Apakah Akreditasi B itu Jelek? Simak 3 Fakta yang Kami Riset

Bagi para calon mahasiswa mungkin akan sering dihadapkan pada sejumlah persiapan – persiapan tertentu sebelum mendaftarkan diri di sebuah perguruan tinggi. Salah satunya yakni mengenai informasi lengkap seputar universitas / kampus dan juga akreditasi yang dimiliki.

Yang menjadi pertanyaan banyak calon mahasiswa di sini adalah, manakah yang lebih penting antara akreditasi kampus atau jurusan kuliah? Dan apakah dari sekian banyaknya akreditasi yang ada, apakah akreditasi B itu jelek? Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda terus simak informasi lengkapnya dibawah.

Berbicara mengenai akreditas sendiri, umumnya ada banyak sekali kampus ataupun jurusan kuliah yang memiliki akreditasi A, B dan C dengan predikat tertentu. Penilaia akreditasi A, B, C adalah penilaian yang lama karena sejak th 2020 sudah diganti dengan akreditasi Unggul, Baik Sekali, Baik dan Cukup.

apakah akreditasi b itu jelek,

Apakah akreditasi B itu jelek & susah cari kerja?

Perlu diketahui, bahwa akreditasi umumnya merupakan salah satu bentuk penilaian / evaluasi kelayakan dan mutu perguruan tinggi atau program studi (jurusan) yang dilakukan oleh suatu organisasi atau badan mandiri di luar perguruan tinggi. Selain itu, bentuk penilaian mutu eksternal yang biasa dilakukan yakni mengenai penilaian yang berkaitan dengan akuntabilitas, pemberian izin sampai dengan pemberian lisensi oleh badan tertentu.

Dari sekian banyaknya akreditasi yang tadi sudah dibahas di awal, tak sedikit perguruan tinggi dan jurusan yang memiliki akreditasi B. Sebelum ke topik pembahasan mengenai apakah akreditasi B susah dalam mencari kerja, ada baiknya kita mengetahui seputar akreditasi B itu sendiri. Akreditasi B merupakan suatu penilaian yang mana memiliki nilai antara 301 sampai dengan 300 yang berarti berpredikat baik sekali.

Tidak banyak orang yang tahu, bahwasanya akreditasi kampus atau jurusan memiliki peranan tersendiri terhadap dunia kerja. Seperti halnya pengaruh akreditasi jurusan B pada dunia kerja yakni memiliki beberapa peranan di antaranya sebagai berikut :

Syarat penting menjadi seorang pegawai pemerintahan

Sangatlah penting bagi seorang calon mahasiswa dalam mempertimbangkan akreditasi jurusan. Ini lantaran nilai akreditasi akan sangat menentukan seberapa mudah dalam memperoleh pekerjaan.

Apalagi sampai saat ini terhidung ada banyak sekali instansi pemerintahan yang mensyaratkan calon pegawainya lulus dari universitas dengan akreditasi minimal B. persyaratan ini ditetapkan lantaran akan mempengaruhi kualitas ilmu pengetahuan dan keterampilan calon pegawai.

Syarat menjadi pegawai di perusahaan

Memiliki perguruan tinggi dan jurusan di dalamnya juga dibutuhkan ketelitian yang tinggi lantaran akan sangat mempengaruhi mudah tidaknya lolos seleksi calon penerimaan karyawan di berbagai perusahaan.

Kini tidak hanya instansi pemerintah saja yang menciptakan standar akreditasi jurusan sebagai kualifikasi calon pegawai. Akan tetapi perusahaan swasta di Indonesia juga sangat memperhatikan adanya akreditasi jurusan ini.


kuliah jurusan terbaik

Syarat mengikuti tes CPNS

Selain dari pemerintahan dan perusahaan, akreditasi juga sangat berpengaruh pada lingkungan CPNS. Dimana, CPNS di sini menjadi salah satu jembatan yang mengantarkan siapa saja untuk menjadi PNS dan menerima masa tua yang terjamin lewat dana pensiun dari pemerintah.  Jika Anda termasuk orang yang ada rencana mengikuti tes CPNS, maka pastikan mengambil jurusan yang memiliki akreditasi B atau A.

Mempermudah memperoleh beasiswa

Apakah Anda memiliki rencana untuk berkarir sebagai dosen, maka perlu meraih pendidikan tinggi minimal S2. Supaya dapat melanjutkan pendidikan tinggi sampai memperoleh gelar doktor sudah tentu biaya yang dipersiapkan akan banyak. Karena itulah, sebagai syara mempermudah dalam memperoleh beasiswa pastikan untuk memilih jurusan kuliah minimal akreditasi B.

Kira – kira lebih penting akreditasi kampus atau jurusan kuliah?

Tak banyak orang tahu, bahwa akreditasi kampus yang tinggi mencerminkan kualitas kampus tersebut. Akan tetapi yang menjadi pertanyaan di sini adalah, mana yang lebih penting antara akreditasi kampus atau jurusan kuliah? Pada dasarnya, kedua akreditasi tersebut sama – sama penting untuk diperhatikan dan dipertimbangkan baik – baik. Supaya Anda lebih paham, maka bisa simak penjelasan berikut ini.

contoh

Akreditasi kampus

Umumnya, akreditasi kampus merupakan hal yang sangat penting diperhatikan lantaran mewakili citra dan penilaian kampus atau suatu perguruan tinggi tersebut. Berikut ini merupakan alasan kenapa akreditasi kampus penting  diperhatikan.

  • Sebagai cerminan lembaga pendidikan
  • Salah satu standar mutu pendidikan
  • Sebagai persyaratan dalam mendaftar pekerjaan di institusi pemerintah
  • Sebagai persyaratan mendaftar pekerjaan di perusahaan
  • Sebagai daya saing lulusan terjamin

Akreditasi jurusan

Selain akreditasi kampus, akreditasi jurusan juga sangat penting diperhatikan. Ini dikarenakan, akreditasi jurusan memiliki beberapa peranan penting di antaranya sebagai berikut :


  • Menentukan layak atau tidaknya sebuah program studi berdasarkan dari kriteria yang sudah ditetapkan dan mengacu pada Standar Nasional Perguruan Tinggi.
  • Akreditasi dalam menjamin mutu dan kualitas dari sebuah program studi di perguruan tinggi baik di bidang akademik maupun non akademik secara eksternal. Hal ini bertujuan melindungi kepentingan mahasiswa dan masyarakat yang terlibat.
  • Dapat menjamin lulusan yang memiliki kualitas dan mutu terbaik sumber daya manusia, sehingga siap untuk terjun di dunia kerja.

Dari informasi tersebut, bisa disimpulkan bahwa antara akreditasi kampus dan juga akreditasi jurusan sama – sama memiliki peranan penting dalam dunia kerja. Sehingga sebelum benar – benar memilih jurusan kuliah, maka pastikan untuk tahu akreditasi kampus dan juga akreditasi jurusan terlebih dahulu.

contoh

Bagaimana nasib lulusan akreditasi C?

Jika tadi sudah kita sudah mengulas mengenai akreditasi B yang juga memiliki pengaruh penting pada dunia kerja serta membahas pentingnya akreditasi kampus dan juga akreditasi jurusan, kini saatnya kita beralih ke pembahasan akreditasi C. Banyak sekali orang yang bertanya apakah lulusan akreditasi C memiliki kesempatan yang sama seperti akreditasi B untuk dapat memperoleh pekerjaan yang layak.

Pada dasarnya, semua akreditasi kampus dan akreditasi jurusan baik A, B dan C sama – sama memiliki keistimewaan tersendiri masing – masing. Yang akan kita bahas disini adalah bagaimana nasib lulusan akreditasi C dalam dunia kerja? Umumnya, lulusan akreditasi C ini tidak akan selalu bernasib buruk dalam masalah pekerjaannya. Sebab hal ini sangat bergantung pada diri seorang lulusan akreditasi C.

Bisa kita analogikan pada seorang lulusan akreditasi C yang mana akan melamar di perusahaan bernama Mekar Jaya. Mungkin dari banyaknya pelamar yang ada, orang tersebut akan bersaing dengan orang – orang yang mungkin merupakan lulusan akreditasi A maupun B.

Kita tidak bisa langsung beranggapan jika orang dengan lulusan akreditasi C akan kalah dengan orang yang lulusan akreditas A maupun B. Sebab, di sini biasanya perusahaan akan lebih memperhatikan mengenai kemampuan yang dimiliki orang tersebut dan bagaimana benefitnya bagi perusahaan.

Sehingga dalam hal ini kita bisa menyimpulkan bahwa orang dengan lulusan akreditasi C tidak selalu bernasib buruk dalam memperoleh pekerjaan. Bisa saja nanti orang tersebut justru memiliki pekerjaan yang lebih unggul dari orang – orang lulusan akreditasi A maupun B.

Editor Choices :

Itulah informasi sekilas yang bisa Anda ketahui mengenai pentingnya akreditasi kampus dan akreditasi jurusan. Dan mengenai pertanyaan seputar apakah akreditasi B itu jelek, umumnya hal tergantung bagaimana kita menyikapi penilaian tersebut.

Komentar / Pertanyaan