11 Prospek Kerja Budidaya Perairan (AkuaKultur) & Gajinya

Bagi kamu yang sedang akan melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi pasti saat ini sedang bingung ya ingin memilih jurusan apa? Jurusan yang ada di Perguruan Tinggi memang sangat banyak, sesuai dengan banyaknya lapangan pekerjaan yang sudah mencakup berbagai bidang.

Jika kamu ingin berkuliah di jurusan yang nantinya setelah lulus bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah, jurusan Budidaya Perairan bisa menjadi pilihanmu nih. Prospek kerja Budidaya Perairansangat menjanjikan lho!

Jurusan Budidaya Perairan biasanya disebut juga dengan Jurusan Akuakultur. Di jurusan ini kamu akan mempelajari segala hal yang terakit dengan budidaya perairan, mulai dari ikan laut, ikan air tawar, lele, udang, lobster, dan berbagai jenis hasil perairan yang lain.

Jurusan yang satu ini cukup seru lho, karena proses pembelajaran yang akan kamu dapatkan tidak harus selalu di dalam kelas. Kamu akan belajar teknik menangkap ikan di laut, di sungai, danau, dan langsung belajar dari para nelayan atau kapal perikanan yang sudah lumayan besar nih. Seru banget ya!

Terus apa aja sih yang perlu kamu miliki untuk bisa mendaftar di Jurusan Budidaya Perairan? Disini kamu wajib memiliki pengetahuan dan keahlian yang dituntut untuk mampu melakukan observasi, meneliti, melakukan analisis, berpikir kritis dan terstruktur, berkomunikasi, pemahaman akan biologi, dan berenang.

Nah untuk mata kuliah yang akan kamu temui adalah Teknologi Perikanan, Budidaya Perairan, Mikrobiologi Akuatik, Bioteknologi Akuakultur, Genetika dan Pemuliaan Ikan, Nutrisi Ikan, Teknologi Penanganan Hasil Perikanan, Parasit dan Penyakit Ikan, Planktologi, Managemen Kesehatan Ikan, Managemen Kualitas Air, dan masih banyak mata kuliah yang akan kamu temui di 8 semester masa kuliahmu.

Prospek Kerja Budidaya Perairan
Prospek Kerja Budidaya Perairan

Berikut Ini 11 Prospek Kerja Budidaya Perairan

Prospek kerja Budidaya Perairanmemang sangat menjanjikan, setelah lulus jurusan ini akan menawarkan beragam macam pilihan profesi. Jurusan ini sangat identik dengan kegiatan menilai populasi perikanan, mengontrol tempat penetasan ikan dan lingkungan budidaya, serta memantau dan meningkatkan lingkungan perairan.

Dengan berbagai kegiatan pokok seperti itu, berikut ini beberapa profesi atau pekerjaan yang bisa kamu dapatkan setelah lulus dari jurusan ini :

  1. Akuakulturis

Menjadi seorang Akuakulturis memang menjadi salah satu kemungkinan profesi yang akan didapatkan oleh lulusan Jurusan Budidaya Perairan.

Akuakulturis merupakan sebuah profesi yang memiliki tugas untuk memahami pertumbuhan, perkembangan dan produksi hewan yang ada di air. Akuakulturis biasanya dibutuhkan di perusahaan perikanan komersial besar, perusahaan riset biologi, dan lembaga lingkungan negara.

  1. Manager Pembenihan Akuakultur

Manager Pembenihan Akuakultur akan bertugas untuk melihat segala aspek pembenihan akuakultur termasuk juga managemen individu, ikan, infrastruktur, dan peralatan.

Profesi sebagai Manager Pembenihan Akuakultur biasanya akan dibutuhkan di perusahaan perikanan komersial besar yang akan menghasilkan dan memanen ikan. Selain itu profesi ini juga bisa saja dipekerjakan oleh lembaga lingkungan negara maupun pemerintah.

  1. Teknisi Perikanan

Menjadi seorang Teknisi Perikanan akan memiliki tugas untuk mengawasi dan membantu pekerjaan sehari-hari di sebuah lokasi perikanan. Banyak sekali tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang Teknisi Periknanan, namun banyaknya tanggug jawab yang dimiliki akan sesuai dengan penghasilan yang akan didapatkan pula. Profesi ini biasanya dipekerjakan oleh perikanan milik swasta, pemerintah, atau lembaga negara.

  1. Teknisi Peternakan Air Asin

Menjadi seorang Teknisi Peternakan Air Asin akan memiliki tanggung jawab untuk mengoperasikan pertanian umum termasuk juga memberi makan dan merawat ikan yang ditanaman atau dibudidayakan.

Profesi ini memiliki tugas penting untuk menguji dan mempertahankan tingkat air asin untuk bisa menngkatkan pertumbuhan ikan secara optimal.

  1. Teknisi Biologi

Teknisi Biologi biasanya bekerja di laboratorium dan melakukan eksperimen dengan mengumpulkan bahan uji serta mendokumentasikan hasil percobaan untuk dianalisa.

Teknisi Biologi akan bekerja untuk membantu Ahli Biologi dalam mengumpulkan, memelihara, dan mengoperasikan peralatan laboratorium.

  1. Ahli Biologi Margasatwa

Dilihat dari namanya, profesi yang satu ini sangat menarik ya? Seorang Ahli Biologi Margasatwa termasuk seorang ilmuwan yang akan mengaati dan mempelajari perilaku hewan.

Profesi ini memiliki sebuah spesialisasi dalam bidang studi yang didefinisikan oleh ekosistem atau spesies seperti Entomologi, Ornitologi, Biologi Kelautan, atau Limnologi. Profesi ini akan lebih banyak menghabiskan sebagian masa kerja di lapangan.

  1. Ahli Gizi Ikan

Ahli Gizi Ikan memiliki tugas untuk memberikan informasi tentang ikan yang sehat, meneliti kandungan gizi yang ada di dalam ikan, memutuskan apakah suatu ikan bisa layak konsumsi atau tidak, dan masih banyak lainnya. Profesi ini biasanya dibutuhkan di berbagai bidang seperti Kesehatan Masyarakat, sektor swasta, maupun pendidikan dan penelitian.

  1. Konsultan

Dengan gelar dan ilmu yang sudah didapatkan dari Jurusan Budidaya Perairan, kamu bisa menjadi seorang konsultan kelautan, teknik kelautan, lingkungan pesisir, dan konsultan lainnya yang berhubungan dengan Budidaya Perairan. Profesi ini akan sangat menjanjikan dan menghasilkan gaji yang lumayan besar.

  1. Ekologis

Ekologis atau yang biasa disebut dengan Ahli Ekologi memiliki tugas untuk membantu melindungi dan memulihkan lingkungan alam dengan memberikan informasi penting terkait bagaimana aktivitas manusia akan memberikan pengaruh pada spesies dan ekosistem.

Profesi ini mengharuskan kamu untuk melakukan survei seperti mengidentifikasi, mencatat, dan memantau spesies dan kebiasaan spesies yang sedang diamati.

advertisement
  1. Departemen Teknologi Hasil Perikanan

Lulusan Jurusan Budidaya Perairan juga bisa berpeluang untuk bekerja di Departemen Teknologi Hasil Perikanan yang bertugas untuk mengolah ikan memiliki mutu yang lebih tinggi.

Profesi ini bisa menciptakan beberapa olahan atau produk syang digunakan sebagai bahan campuran maupun bahan pokok. Produk yang biasanya dihasilkan akan berupa nugget, sarden, jelly, dan produk olahan lainnya.

  1. Petugas Perikanan

Ada satu lagi profesi yang sangat cocok untuk kamu yang memiliki jiwa petualang. Petugas Perikanan merupakan salah satu profesi yang akan ditugaskan untuk konservasi dan perlindungan ikan air laut maupun ikan air tawar.

Profesi ini mengharuskan seseorang untuk melakukan survei kehidupan akuatik, menyelidiki stui kematian ikan, dan melakukan pekerjaan proyek teknik lainnya. Dengan profesi ini kamu bisa mempromosikan kehidupan perairan dengan cara yang seru seperti sedang rekreasi.

prospek kerja budidaya perairan
Prospek Kerja Budidaya Perairan

Apa itu Budidaya Perairan (Akuakultur)?

Mempelajari ilmu tentang kegiatan pemeliharaan, penangkaran, dan pengembangbiakan biota perairan laut maupun air tawar. Contohnya seperti ikan, udang, tiram, rumput laut, dan sebagainya

Kenapa Kimia dan Fisika Dipelajari dalam Iilmu Budidaya Perairan?

Budidaya perairan dapat didefinisikan dengan semua usaha pemeliharaan, pengembangbiakan, dan/atau pembesaran biota air baik hewan, tumbuhan, atau alga (ganggang) di lingkungan perairan tawar, payau, atau laut.
Sebagaimana telah diketahui bahwa kehidupan setiap biota perairan membutuhkan nutrisi atau pakan, serta kondisi lingkungan yang sesuai: suhu, cahaya, arus, ombak, salinitas, keasamaan (pH), dan gas-gas terlarut.
Jadi, alasan perlunya fisika dan kimia dipelajari dalam ilmu budidaya perairan adalah karena kehidupan biota perairan; ikan, udang, kepiting, kerang, rumput laut, atau alga chlorella sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor fisika dan kimia.

Mata Kuliah Apa yang Dianggap Momok bagi Mahasiswa Akuakultur?

1. Pengantar Ilmu Perikanan (Semester 1)
2. Avertebrata Air (Semester 2)
3. Ekologi Perairan (Semester 3)
4. Biologi Perikanan (Semester 3)
5. Limnologi(Semester 4)
6. Bioteknologi Akuakultur (Semester 7)

Baca juga:
Prospek Kerja Jurusan Metalurgi

Nah, itu dia beberapa prospek kerja Budidaya Perairanyang bisa kamu dapatkan setelah mendapatkan gelar Sarjana Budidaya Perairan (S.iP). Bagaimana? Menarik dan sangat menjanjikan bukan? Jika kamu ingin memilih Jurusan Budidaya Perairan, beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia yang memiliki jurusan ini.

Di antaranya adalah Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Universitas Hasanuddin, Universitas Diponegoro, Universitas Syiah Kuala, Universitas Sriwijaya, Universitas Jenderal Soedirman, Unoversitas Lambung Mangkurat, Universitas Tadulako, Universitas Batanghari Jambi, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Riau, Universitas Malikussaleh, Universitas Pattimura, Universitas Maritim Raja Ali Hai, Universitas Mulawarman, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Bung Hatta, dan Universitas Halu Oleo.

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *