9 Tes Kepribadian Online untuk Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Lulus dari bangku SMA, generasi muda umumnya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yakni universitas. Masalahnya, ada banyak sekali jurusan yang bisa dipilih.

Jurusan ini nantinya juga menentukan pekerjaan yang bisa mereka ambil di masa depan. Karena itulah mereka disarankan mengambil tes kepribadian online untuk memilih jurusan kuliah. Ini dia beberapa tempat untuk mencoba tes sekarang.

Website Test Kepribadian Online untuk Memilih Jurusan Kuliah

test kepribadian online untuk memilih jurusan kuliah yang tepat sesuai passion dan prospek masa depan
  • Temu Bakat

Untuk bisa memilih jurusan kuliah yang tepat, si calon mahasiswa wajib mengenal diri mereka sendiri. Mereka yang mampu melihat minat dan bakat yang dimiiliki nantinya akan lebih mudah melewati berbagai tantangan yang akan dihadapi di masa perkuliahan.

Tanpa melihat bakat serta menimbang kompetensi si calon mahasiswa, memilih jurusan adalah hal yang rumit, sulit dan membingungkan.

Layanan yang disediakan oleh Temu Bakat bertujuan untuk membaca kompetensi dan minat si calon mahasiswa. Setidaknya ada 30 topologi yang berhubungan dengan kemampuan manusia untuk menjadi produktif.

Setelah tes selesai, si mahasiswa akan melihat topologi mana yang paling mendekati sifat pribadinya. Dengan informasi ini, si calon mahasiswa bisa lebih mantap menentukan jurusan kuliah.

  • Tes Minat Quipper Campus

Sudah pernah dengar tentang Quipper, kan? Situs ini terkenal sebagai salah satu platform terbaik untuk memberi pelajaran kepada siswa sekolah dasar sampai menengah atas.

Layanan Quipper dapat diakses melalui situs utama ataupun melalui aplikasi khusus. Para siswa merasa puas dengan fitur serta pelayanan yang diberikan. Tak puas dengan pencapaian ini, Quipper terus menambahkan fitur baru.

Salah satu fitur yang sangat bermanfaat dan banyak direkomendasikan oleh para pemakai adalah Tes Minat Quipper Campus. Sistem tes ini dasarnya diambil dari teori tentang kepribadian manusia yang sering disingkat dengan sebutan RIASEC.

Di akhir tes, calon mahasiswa bisa melihat golongan kepribadian mereka: Realistis, Investigatif, Artistik, Sosial, Enterpreneursip atau Konvensional.  

  • Educations.com

Situs lain yang sering digunakan untuk mencari tahu bakat dan minat para calon mahasiswa adalah Educations.com. Tampilan situs yang menarik dan tombol navigasinya yang mudah membuat para pengunjung merasa nyaman dan tertarik untuk menggunakan layanan yang diberikan.

Meskipun situs ini hanya tersedia dalam Bahasa Inggris, kalimat yang digunakan sederhana dan mudah dipahami. Buat kamu yang bahasa inggris pas-pasan tidak akan mengalami kesulitan untuk menjawab quiz na.

Di halaman depan, para pengunjung bisa melihat tombol untuk “career test”. Inilah tes yang harus calon mahasiswa ambil. Setelah halaman baru terbuka, si pengunjung harus menjawab 35 pertanyaan.

Tak ada batasan waktu, namun si mahasiswa tidak disarankan untuk meninggalkan tes di tengah proses. Jika sudah selesai, maka hasil akan langsung muncul tanpa perlu menunggu lama lagi.

test kepribadian online untuk memilih jurusan kuliah yang tepat sesuai passion dan prospek masa depan
  • Tes Bakat Indonesia

Bila situs tes lain berfokus pada kepribadian calon mahasiswa, maka Tes Bakat Indonesia memiliki cara unik. Situs ini memiliki dua pilihan terkait penjurusan kuliah.

Pilihan pertama adalah tes gratis paket 3P (Potential, Passion, Personality). Ketiga poin ini saling terkait dan nantinya akan membentuk calon mahasiswa untuk menjalani profesi yang cocok berdasarkan potensi yang dimiliki.

Pilihan kedua yang bisa calon mahasiswa ambil adalah Passionet. Tes ini akan menilai jurusan mana yang paling sesuai untuk si calon mahasiswa. Ada kurang lebih 21 jurusan yang masuk dalam database Passionet.

Si calon mahasiswa perlu menjawab pertanyaan yang diberikan sebelum melihat hasil akhirnya. Jangan lupa untuk membaca penjelasan yang diberikan di halaman laporan.

  • Tes Minat Bakat Pak Budi

Apa semua tes kepribadian online untuk memilih jurusan kuliah  selalu memakai desain rapih, sederhana dan professional? Memang banyak situs yang melakukan hal tersebut, tetapi tidak untuk situs tes minat bakat dari Pak Budi.

Saat masuk ke situs ini, para pengunjung akan melihat berbagai super hero yang unik dan lucu. Tombol navigasinya pun disesuaikan dengan tema yang diambil.

Situs tes minat bakat ini dikatakan sebagai salah satu yang paling akurat. Mengapa demikian? Si calon mahasiswa harus menjawab setidaknya 60 pertanyaan dalam satu tes.

Jawaban pengguna pun akan dikalkulasi dan dicocokkan dengan kriteria yang ada. Pengguna bisa melihat apakah prediksi ini tepat dan bagaimana efeknya pada jurusan yang nantinya akan si pengguna pilih.

  • Tes Minat Bakat

Nama tautan ini sederhana: Tes Minat Bakat. Namun demikian, tautan ini tidak memiliki situs mandiri seperti situs lainnya. Tes ini adalah fitur yand tersedia di bagian informasi dan hiburan pada platform Okezone.com.

advertisement

Mereka yang memiliki aplikasinya juga bisa langsung mengakses tes tersebut. Untuk para pengguna yang masuk melalui situs Okezone, ketik “minat bakat” pada kolom pencarian.

Tes yang diberikan memiliki 10 pertanyaan. Setiap pertanyaan sangat berkaitan dengan kepribadian si calon mahasiswa. Pertanyaan dirancang khusus untuk membantu pengguna memprediksi jurusan apa yang cocok untuk diambil. Meski tes ini cukup mudah, calon mahasiswa disarankan untuk mengambil tes tambahan dan tidak hanya bergantung pada hasil tes ini saja. 

  • Aku Pintar

Bosan mencari situs tes dengan bantuan mesin pencari? Sekarang para calon mahasiswa bisa juga menemukan aplikasi untuk tes minat dan bakat.

Nama aplikasi tersebut adalah Aku Pintar dan bisa diunduh melalui Google Play. Karena sistemnya disesuaikan dengan konten edukatif, aplikasi ini cocok dipakai oleh siswa, murid dan juga guru.

Salah satu fitur unggulan dalam aplikasi ini adalah tes bakat dan minat. Tes ini diperuntukkan bagi siswa menengah atas yang akan melanjutkan ke jenjang universitas. Dengan tes ini, para calon mahasiswa bisa membuat keputusan yang tepat terkait jurusan yang akan diambil.

  • O-Net Interest Profiler

Tak hanya situs buatan dalam negri yang bisa digunakan untuk mengetahui minat dan bakat calon mahasiswa. Bagi mereka yang tertarik untuk menempuh pendidikan di luar negri, ada baiknya untuk mengambil tes berbahasa inggris yang dibuat khusus dengan standar kerja asing.

Untuk mengakses situs ini, calon mahasiswa harus mengetikkan nama situs O-Net Interest Profiler pada mesin pencari. Tes yang harus dilewati adalah menjawab pertanyaan. Standar Departemen Tenaga Kerja Amerika dipakai dalam penilaian akhirnya.

  • Truity

Pilihan lain yang bisa diambil oleh para calon mahasiswa yang lebih nyaman dengan tolak ukur internasional adalah Truity. Sistem tes dan penilaiannya disusun dengan memakai standar psikologis di lima Universitas terkemuka di dunia.

Yang akan dibaca bukan kepribadian, melainkan dimensinya, yakni keterbukaan, pertimbangan, kemampuan berinteraksi dan kemampuan untuk bekerja dalam stress.

Jika tertarik untuk mengambil tes ini, pastikan calon mahasiswa dapat memahami Bahasa Inggris level menengah ke atas. Kalimat yang digunakan singkat dan padat namun bisa menjebak si pengambil tes.

Jurusan apa yang mahasiswanya paling banyak merasa salah jurusan?

Teknik informatika.
Awalnya mengira bahwa membuat website, aplikasi itu mudah, dan ingin belajar seputar tech stuff di jurusan ini. Tetapi saat masuk realitanya bertemu matematika, aljabar, kalkulus dan statiska (fisika).

Kejadian salah jurusan juga banyak dialami di jurusan Ilmu Murni (kecuali matematika) seperti kimia murni, fisika murni biologi murni dsb.
Kejadian salah jurusan tidak hanya di PTN kelas menengah, tapi juga sekelas ITB, UI, UGM dan TOP 10 lainnya juga banyak, makanya untuk pilihan ke-2 atau ke-3 jangan asal pilih sembarangan

Tidak ada hal yang benar-benar saya sukai. Apakah ada tips?

Saran Saya, ambilah test minat bakat (biaya sekitar 300rb), dan berkonsultasi setelah mengambil test minat bakat dengan psikolog untuk lebih menggali passion dan kemampuan Anda. Kemudian buatlah Life Road 10 tahun kedepan mau melakukan apa dan mau jadi apa.

Bagaimana cara terbaik mengenal diri sendiri, minat dan bakat serta passion ?

Mencoba sebanyak mungkin jenis kegiatan yang berbeda,
Menjalin relasi dengan banyak orang dari berbagai keahlian dan bidang ilmu,
Membaca biografi atau menonton film yang menggambarkan suatu keahlian dengan luar biasa.

Sebagian anak muda sudah tahu jurusan dan universitas mana yang akan mereka ambil. Namun demikian, ada pula yang belum mengenali diri mereka sendiri.

Karena perkuliahan nantinya akan merintis jalan masa depan si anak, banyak pakar menganjurkan tes kepribadian. Ada banyak tes kepribadian online untuk memilih jurusan kuliah yang bisa diikuti tanpa biaya!

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest