13 Prospek Kerja Teknik Geofisika untuk Wanita dan Pria S1

Untuk Anda yang sedang bingung untuk memilih jurusan yang akan diambil untuk perkuliahan bisa simak informasi berikut ini. Kali ini Kita akan membahas tentang peluang atau prospek kerja teknik geofisika yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat umum. Karena kebanyakan profesi yang diminati adalah profesi di bidang pendidikan atau pemerintahan.

Padahal profesi yang bisa didapat dari pendidikan Geofisika ini juga tak kalah kerennya lho. Apa saja prospek peluang kerja yang bisa Anda dapatkan jika belajar Geofisika? Yuk dapatkan info lengkapnya di bawah ini.

Perbedaan Belajar Geofisika dan Teknik Geofisika

Sebelum Anda mengenal lebih jauh tentang pendidikan di bidang Geofisika, ada baiknya Anda ketahui terlebih dahulu apa perbedaan jurusan Geofisika dan Teknik Geofisika. Meski sekilas terdengar sama, namun secara definisi kedua jurusan tersebut ternyata berbeda.

Prospek Kerja Teknik Geofisika

Untuk pendidikan Geofisika merupakan gabungan dari ilmu yang mendasar mengenai matematika, fisika, geologi serta bagian instrumentasi. Ilmu ini dipelajari sebagai ilmu yang mempelajari tentang bagian dalam bumi.
Sedangkan pendidikan jurusan Teknik Geofisika, adalah sebuah teknik yang digunakan untuk mempelajari seperti apa struktur yang ada di bawah permukaan bumi.

Secara sederhana jika Geofisika yang ditekankan adalah untuk mempelajari ilmunya, sedangkan untuk teknik Geofisika adalah bagaimana penerapan tekniknya. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui sebelum mengambil jurusan Geofisika.

Sponsored Link
  • Kurikulum Geofisika

Jika Anda memiliki ketertarikan untuk mempelajari fenomena alam seperti gempa yang terjadi karena tumbukan lempengan atau pergeseran lempengan bumi, mempelajari struktur tanah atau fenomena yang terjadi sebelum gunung meletus.

Ilmu Geofisika sendiri adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang ilmu kebumian dengan menggunakan kaidah fisika.

Adapun kemampuan yang dibutuhkan jika Anda ingin belajar di jurusan ini adalah kemampuan untuk mengamati, menganalisis, melakukan penelitian, berpikir dengan terstruktur serta pemahaman ilmu matematika dan fisika dengan baik.

Selain itu Anda juga harus memiliki sifat yang teliti, tekun dan detail mengingat hasil penelitian Anda sangat menentukan perkembangan ilmu di bidang kebumian.

Untuk belajar teknik Geofisika Anda akan terjun langsung di lapangan untuk meneliti semua hal yang ada disana dengan menggunakan metode dan peralatan yang tersedia.

  • Gelar lulusan Geofisika

Untuk para lulusan jurusan Geofisika Anda akan mendapatkan gelar berupa Sarjana Sains atau S.Si. Program studi Geofisika biasanya masuk ke jurusan FPMIPA karena memang merupakan gabungan dari jurusan geologi dan fisika. Bahwa belajar geofisika adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang bumi dan lingkungannya dengan menggunakan kaidah fisika dan metode matematika.

Manfaat dari mempelajari ilmu ini adalah untuk mengetahui detail kejadian yang terjadi di masa lalu kemudian membuat permodelan untuk di masa yang akan datang.

  • Perbedaan Geofisika dan Teknik Geofisika

Jika Anda tertarik untuk belajar Geofisika, maka Anda akan mempelajari tentang aspek fisik serta dinamika bumi. Bahwa Anda akan belajar untuk melakukan pengukuran serta bagaimana cara memproses data dari gejala alam yang muncul dari bumi. Belajar di jurusan Geofisika ini dijamin tidak akan membosankan.

Karena waktu perkuliahan tak akan dihabiskan hanya dengan belajar teori saja. Namun juga Anda akan melakukan praktikum dan membuat laporan penelitian yang Anda lakukan. Untuk pendidikan Geofisika ini akan banyak diarahkan dengan fokus pada riset ilmu geofisika.

Sedangkan untuk pendidikan Teknik Geofisika memang lebih fokus di aplikasi praktis ilmu Geofisika yang tentunya akan lebih banyak melakukan praktik. Umumnya pendidikan di jurusan ini akan lebih banyak diarahkan ke dunia industri.

Sponsored Link
kuliah

Prospek Kerja Kuliah di Bidang Geofisika

Adapun untuk prospek kerja teknik geofisika yang bisa diperoleh lulusan jurusan Geofisika sangatlah banyak. Dan kebanyakan adalah jenis profesi yang tak bisa dianggap remeh.

Setidaknya peluang kerja lulusan Geofisika terbagi menjadi tiga bidang yaitu bidang instansi pemerintah yang terdiri dari Lemigas, Dinas Pekerjaan Umum, Kementrian ESDM dan Pemerintah Daerah.

Sedangkan bidang yang kedua adalah bidang pendidikan dan penelitian seperti  profesi menjadi dosen, BMKG, LIPI, Batan dan BPPT.

Kemudian bidang yang ketiga adalah bidang pertambangan dan perminyakan yaitu Pertamina, PT. Freeport Indonesia, Chevron Pacific Indonesia, Petronas, Aneka Tambang dan lain sebagainya.

Semua jenis profesi yang tersedia untuk lulusan teknik Geofisika memang memiliki posisi yang menjanjikan untuk Anda tekuni. Dan selain itu, banyak pengalaman baru serta ilmu baru yang akan selalu didapatkan setiap kali Anda bekerja.

Karena dalam praktiknya, jurusan teknik Geofisika akan selalu melakukan penelitian dan penerapan teknologi untuk mempelajari hal baru yang terjadi di bumi dan sekitarnya.

Anda bisa mengambil peluang sesuai dengan bakat dan minat Anda sehingga selalu bisa mengembangkan ilmu  pengetahuan yang Anda miliki dengan semaksimal mungkin. Berikut 7 prospek Kerja Teknik Geofisika

1. BMKG

Sebuah badan yang meneliti tentang meteorologi, klimatologi dan Geofisika ini memiliki seorang peneliti yang bertugas sebagai mitigasi bencana alam berupa gempa bumi dan tsunami. Anda bisa bekerja di BMKG bersama para peneliti lainnya untuk mendapatkan informasi paling akurat tentang bencana alam dengan lebih detail.

2. Badan riset dan penelitian

i k l a n

Anda bisa bekerja di bidang riset dan penelitian seperti LIPI, BATAN, BPPT dan lain sebagainya. Pekerjaan yang dibutuhkan di tempat ini ada cukup banyak seperti untuk melakukan survey lapangan, olah data dan peneliti kelautan.

prospek kerja teknik geologi geofisika
helm putih = manajer / pengawas

 3.  Perusahaan kontraktor

Untuk profesi berikutnya adalah yang dimiliki oleh perusahaan kontraktor. Dimana mereka akan membutuhkan field surveyor dan untuk pengolahan data terkait proyek yang sedang mereka kerjakan.

 4.  Perusahaan minyak dan gas bumi

Perusahaan ternama seperti Pertamina, Chevron dan lainnya juga membutuhkan tenaga profesional untuk melakukan survey lapangan, olah data hingga melakukan eksplorasi sumur minyak dalam proyek mereka.

 5.  Perusahaan pertambangan

Untuk perusahaan pertambangan seperti tambang batu bara, tambang nikel dan lain sebagainya juga membutuhkan tenaga profesional untuk surveyor field, olah data dan eksplorasi bahan tambang yang mereka kerjakan.

Syarat Masuk Jurusan Pertambangan

 6.  Bank pemerintah maupun swasta

Bahkan lulusan teknik Geofisika juga bisa bekerja di bank pemerintah maupun swasta dengan posisi analis pinjaman. Apa yang mereka lakukan? Mereka akan melakukan analisis mendalam tentang jenis pinjaman yang dilakukan beserta faktor resiko yang dimiliki oleh pihak bank maupun nasabah.

7. Vulkanolog

Seorang vulkanolog memiliki sebuah tugas yang sangat penting. Yaitu untuk mengawasi gunung berapi yang masih aktif. Bahwa seorang vulkanolog akan melakukan pengamatan dan penelitian seputar fenomena alam yang terjadi di sekitar gunung berapi yang berada di bawah pengawasannya. Demikian beberapa prospek kerja teknik geofisika yang bisa Anda dapatkan.

Apa bedanya Geofisika dengan Geologi ?

Geologi itu tentang bebatuan, umurnya, sifat bebatuan, mineralnya. Lucunya geologi ini cuma memprediksi segalanya persis seperti dukun.
Sedangkan geofisika, butuh analisis, perbandingan, dibuktikan dengan persamaan agar menentukan umur suatu objek.

Misalnya tsunami, ilmuan geologi mengatakan ribuan tahun lalu disini terjadi tsunami, lihat batuan ini buktinya. Batu saja tifak cukup membuktikan tsunami. Datanglah geofisika membuktikannya, analisis sedimen menggunakan gelombang elektromagnetik, gravity, seismik atau memanfaatkan energi potensial bumi.

Apa yang harus dipelajari sebelum masuk Teknik Geofisika ?

Dasar dasar Kalkulus dan Fisika. Bukan menjadi hal yang asing jika seorang engineer akan selalu bertemu yang namanya kalkulus dan fisika.
Dasar dasar geologi, penting untuk mempelajari induk ilmu kita yaitu geologi. Seperti karakteristik batuan ataupun mineral.
Harus siap sering-sering ke lapangan, field trip field camp praktikuk diluar dsb

Apa kendala selama kuliah di jurusan teknik geofisika ?

praktek dipangan prospek kerja jurusan teknik geofisika

Tantangan belajar lebih kepada bagaimana memahami dasar ilmu geologi, fisika dan matematika yang dikolaborasikan untuk menjadi suatu pemahaman yang khas.

Editor's Choices:

Banyak mata kuliah yang cukup sulit seperti metode magnetik, seismik eksplorasi yang memang materinya berat untuk sebagian kalangan mahasiswa/i

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp

📢 Komentar / Pertanyaan


📈 Trending Topics
contoh teks eksposisi perbandingan dan strukturnya
contoh teks laporan hasil observasi
Contoh Teks Eksposisi Proses
contoh paragraf argumentasi singkat
Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor
Contoh Analisis SWOT Produk Makanan
🎓 Info Kuliah
Prospek Kerja Teknik Geologi untuk Wanita
prospek kerja ilmu pemerintahan
Prospek Kerja Biologi Murni
Universitas Tertua Di Indonesia
prospek kerja teknik untuk perempuan wanita
Lebih Penting Akreditasi Kampus atau Jurusan