7 Contoh Pertanyaan Interview Kepanitiaan dan Tips Jawabannya

Di beberapa sekolah atau kampus, terutama yang memiliki reputasi yang bagus, biasanya mereka akan melakukan seleksi berupa tes wawancara kepada para calon anggota yang ingin masuk menjadi panitia suatu organisasi.

Pertanyaan interview kepanitiaan/organisasi ini berguna untuk mengetahui apakah mereka layak dengan posisi dalam suatu organisasi tersebut atau tidak. Dalam seleksi wawancara, terdapat dua jenis pertanyaan yang akan diajukan kepada kalian.

Di antaranya ialah pertanyaan umum yang mengacu kepada pertanyaan seputar diri kalian. Lalu ada pertanyaan khusus yang berisi tentang pertanyaan seputar divisi yang akan kalian pilih nantinya.

pertanyaan interview kepanitiaan organisasi divisi bem osis

Nah, apabila kalian tertarik untuk menjadi panitia suatu event ataupun anggota suatu organisasi di lingkup sekolah atau kampus kalian, maka kami sarankan untuk memahami terlebih dahulu beberapa pertanyaan interview yang akan kami ulas berikut ini.

Daftar Contoh Pertanyaan Interview Kepanitiaan/Organisasi

Ini dia beberapa pertanyaan interview yang mestinya kalian pelajari terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencalonkan diri menjadi panitia organisasi:

A. Pertanyaan Interview Kepanitiaan/Organisasi secara Umum

Pertanyaan ini lebih mengarah ke diri kalian masing-masing, sehingga untuk menjawabnya kalian hanya perlu mengungkapkan tentang diri kalian secara jujur. Berikut daftar pertanyaannya:

  • Siapa nama lengkapmu?
  • Siapa nama panggilanmu?
  • Kamu berasal dari kelas / tingkat berapa?
  • Berasal dari jurusan apakah kamu?
  • Apa sajakah hobi yang kamu miliki?
  • Apakah kelebihan yang kamu miliki?
  • Sebutkan kekurangan yang kamu punya?
  • Apakah kamu memiliki anti divisi?
  • Sebelumnya sudah punya pengalaman organisasi?

B. Pertanyaan Interview Kepanitiaan/Organisasi secara Khusus

Pertanyaan khusus merupakan pertanyaan yang lebih intens karena menyangkut langsung dengan divisi yang akan kalian masuki nantinya. Mereka biasanya menanyakan beberapa pertanyaan yang menyangkut skill yang berhubungan langsung dengan divisi tersebut. Berikut beberapa jenis pertanyaan interview yang perlu kalian tahu:

  • Apa divisi yang ingin kalian masuki?
  • Apa sajakah hal yang kamu ketahui terkait divisi tersebut?
  • Apakah bisa menjalankan tugas dengan baik dari divisi tersebut?
  • Bagaimana pendapatmu jika saya masukan di divisi lainnya?
  • Apakah kamu memiliki skill mengoperasikan software office?
  • Seberapa kreatifkah kamu dalam hal merancang suatu event?
  • Seberapa besar peran yang kalian ambil dari organisasi yang akan dimasuki?
  • Apakah kamu bersedia untuk bertanggung jawab atas kegagalan yang terjadi?
  • Bagaimana metode yang kamu gunakan untuk sistem kerja yang dilakukan?
  • Sebesar apa tanggung jawabmu terhadap tugas yang akan kalian emban?
  • Apakah kamu sudah mendiskusikan hal ini dengan orang tua / wali?
  • Apakah mendapatkan persetujuan dari orang tua untuk menjadi panitia tersebut?
  • Sebagai panitia event, bagaimana sikapmu jika acara yang kalian jalankan gagal?
  • Apakah kegiatanmu ini tidak terbentur dengan kegiatan lain di luar organisasi?
tes wawanara interview pertanyaan jebakan

7 Contoh Pertanyaan Interview Kepanitiaan/Organisasi Beserta Jawabannya

Sudah tahu gambaran terkait pertanyaan yang akan diajukan namun belum tahu jawaban pastinya? Karena itu, disini kami ingin memberikan rincian informasi seputar beberapa contoh pertanyaan interview kepanitiaan/organisasi beserta jawabannya. Jika, penasaran, silakan simak selengkapnya berikut ini:

Coba Perkenalkan Tentang Diri Kamu?

Umumnya, pertanyaan ini ditanyakan pertama kali oleh pihak pewawancara karena mereka ingin tahu siapa sih kamu sebenarnya. Sejatinya, informasi terkait diri kalian sudah tercantum pada biodata yang dikumpulkan, namun mereka ingin tahu lebih lanjut seputar dirimu apakah cocok dengan posisi di organisasi tersebut atau tidak. Untuk menjawab pertanyaan ini, gunakanlah kata-kata yang singkat dan mudah dipahami.

Jawaban: “Perkenalkan, nama Saya Annisa Indahsari, mahasiswi jurusan manajemen tingkat kedua. Sebelumnya, selama di jenjang sekolah menengah saya selalu aktif serta menjadi panitia event serta anggota organisasi kesiswaan. Karena itu, saya tertarik untuk mengikuti seleksi panitia event yang akan diadakan oleh kampus ini.”


Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan yang Kamu Miliki?

Pertanyaan ini sering kali bersifat menjebak karena akan menampilkan aib yang kalian miliki kepada orang lain. Saran saya, pilihlah kelebihan dan kekurangan yang benar-benar berhubungan langsung dengan seleksi organisasi yang akan kalian masuki tersebut, selebihnya cukup simpan dalam diri kalian masing-masing saja.

Jawaban: “Saya memiliki skill dalam hal sosial media sehingga sangat cocok untuk berapan dalam tip design di organisasi tersebut. Namun, kemampuan berkomunikasi saya kurang demikian juga tingkat sosialisasi saya karena cenderung memiliki kepribadian introvert.”

Apa Alasan Kenapa Kamu Tertarik untuk Masuk Organisasi Ini?

Salah satu pertanyaan interview kepanitiaan/organisasi yang paling sering diajukan oleh pihak interviewer ialah alasan ketertarikan ikut seleksi menjadi panitia di suatu organisasi.

Pertanyaan ini harus dijawab dengan  menyebutkan passion kalian terhadap posisi yang akan dilamar. Dengan begitu, mereka bisa menilai apakah hal tersebut cocok atau justru sebaliknya.

Jawaban: “Alasan utama saya tertarik untuk masuk organisasi ini ialah karena saya ingin mengembangkan skill sosialasi saya yang masih sangat kurang serta untuk memperluas pengalaman dalam divisi tersebut sesuai dengan jurusan yang sama ambil.”


Kenapa Kami Harus Menerimamu untuk Masuk Organisasi ini?

Seperti sebelumnya, untuk menjawab pertanyaan ini kalian pun harus menjelaskan terkait skill profesional yang dimiliki. Dan apa saja yang menjadi keunggulan dari skill tersebut dibandingkan calon pendaftar yang lain. Usahakan, berilah jawaban yang mampu menarik perhatian para interview.

Jawaban: “Saya memiliki semua persyaratan seperti yang tercantum dalam requirement di posisi yang akan saya ambil. Selain itu, saya pun punya pengalaman dalam divisi tersebut baik di sekolah sebelumnya maupun di lingkungan masyarakat saya tinggal. Karena itulah bisa dipastikan dengan skill dan pengalaman tersebut akan sangat cocok untuk membantu mengembangkan organisasi ini”.

Apa Kontribusi yang Bisa Kamu Berikan pada Organisasi?

Kontribusi berarti keikutsertaan kalian dalam organisasi yang akan dimasuki. Nah, untuk menjawab  pertanyaan ini maka kalian bisa menghubungkan antara posisi yang akan dipilih berdasarkan pencapaian atau skill yang kalian miliki.

Jawaban: “Dengan pengalaman saya sebelumnya sebagai ketua organisasi, maka saya bisa berkontribusi dalam mengelola organisasi ini secara lebih baik lagi”.

pentingnya organisasi bagi mahasiswa

Bagaimana Cara Membagi Waktu dengan Kesibukan Lainnya

Sebagai siswa atau mahasiswa, tentu banyak sekali kesibukan yang diemban. Hal inilah yang membuat para interviewer mencoba mengecoh kalian dengan pertanyaan terkait hal ini.

Tujuannya ialah untuk membuktikan loyalitas yang kamu tunjukkan pada organisasi tersebut. Karena mereka tentunya tidak ingin merekrut orang yang suka bolos dan telat rapat.

Jawaban: “Sebisa mungkin akan saya buat jadwal yang tepat setiap harinya dengan begitu antara jadwal  satu dengan jadwal lainnya tidak bertabrakan satu sama lain.”

Apa Ada yang Ingin Kamu Tanyakan?

Pertanyaan interview ini merupakan pertanyaan jebakan yang ditujukkan untuk menguji apakah kamu benar-benar seorang yang aktif dan bisa berkomunikasi dua arah atau tidak. Jadi, usahakan untuk jangan menjawab dengan “Tidak!”, tapi jawablah dengan pertanyaan apa saja asalkan memiliki pertanyaan.

Jawaban: “Apa tahapan selanjutnya setelah proses interview dan kapan saya bisa mendapatkan pengumuman diterima di organisasi ini?”.

Editor Choices :

— — —
Nah, itulah beberapa pertanyaan interview kepanitiaan/organisasi yang dapat kalian contoh nantinya. Tertarik untuk mencobanya?

Komentar / Pertanyaan