihi ambang batas yang ditetapkan.

Sarjana ilmu tanah dapat melamar pekerjaan di bagian pengelolaan limbah, khususnya untuk menganalisis dampak limbah yang ada terhadap kualitas tanah yang ada di sekitar pabrik tersebut.

11. Penyuluh Pertanian

Menjadi penyuluh pertanian berarti anda ikut membantu mensukseskan sektor pertanian yang ada di Indonesia. Anda diminta untuk menularkan ilmu yang anda miliki di kampus kepada para petani, agar mereka bisa mengelola tanah dengan baik. Jika para petani bisa mengolah dengan baik, tentunya hasil panennya akan menjadi lebih baik.

Apa yang dimaksud dengan pencucian pada ilmu tanah?

Leaching adalah hilangnya nutrisi tanaman yang larut dalam air dari tanah, karena hujan dan irigasi.
Dalam ilmu tanah kita mengenal adanya lapisan-lapisan tanah yang disebut Horison.

Kenapa mahasiswa pertanian sering dipandang sebelah mata?

Saat menjalani kuliah, tidak jarang mendapati respon merendahkan sebagai mahasiswa agrokompleks. Pun yg merendahkan ada beberapa berstatus mahasiswa.
Satu-satunya hal yang bisa dilakukan adalah membuktikan. Aktif di berbagai kegiatan, baik akademis maupun non-akademis. Berjuang ikut lomba. Berjuang dapat beasiswa. Berjuang mendapatkan akses keluar negeri gratis, dsb

Itulah beberapa prospek kerja ilmu tanah yang bisa didapatkan oleh para ulusannya, untuk jeang diploma maupun sarjana ilmu tanah. Jika ada dari pekerjaan tersebut anda minati, maka anda bisa memikirkan untuk melanjutkan studi di jurusan ini.

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest