9 Prospek Kerja Manajemen Dakwah & Fakta Menarik Lainnya

Prospek kerja manajemen dakwah sering dianggap sebelah mata oleh kebanyakan orang. Mulai dari nama jurusan yang kurang keren, hingga sulitnya mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi. Padahal kenyataannya, banyak peluang yang bisa Anda ambil dari jurusan manajemen dakwah ini.

Apa Itu Manajemen Dakwah?

Jurusan manajemen dakwah adalah bidang ilmu yang merupakan kombinasi antara ilmu-ilmu manajemen dan ilmu dakwah. Meski memiliki nama yang sama yaitu manajement dakwah, namun proses perkuliahan hingga mata kuliah yang didapatkan bisa jadi berbeda pada setiap kampus.

Mahasiswa akan mendapatkan pendidikan yang berkaitan dengan dakwah, diantaranya sejarah lembaga dakwah, tafsir dakwah, dakwah pembangunan, dan psikologi dakwah. Lalu di jurusan manajemen dakwah, Anda juga dapat mempelajari tentang ilmu-ilmu syariah yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Prospek Kerja Manajemen Dakwah

Mahasiswa juga akan mendapatkan pendidikan selain ilmu dakwah tetapi yaitu ilmu manajemen seperti akuntansi, manajemen keuangan syariah, manajemen SDM (Sumber Daya Manusia), manajemen pemasaran, kewirausahaan, dan perilaku konsumen.

10 Peluang Pekerjaan dari Jurusan Manajemen Dakwah beserta Gajinya

Tidak sedikit orang beranggapan bahwa peluang karir dari jurusan manajemen dakwah sangat rendah dan tidak memiliki peluang gaji yang tinggi. Padahal jurusan manajemen dakwah dapat memberikan kesempatan besar dan menjanjikan.

Sponsored Link

Tidak hanya menarik dari sisi salary atau gaji, jurusan manajemen dakwah juga dapat memberikan peluang cukup bervariatif, seperti 10 peluang kerja manajemen dakwah berikut ini:

1. Staf di Lembaga Keuangan Syariah

Peluang atau prospek pekerjaan dari jurusan manajemen dakwah yang pertama yaitu menjadi staf di lembaga keuangan syariah. Meski disebut sebagai jurusan manajemen dakwah, namun Anda juga diajarkan untuk mengelola keuangan seperti manajemen akuntansi dan manajemen keuangan.

Oleh karena itu, Anda bisa memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai staf di lembaga-lembaga keuangan syariah. Anda tentu harus memahami dengan baik prinsip-prinsip dari management keuangan syariah agar dapat bekerja secara maksimal. Gaji yang didapatkan dari profesi ini mulai dari Rp 3.000.000,00-.

2. Staf di Lembaga Keagamaan

Selain mempelajari tentang dakwah, jurusan ini juga memberikan pendidikan tentang keagamaan, kemasyarakatan Islam, dan pengelolaan lembaga dakwah. Dengan semua pendidikan tersebut, maka Anda berpeluang untuk bekerja di lembaga keagamaan untuk mengaplikasikan ilmu manajemen dakwah.

Di Indonesia sendiri terdapat berbagai jenis lembaga keagamaan yang bisa Anda pilih. Setiap lembaga biasanya membuka lowongan untuk jabatan yang beragam, sehingga dapat disesuaikan dengan passion dan minat Anda. Gaji di lembaga keagamaan mulai dari Rp 2.000.000 per bulan.

3. Pengelola Organisasi Politik Islam

Sarjana manajemen dakwah juga dapat bekerja di sebuah organisasi politik Islam dengan prospek kerja yang cukup tinggi. Jika Anda memiliki passion di bidang politik, maka Anda dapat mengambil peluang kerja sebagai pengelola di organisasi politik Islam.

Namun Anda perlu tahu bahwa pekerjaan di bidang politik Islam memerlukan tanggung jawab yang besar. Anda harus sangat amanah dalam melakukan setiap pekerjaan, serta memiliki sifat yang jujur. Anda bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp 3.000.000 per bulan.

Sponsored Link
jurusan kuliah yang paling dibutuhkan didunia kerja

4. Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kementerian Agama

Tidak diragukan lagi jika menjadi seorang pegawai negeri sipil atau PNS merupakan pekerjaan yang banyak diminati. Meskipun Anda sarjana manajemen dakwah, Anda tetap dapat melamar sebagai PNS di bidang pendidikan manajemen dakwah.

Perkiraan gaji apabila Anda berhasil menjadi PNS mulai dari angka Rp 3.000.000, namun Anda juga memiliki tanggung jawab yang besar. Jenjang karier dari pekerjaan ini sangat baik, semakin tinggi jabatan Anda di kementerian agama, maka penghasilan Anda juga akan meningkat.

5. Dosen

Jika Anda memiliki cita-cita sebagai dosen, maka Anda dapat melanjutkan pendidikan pascasarjana setelah lulus dari jurusan manajemen dakwah. Pilihan profesi ini memiliki peluang yang tinggi sebab belum banyak dosen-dosen yang mengajar tentang pendidikan manajemen dakwah.

Namun, jika Anda belum berniat melanjutkan pendidikan pascasarjana, Anda juga dapat memilih profesi guru untuk mengamalkan ilmu agama di jalur pendidikan. Penghasilan yang bisa Anda dapatkan sebagai dosen di Universitas Negeri mulai dari Rp 3.000.000 per bulan.

Universitas Islam Terbaik di Indonesia

6. Staf di Biro Haji dan Umrah

Indonesia memiliki tingkat peminat haji dan umroh yang sangat tinggi, sehingga peluang pekerjaan di biro haji cukup banyak. Berbekal sarjana manajemen dakwah, Anda dapat melamar pekerjaan sebagai staf di biro haji dan umroh.

Bidang profesi ini sangat jelas penghasilannya, karena setiap tahun banyak orang-orang yang ingin pergi haji maupun umroh dan membutuhkan jasa travel. Karir Anda di masa depan pun dapat terjamin jika Anda bekerja keras mendatangkan calon peserta haji dan umroh sesuai target.

7. Wirausaha

i k l a n

Berbekal ilmu-ilmu manajemen keuangan, Anda bisa memulai sebuah bisnis sendiri dan menjadi seorang wirausaha. Anda bisa berbisnis oleh-oleh haji, maupun membuka sebuah agen biro travel haji dan umroh. Peluang menjadi seorang wirausaha sangat besar jika Anda memiliki tekad kuat untuk membangun usaha.

Penghasilan dari seorang wirausaha yang sukses dapat melebihi gaji seorang pegawai di kementerian agama. Namun Anda tentu memerlukan usaha ekstra agar bisnis yang Anda jalani dapat berkembang dan memberikan penghasilan yang baik.

8. Manager di Lembaga atau Organisasi Swasta

Prospek kerja manajemen dakwah selanjutnya yaitu manager lembaga atau organisasi swasta. Berbekal ilmu manajemen sumber daya manusia (SDM), Anda bisa mengambil jabatan sebagai seorang manager di sebuah lembaga maupun organisasi swasta.

Jika Anda bekerja di sebuah lembaga baik profit maupun non-profit, maka Anda harus bekerja dengan niat dan dedikasi yang tinggi.

KIP Kuliah Kemendikbud.Go.Id

9. Bekerja di Kanal Berita Online Hingga Stasiun Televisi

Prospek kerja khusus yang datang dari jurusan manajemen dakwah juga bisa Anda dapatkan di stasiun televisi maupun kanal berita online. Anda dapat masuk ke bidang khusus berita agama maupun program televisi yang mengandung muatan religi.

Bekerja di stasiun televisi tentu memberikan gaji yang layak seperti UMR, Anda juga bisa mendapatkan pemasukan tambahan apabila berita agama yang Anda buat dilihat oleh banyak orang. Sebab berita agama haruslah dibuat oleh seseorang yang memiliki ilmu-ilmu agama dengan baik.

10. Ustadz

Prospek kerja yang terakhir dari lulusan manajemen dakwah yaitu menjadi seorang ustadz. Karena telah memiliki pondasi yang kuat dalam pendidikan dakwah. Peluang menjadi seorang ustadz di tengah masyarakat modern saat ini terbuka lebar.

Anda bisa mendapatkan uang ketika mendapatkan undangan untuk berdakwah, selain itu juga akan mendapatkan pahala yang besar karena membagikan ilmu agama ke masyarakat. Di bulan suci Ramadhan, seorang ustadz tentu memiliki lebih banyak pekerjaan mengisi kajian dan berdakwah.

Apakah ustad yang mematok harga ceramah diperbolehkan?

Tentunya tidak boleh, sebenarnya mengajarkan agama itu harus dilakukan dengan ikhlas lho tanpa mengharapkan imbalan apapun melainkan ridha Allah semata.

Tapi jika warga atau masyarakat yang didakwahinya memberikan tanpa sang ustad meminta, nah itu baru boleh karena itu memang sudah sewajarnya. Oleh karena itu fenomena ustad zaman sekarang yang sudah mematok tarif duluan untuk kedatangannya menurut saya kurang etis.

Lagipula para ustad itu karena terkenal ia memiliki manajemennya,. nah ia pribadi takkan pernah meminta langsung melainkan lewat asisten atau manajernya lah yang mengatur tarif dia.

Apa bedanya pesantren modern dengan pesantren tradisional ?

Kurikulum. Pesantren modern banyak melibatkan bahasa asing, entah Arab atau Inggris, atau malah keduanya. Sedangkan pesantren tradisional banyak mengkaji literatur Arab klasik. Dengan titik fokus pada struktur teks (nahwu dan shorof) dan masalah furu’iyyah. Di Indonesia, standar madzhabnya ialah Syafi’iyah pada fikih dan Asy’ariyyah pada akidah.

Metode belajar. Pesantren modern lebih terbuka dan banyak mengadopsi sistem pembelajaran formal. Power gap diperkecil sehingga suasana kritis dan kreatif dihidupkan sebisa mungkin.

Pesantren tradisional mewarisi sistem pengajaran dari pesantren-pesantren yang ada sebelumnya, metode satu lokomotif menarik banyak gerbong dipilih untuk melestarikan sistem sanad dan silsilah yang sudah dipakai dari era klasik.

Target keluaran. Pesantren modern menargetkan agar santri-santrinya bisa bersaing di kancah internasional berbekal kemampuan berbahasa asing yang dilatih sejak dini, skill-skill leadership dan manajemen organisasi yang didapatkan dari pesantren diharapkan mampu diimplementasikan di masyarakat.

Sedangkan pesantren tradisional menargetkan agar alumni yang telah terjun ke masyarakat dapat membantu mengatasi berbagai problematika kehidupan masyarakat di tempat asalnya. Pengajaran akhlak yang mendapat tempat istimewa di pesantren menjadi ujung tombak para alumni saat bergelut dalam dakwahnya.

Editor's Choices:

Demikianlah prospek kerja manajemen dakwah yang perlu Anda ketahui dan masih banyak lagi yang belum disebutkan. Sehingga Anda tidak perlu ragu memilih jurusan manajemen dakwah jika Anda memiliki passion untuk mendalami ilmu-ilmu agama dengan baik.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp

📢 Komentar / Pertanyaan


📈 Trending Topics
contoh teks eksposisi perbandingan dan strukturnya
contoh teks laporan hasil observasi
Contoh Teks Eksposisi Proses
contoh paragraf argumentasi singkat
Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor
Contoh Analisis SWOT Produk Makanan
🎓 Info Kuliah
Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Matematika
aktuaria unpad
Universitas di Jakarta Selatan
jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan
jurusan saintek unpad
jurusan UGM yang sepi peminat