Tutorial Cara Update iOS 15 Pakai Data Seluler / Tanpa Wifi

Apple merilis iOS 15 sebagai sistem operasi terbarunya yang bisa didapatkan mulai 20 September 2021. Pengguna bisa upgrade dengan cara update iOS 15 pakai data seluler jika perangkat iPhone yang digunakan memang mendukung sistem tersebut.

Melalui iOS 15, Apple menghadirkan sederet fitur baru dengan berbagai kecanggihannya. Pembaruan untuk iOS 15 meliputi FaceTime, pesan, Live Text, privasi, dan masih banyak lagi.

Fitur iOS 15

iOS merupakan sistem operasi yang digunakan untuk perangkat Apple seperti iPhone. Pembaruan sistem operasi dilakukan untuk peningkatan fitur dan teknologi pada perangkat. iOS 15 menjadi sistem operasi terbaru untuk meneruskan sistem iOS 14.

Editor Choices :
cara update ios 15 pakai data seluler tanpa wifi

Sistem operasi terbaru dari Apple ini hadir dengan peningkatan untuk beberapa layanannya. Berikut adalah fitur-fitur terbaru yang ada pada sistem operasi iOS 15.

  • Message

Layanan pesan iPhone mendapatkan pembaruan fitur pada sistem iOS 15. Pembaruan layanan ini adalah fitur status pesan yang bisa diaktifkan ke mode “Jangan Ganggu”. Status tersebut dapat terlihat oleh pengguna lain.

Sponsored Link
  • Find My

Fitur ini dapat digunakan oleh pengguna untuk mencari AirPods Max dan AirPods Pro. Selain itu, bisa juga digunakan untuk mencari foto di suatu spotlight.

  • Browser Safari

Browser Safari di iOS 15 kini sudah mendukung ekstensi browser. Desain bagian tab browser juga tampil lebih sederhana. Pengguna bisa mengelompokkan tab dan juga disinkronkan dengan perangkat Apple yang lain.

  • Live Text

Fitur terbaru di iOS yang disebut Live Text ini memungkinkan pengguna untuk menemukan teks dalam foto.

  • Focus

Focus merupakan fitur yang ada pada iOS 15 untuk mengatur notifikasi apa saja yang muncul. Pengguna bisa membuat pengaturan berbeda-beda saat sedang bekerja, sedang belajar, dan lainnya.

Fitur ini juga dapat digunakan untuk melihat foto kontak jika ada pemberitahuan teks yang muncul. Ikon aplikasi dapat terlihat lebih besar dengan menggunakan fitur yang ada di iOS 15 ini.


  • FaceTime

Fitur terbaru di iOS 15 untuk layanan FaceTime adalah SharePlay. Pengguna dapat melakukan panggilan dan berbagi layar untuk menonton film, mendengarkan musik, dan melihat aplikasi secara bersama-sama.

Peningkatan besar untuk iOS 15 adalah pada layanan FaceTime. Layanan pesan video ini lebih jernih dengan fitur Voice Isolation yang meredam kebisingan sekitar. Jadi audio akan lebih fokus pada suara dari pengguna.

Selain audio, pembaruan layanan FaceTime pada iOS 15 adalah pada fitur FaceTime Links. Fitur ini memberikan link panggilan yang bisa dibagikan ke aplikasi pihak ke tiga sehingga pengguna lain bisa bergabung ke panggilan, termasuk pengguna Windows atau Android.

Peningkatan fitur pada layanan FaceTime lainnya adalah mode portrait. Saat melakukan panggilan video, pengguna bisa mengaktifkan mode tersebut agar background panggilan menjadi blur.

  • Maps

Salah satu pembaruan fitur pada iOS 15 adalah di layanan Maps yang detail yang lebih baik. Pengguna bisa memanfaatkan CarPlay atau navigasi di ponsel dengan tampilan peta tiga dimensi.


  • Weather

Peningkatan fitur pada iOS 15 juga ada di layanan weather dengan peta iklim yang baru. Tampilan informasi cuaca juga memiliki desain baru dengan animasi yang lebih menarik.

  • Apple Wallet

Fitur ini sekarang dapat digunakan untuk menyimpan lebih banyak item. Pengguna bisa menyimpan informasi identifikasi, kunci kamar hotel, lain sebagainya.

