Inilah 9 Barang yang Wajib Dimiliki Anak Kost Jaman Now

Memulai kehidupan baru sebagai mahasiswa di tanah perantauan memang ada suka dan dukanya. Kita tidak boleh berhenti berjuang dan harus senantiasa bertahan hidup demi mewujudkan cita-cita.

Nah, salah satu langkah mempersiapkan diri di kota orang adalah dengan kost. Tidak perlu bingung dengan apa saja barang yang wajib dimiliki anak kost.Silahkan simak ulasan lengkap dan jelasnya di artikel berikut ini.

barang yang wajib dimiliki anak kost

Keuntungan Memilih Kost Sebagai Hunian

Ada banyak jenis hunian yang bisa Anda pilih untuk tempat tinggal selama menempuh pendidikan di luar kota. Sebut saja nebeng di rumah saudara, apartemen, kontrak rumah, hingga kost.

Dari beberapa pilihan tersebut, sewa kost lebih disukai para anak muda yang tengah menempuh jenjang pendidikan di universitas. Hal ini karena selain sewa yang relatif terjangkau, beberapa kota di Indonesia yang memiliki gaya hidup murah sudah membuat kamar kost full fasilitas.

Keuntungan-keuntungan sewa kost pun tidak berhenti sampai disitu. Selain tempatnya yang murah dan full fasilitas, kost untuk mahasiswa biasanya juga ada di daerah yang tidak rawan kejahatan dan dekat dengan kampus.

Sementara itu, kampus biasanya juga ada di pusat kota. Oleh karena itu, anak kost bisa hemat biaya karena bisa jalan kaki cukup dekat ke tempat-tempat publik. Bagaimana? Masih ragu untuk kost?

barang yang wajib dimiliki anak kost
Kamu tipe rebahan atau aktif ? 🙂

Jenis-Jenis Barang yang Wajib Dimiliki Anak Kost

Setelah membahas tentang berbagai macam kelebihan sewa kamar kost, kini Anda yang sudah mantab untuk kost bisa mulai berkemas. Pertanyaan yang muncul pertama kali pasti soal apa saja barang yang wajib dimiliki anak kostdan harus Anda bawa pindahan. Tidak perlu bertanya-tanya lagi. Langsung saja simak jawabannya di ulasan di bawah ini, antara lain :

  • Peralatan Mandi

Pertama, barang yang wajib dibawa ke kamar kost adalah peralatan mandi. Biasanya memang kamar kost dibuat dengan berbagai macam tipe, yakni kamar mandi dalam dan kamar mandi luar.

Tapi jangan pikir jika ketika Anda sudah memilih kamar mandi dalam, Anda tidak perlu menyiapkan peralatan mandi. Faktanya, Anda tetap harus membawa peralatan mandi sendiri. Sebut saja: sabun, sampo, gayung, sikat gigi, pasta gigi, deodoran, parfum, sisir dan kalo perlu bawa body lotion/skin care.

  • Peralatan Makan

Kedua, barang yang wajib dibawa ke kamar kost adalah peralatan makan. Ketika Anda menyewa kamar kost, maka Anda akan mendapat hunian sepetak kamar yang berisi tempat tidur, lemari, dan furniture-furniture kamar lainnya.

Tidak ada peralatan dapur karena memang dapur pasti ada di luar untuk dipakai bersama. Rice cooker dan teko pemanas kadang berguna. Nah, entah memasak sendiri atau membeli makanan, tidak lupa bawalah peralatan makan dari rumah ya.

  • Kipas Angin / Air Cooler

Ketiga, barang yang wajib dibawa ke kamar kost adalah kipas angin. Komplek kos atau kontrakan biasanya di perumahan padat penduduk dan jarang pepohonan, yang artinya temperatur bisa bikin gerah. Jika Anda berani membayar mahal, maka Anda bisa mendapat kamar kost dengan fasilitas AC.

Tapi jika Anda ingin harga kamar kost yang terjangkau, maka kesampingkan fasilitas AC tersebut. Sebagai gantinya, bawalah sendiri kipas angin dari rumah. Mungkin, Anda hanya akan ditagih biaya listrik tambahan per bulan. Lebih hemat, bukan?

  • Alat Kebersihan

Selanjutnya, barang yang wajib dibawa ke kamar kost adalah alat kebersihan. Tentunya Anda tidak ingin kamar kost yang Anda huni tiap hari terlihat kotor.

Oleh karena itu, belilah alat kebersihan seperti sapu atau kemoceng dan taruh di dalam kamar. Bersihkan kamar secara teratur agar Anda nyaman tinggal disana. Bila perlu siapkan semprotan pengusir serangga (nyamuk, semut)

  • Colokan Listrik

Kelima, barang yang wajib dibawa ke kamar kost adalah colokan listrik. Barang ini sering disepelekan, namun ketika tidak ada Anda bisa kelimpungan.

Pasalnya, stop kontak di dalam kamar kost biasanya hanya ada satu lubang. Tentunya, jika Anda butuh charge ponsel, charge laptop, dan juga menyalakan magic com bersamaan, tanpa colokan listrik Anda bisa bingung, bukan?

  • Selimut

Keenam, barang yang wajib dibawa ke kamar kost adalah selimut. Biasanya, ibu kost hanya akan memberikan kasur dan bantal / guling saja di dalam kamar. Untuk selimut, Anda bisa membawa sendiri dari rumah.

  • Gordin

Selanjutnya, barang yang wajib dibawa ke kamar kost adalah gordin. Banyak kamar kost yang dilengkapi dengan desain jendela. Nah, daripada Anda merasa tidak nyaman karena jendelanya tidak ada gordin, maka Anda bisa menyiapkannya dari rumah.

  • Hanger

Delapan, barang yang wajib dibawa ke kamar kost adalah hanger baju. Tentunya, Anda membutuhkan benda ini untuk banyak hal. Sebut saja saat menjemur baju, menggantung pakaian setelah setrika, dan menggantung pakaian yang masih bersih habis pakai.

  • Karpet Lantai

Terakhir, barang yang wajib dibawa ke kamar kost adalah karpet lantai. Hal ini wajib dibawa untuk Anda yang tidak tahan dingin. Selain itu, karpet lantai juga bisa menambah estetika ruangan kamar Anda.

Demikian ulasan mengenai 9 barang yang wajib dimiliki anak kostdan wajib Anda bawa ketika pindahan. eberapa alat/perlengkapan opsional yang perlu dibawa antara lain:
a. Lilin / Lampu Emergency, untuk jaga-jaga saat mati lampu
b. Tempat sampah dan keranjang baju kotor
c. Galon air minum dan tatakan/penyedotnya
4. Sandal jepit buat basahan dan sandal kering untuk digunakan dalam kamar
5. Perlengkapan ibadah, untuk membentengi diri dari hal-hal mistis di kos

advertisement

Apa saja makanan darurat yang harus dimiliki anak kos?

Jenis makanan yang digunakan ketika terbangun tengah malam merasa kelaparan
Mie instan, Energen, Telur, Frozen food

Permasalahan yang sering dialami anak kost

1. Tetangga kos sebelah berisik atau menyetel musik keras-keras.
2. Pencurian barang berharga seperti laptop, hp yang kebanyakan bukan dilakukan penghuni kos melainkan tamu yang berkunjung
3. Masalah finansial di akhir bulan.
4. Masalah Kesehatan

Apa saja pertimbangan dalam memilih kos agar betah?

1. Lokasi dekat dengan kebutuhan (warung/atm)
2. Fasilitas standar ranjang kemari, wc jongkok/duduk
3. Budget sesuai dengan kondisi kos
4. Peraturan dari pemilik kos dan kesepakatan sesama penghuni
5. Keamanan

Seperti yang sudah dibahas, jauh dari rumah demi menempuh pendidikan memang mengharuskan Anda kost. Namun bukan berarti kost tidak menyenangkan. Meski tetap ada dukanya, misalnya jauh keluarga, tapi Anda juga akan banyak mendapat sukanya. Semoga ulasannya bermanfaat untuk Anda.

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest