Jurusan yang Jarang Diminati di UNPAD yang Kemungkinan Diterima Besar

Masa-masa penerimaan mahasiswa baru akan segera dimulai. Persiapan berbagai pihak termasuk para calon mahasiswa tentu sudah sangat padat. Salah satunya, yakni pemilihan jurusan dan kampus tujuan.

Universitas Padjadjaran atau lebih dikenal dengan Unpad merupakan salah satu universitas favorit di Indonesia. Ribuan calon mahasiswa memiliki minat besar untuk mendaftarkan diri di kampus yang terletak di Jawa Barat ini.

Kendati demikian, di balik namanya yang cukup mentereng ternyata ada beberapa jurusan di Unpad memiliki animo cukup rendah. Buat kamu yang ingin melanjutkan kuliah namun ragu dengan pilihan jurusannya, tidak ada salahnya memilih jurusan yang jarang diminati di Unpad berikut.

Jurusan yang Jarang Diminati di UNPAD

Keuntungan Memilih Jurusan Sepi Peminat

Tidak selamanya memilih jurusan non-favorit menjadikanmu rugi. Ada beberapa poin keuntungan berikut yang dapat kamu alami.

  1. Tidak ketatnya persaingan

Kamu ingin masuk universitas favorit secara mudah? Memilih jurusan non-favorit adalah salah satu caranya. Tingkat persaingan yang rendah tentunya akan membuatmu semakin mudah mendapatkan kursi kuliah di kampus impian.

Sponsored Link

Meskipun demikian, tentunya kamu tidak boleh jumawa dan menyepelekan jurusan tersebut. Kendati persaingan tidak banyak, namun kamu harus tetap belajar dengan giat supaya tetap lolos pada seleksi perguruan tinggi baik jalur undangan, tes nasional, ataupun tes mandiri.

  1. Serasa berkuliah secara eksklusif

Jika kamu kuliah di jurusan yang animonya kecil, maka kamu akan merasa kuliah di jurusan yang “anti-mainstream” dan berbeda dibanding teman-teman lainnya. Hal ini tentu bisa jadi suatu kebanggaan tersendiri, bukan?

  1. Kesempatan kerja yang luas

Meskipun beberapa jurusan terbilang sepi peminat, namun bukan berarti lapangan pekerjaan yang tersedia juga sedikit atau berprospek sempit. Ada banyak sekali jurusan yang peminatnya sepi namun memiliki prospek yang luas.

Terlebih jika itu kamu kuliah di Unpad yang merupakan sebuah universitas favorit. Sudah pasti para rekruter akan banyak mempertimbangkan lulusan kampus favorit tersebut untuk diterima di perusahaan mereka. Bahkan, gaji yang ditawarkan bisa sangat besar.

Jurusan yang Jarang Diminati di UNPAD

Jurusan Sepi Peminat yang Dapat Jadi Pilihan

Dari sekitar 59 jurusan yang ada di Unpad, tercatat ada beberapa jurusan yang kurang diminati. Rata-rata, Unpad menerima lebih dari 500 pendaftar, bahkan ribuan pendaftar untuk setiap jurusan, namun tidak jarang beberapa jurusan berikut hanya menerima 100-300 pendaftar saja.

Peternakan PSDKU Pangandaran

Peminat jurusan ini pada tahun 2019 rata-rata hanya berada pada kisaran 160-an pendaftar. Apalagi dengan daya tampung jurusan yang hanya 30 kursi pada jalur SBMPTN membuat persaingan tidak seketat jurusan lainnya.

Jurusan Peternakan PSDKU Pangandaran disinyalir sepi dari peminat para pendaftar karena jurusan ini merupakan salah satu jurusan baru di Unpad. Selain itu, perkuliahan dilakukan di Kabupaten Pangandaran yang berjarak kurang lebih 188 Km dari kampus utama.

Perikanan PSDKU Pangandaran

Program studi PSDKU Perikanan ini memang baru dibuka beberapa tahun ke belakang, sehingga hal inilah yang menjadikan jurusan tersebut masih sepi peminat. Terbukti dari data tahun 2019 di mana melalui jurusan ini hanya diminati oleh 288 pendaftar melalui jalur SBMPTN.

Sama seperti jurusan sebelumnya, jurusan S-1 Perikanan ini terletak di luar kampus utama, tepatnya di Kabupaten Pangandaran. Alasan jarak inilah yang disinyalir menjadi salah satu penyebab mengapa program studi yang berprospek besar ini menjadi sepi peminat.

Kedokteran Hewan

Tidak disangka, program studi Kedokteran yang satu ini menjadi salah satu jurusan yang jarang diminati di Unpad. Di 2019, total pendaftar pada program studi ini hanya sekitar 247 orang saja. Dengan begitu, kesempatanmu untuk diterima menjadi semakin besar.

Sponsored Link

Akreditasi jurusan ini sebenarnya sudah cukup baik, yakni predikat “B” dari BAN-PT Lamkes. Terkait dengan prospek kerjanya pun tidak perlu diragukan lagi. Kamu bisa bekerja di berbagai rumah sakit hewan atau membuka praktik dokter sendiri.

Ilmu Aktuaria

prospek kerja jurusan aktuaria

Program studi ini terbilang cukup baru di Unpad, sebab baru didirikan pada awal tahun 2018. Hal inilah yang dapat menjadi salah satu faktor mengapa jurusan Ilmu Aktuaria masih belum dikenal sehingga sepi peminat.

Menurut data tahun 2019, peminat program studi ini tercatat hanya 391 pendaftar melalui jalur SBMPTN. Padahal secara prospek kerja, lulusan ilmu aktuaria sangat dibutuhkan di berbagai bidang, baik instansi pemerintahan maupun perusahaan swasta.

Jurusan Geofisika

Jurusan yang menggabungkan antara ilmu Geologi dan Fisika ini menjadi salah satu jurusan dengan tingkat peminat yang cukup sepi. Pada tahun 2019 saja, siswa yang mendaftar pada jalur SBMPTN hanya 342 orang saja. Padahal, daya tampung yang disediakan cukup banyak, yakni 24 kursi.

Jika menilik dari segi akreditasi, program studi ini sudah memiliki predikat “B” yang artinya sudah cukup baik. Selain itu, prospek kerja lulusannya juga sangat beragam, salah satunya bekerja di instansi pemerintahan maupun akademik.

Keperawatan PSDKU Pangandaran

Kembali, PSDKU Pangandaran mencatatkan diri sebagai lokasi kampus yang ternyata kurang diminati oleh banyak calon mahasiswa pendaftar Unpad. Jurusan Keperawatan yang ada di kampus ini hanya diminati oleh 395 pendaftar saja.

Selain jarak dari kampus utama yang jauh, prodi ini juga terbilang masih baru. Meskipun demikian, kamu tidak perlu khawatir dengan prospek kerjanya, karena pekerjaan di bidang kesehatan akan selalu dibutuhkan sampai kapan pun.

Administrasi Bisnis PSDKU Pangandaran

Program studi di luar kampus utama Unpad ini memang masih cukup baru sehingga belum banyak dikenal. Selain itu, akreditasi jurusan tersebut juga masih dalam proses sebab baru didirikan beberapa tahun ke belakang.

Jarak dari kampus utama juga terbilang cukup jauh. Hal inilah yang mungkin menjadi pertimbangan para pendaftar sehingga pada SBMPTN tahun sebelumnya, prodi Administrasi Bisnis ini hanya diminati oleh 364 pendaftar saja.

Jurusan yang Jarang Diminati di UNPAD

Sastra Rusia

Sedari dulu, jurusan sastra memang sering kali dipandang sebelah mata sehingga peminatnya tidak terlalu banyak. Tidak terkecuali, jurusan Sastra Rusia di Universitas Padjadjaran ini yang mempunyai prospek kerja luas.

i k l a n

Pada tahun 2019 saja, total peminat jurusan ini saja hanya 111 orang melalui jalur SNMPTN. Padahal dari segi akreditasi, jurusan Sastra Rusia Unpad sudah memiliki predikat “A” yang berarti kualitasnya terakui sangat baik.

Jurusan Sastra Sunda

Pendaftar jurusan Sastra Sunda di Unpad juga tergolong sedikit. Dari total belasan ribu pendaftar yang ingin berkuliah di Unpad, tercatat hanya sekitar 365 orang saja yang berminat masuk jurusan tersebut melalui jalur SBMPTN.

Di sisi lain, akreditasi jurusan ini sudah “A” yang menjadikan kualitasnya tidak perlu diragukan kembali. Terkait dengan prospek kerja, kamu bisa menjadi peneliti ataupun penggiat sastra di daerah Sunda yang saat ini semakin banyak ditinggalkan.

Ilmu Komunikasi PSDKU Pangandaran

Di berbagai kampus, jurusan Ilmu Komunikasi merupakan salah satu jurusan paling favorit karena dianggap memiliki prospek yang luas. Kendati demikian, ternyata prodi PSDKU Ilmu Komunikasi di Unpad ini malah menjadi salah satu jurusan dengan peminat yang sedikit.

Prodi yang masih baru ini memang memiliki kuota mahasiswa yang cukup sedikit, hal inilah yang mungkin menjadikan jurusan Ilmu Komunikasi PSDKU Unpad hanya diminati oleh sekitar 400 pendaftar saja.

Ilmu Politik

Menguasai ilmu-ilmu di bidang politik tentu memiliki banyak kegunaan. Tidak hanya sebagai bekal untuk kehidupan politik negara, namun kamu juga bisa berkontribusi pada negara dengan berbagai pandangan politikmu.

Prospek kerja yang luas dari prodi ini nyatanya masih belum banyak diminati oleh banyak siswa SMA yang ingin melanjutkan ke Unpad. Terbukti dari data tahun lalu yang menuliskan jika peminat jurusan ini hanya berkisar 421 pendaftar untuk mengisi 20 kuota kursi dari jalur SBMPTN.

Jurusan yang Jarang Diminati di UNPAD

Itulah beberapa jurusan yang jarang diminati di Unpad namun dapat kamu pilih untuk melanjutkan kuliah. Selain dari 11 jurusan tersebut, ada beberapa jurusan lain seperti
Sastra Jerman, Ilmu Sejarah,
Sastra Indonesia, Teknik Pertanian,
Matematika, hingga Teknik Elektro yang kurang diminati oleh banyak calon mahasiswa. Kemungkinan diterima lebih masuk akal dibanding jurusan favorit yang 1 kursinya dperebutkan ratusan hingga ribuan pendaftar.

Apa alasan terbaik untuk kuliah di UnPad ?

Biaya kuliah termasuk murah apalagi kalau lulus SBMPTN, SNMPTN, SPMB.
Fasilitas penunjang mahasiswa seperti perpustakaan, masjid, tempat parkir, sudah sangat memadai.
Lulusan UNPAD dipertimbangkan HRD ketika melamar kerja, yah walaupun tidak bisa sesombong lulusan UI, UGM, ITB.

Selain 3 kelebihan yang disebutkan diatas, ada juga keunggulan Unpad lainya, misalnya:
Organisasi mahasiswanya imbang antara sayap kanan dan kiri. Tidak terlalu ukhti – ukhti, tidak pula terlalu hedon. Ada akulturasi gaya berbusana Jakartans dan Bandungers yang menghasilkan paduan gaya berbusana hipster luar negeri dengan produk-produk lokal. 

Biaya hidup yang murah karena tidak berada di kota besar. Jaraknya dekat, dari kosan ke kampus bisa jalan kaki. Jalan kaki malam -malam ke kampus rame-rame. 

Kalau malam dingin, pagi sejuk, siang panas. Karena masih di daerah pegunungan.
Cowo ceweknya cakep-cakep. Wifinya kenceng parah, gaperlu ke kafe2 kekinian cuman buat wifian. Cukup banyak kepanitian yg bisa diikutin. Bagi kalian yg cari pengalaman bisa banget dicoba.

“Apabila engkau berpikir untuk bangkit, bisa jadi engkau akan lebih dalam mengenal yang namanya perjuangan. Bergerak bersama mencapai tujuan adalah satu di antara filosofi mahasiswa terbaik.”

“Tidak ada salahnya bila engkau memiliki impian, cita-cita, harapan, dan mimpi yang tinggi. Selagi engkau bisa berjuang, punya semangat dan tidak kenal lelah, maka jadilah yang terbaik.”

Apa tidak enaknya kuliah di UnPad?

Jalan di Jatinangor kurang ramah dengan pejalan kaki, Jatinangor adalah tempat yang kurang aman dari pencurian dan kriminalitas, Feodalisme yang masih mengakar, Banyak kendaraan besar melintas dan menyebabkan polusi.

Editor's Choices:

Tentunya, peminat yang sedikit tidak serta merta menunjukkan kualitas jurusan yang buruk. Bahkan tidak sedikit dari jurusan-jurusan tersebut telah terakreditasi “A”. Lantas, sudahkah menentukan jurusan pilihanmu?

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp

📢 Komentar / Pertanyaan


📈 Trending Topics
contoh teks eksposisi perbandingan dan strukturnya
contoh teks laporan hasil observasi
Contoh Teks Eksposisi Proses
contoh paragraf argumentasi singkat
Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor
Contoh Analisis SWOT Produk Makanan
🎓 Info Kuliah
apa yang dipelajari di teknik informatika.
jurusan kuliah yang bisa kerja di kantoran
jurusan untuk introvert
Prospek Kerja Teknik Geologi
Alasan Memilih Jurusan Ekonomi Pembangunan
kuliah s2 beda jurusan dengan s1