Pengguna bisa membuka kamar hotel, tempat kerja, atau kunci rumah melalui iPhone. Cukup dengan menyimpan informasi tersebut ke Apple Wallet.

iOS 15 untuk iPhone Apa Saja

iOS 15 untuk iPhone Apa Saja

Apple merilis iOS 15 dengan berbagai peningkatan fitur yang lebih canggih. Namun tidak semua perangkat iPhone bisa diupgrade ke sistem operasi terbaru ini. Berikut adalah daftar iPhone yang mendukung iOS 15.

  • iPhone SE (generasi ke-1 dan generasi ke-2)
  • iPhone 6S dan iPhone 6S Plus
  • iPhone 7 dan iPhone 7 Plus
  • iPhone 8 dan iPhone 8 Plus
  • iPhone X dan iPhone XR
  • iPhone XS dan iPhone XS Max
  • iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max
  • iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max
  • iPhone 13, iPhone 12 Mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max

Pengguna yang memiliki perangkat di atas bisa melakukan update iOS 15. Sedangkan untuk cara update iOS 15 pakai data seluler dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut.


  • Pastikan koneksi internet seluler yang digunakan stabil
  • Cek ruang penyimpanan dan pastikan cukup untuk melakukan update iOS 15
  • Siapkan ponsel dengan baterai lebih dari 60 persen
  • Buka menu “Pengaturan”, pilih opsi menu “Umum”, dan pilih “Pembaruan Perangkat Lunak”
  • Klik menu “Download and Install iOS 15”
  • Tunggu proses download selesai
  • Tunggu proses instalasi selesai
  • iPhone akan otomatis menyala saat instalasi selesai
  • iOS 15 sudah terpasang dan iPhone bisa digunakan

Sistem operasi iOS 15 ini dilengkapi dengan berbagai fitur baru yang membantu pengguna menjelajahi dunia, menemukan fokus, dan tetap terhubung melalui layanannya.

Namun perlu diketahui bahwa iOS 15 ini belum lama rilis sehingga bisa saja Anda menemukan masalah atau bug saat update sistem. Lakukan update sistem dengan benar dan pastikan perangkat mendukung dengan internet yang stabil.

Solusi iPhone Storage Almost Full iOS 15

Sistem operasi terbaru yaitu iOS 15 memiliki interface yang lebih bagus dan nyaman untuk dilihat. Berbagai fitur dengan kecanggihannya disematkan untuk peningkatan pengalaman pengguna iPhone.

ios almost full storage IOS 15 bug cara

Sistem iOS 15 hanya tersedia untuk perangkat iPhone SE, iPhone 6S, dan di atasnya. Pembaruan sistem operasi ini dapat dilakukan melalui pengaturan. Proses download dan instalasi akan membutuhkan waktu yang berbeda sesuai jenis perangkat dan ukuran file.

Apabila perangkat iPhone mendukung untuk iOS 15, maka bisa diupgrade. Namun proses upgrade iOS 15 ini bisa saja bermasalah, seperti tidak bisa install karena ruang penyimpanan penuh. Jadi sebelum update ke iOS 15, pastikan terlebih dahulu storage mencukupi.

Jika ruang penyimpanan masih banyak tetapi muncul notifikasi “Storage Almost Full”, kemungkinan itu adalah bug. Sistem terbaru dari Apple ini memang belum lama rilis dan banyak juga pengguna iPhone yang mengaku mendapatkan notifikasi tersebut.

Pengguna iPhone yang gagal melakukan upgrade iOS 15 dan mendapatkan notifikasi ini sebaiknya tidak langsung menghapus file lain di ponsel. Tunggu update terbaru dari Apple sendiri terkait masalah ini.

Sistem operasi iOS 15 masih dalam pengujian oleh pihak Apple. Bisa saja Apple akan membuat upgrade iOS 15 versi baru seperti iOS 15.0.1 atau lainnya, apabila bug di iOS 15 ini tidak bisa segera diatasi.

Itulah beberapa informasi mengenai sistem operasi terbaru dari Apple sebagai penerus iOS 14. Pengguna bisa melakukan cara update iOS 15 pakai data seluler untuk mendapatkan sistem operasi terbaru ini.


Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Twitter Pinterest Facebook WhatsApp
Apakah ada tanggapan/pertanyaan?
Kirim Komentar


📢 Komentar / Pertanyaan