7 Ide Jualan Makanan yang Laku di Kampus, Laris Tiap Hari

Bisnis kuliner merupakan salah satu jenis bisnis yang tidak akan mati. Karena dalam keadaan apapun setiap orang pasti membutuhkan makanan. Jadi setelah kondisi ini membaik dan anak-anak kampus sudah mulai masuk, akan sangat menguntungkan bagi kamu jika memulai bisnis kuliner di sekitar kampus.

Jika kamu ingin jualan makanan yang laku di kampus yang sukses, berikut ini adalah beberapa jenis jualan makanan yang sangat populer di area kampus.

7 Jenis Jualan Makanan Yang Laku Di Kampus

Sesungguhnya, jualan makanan apapun di belakang kampus pasti menarik perhatian. Akan tetapi jika kamu ingin bisnis kamu sukses, menjual makanan-makanan yang populer di belakang kampus akan sangat membantu. Ini adalah 7 jenis makanan yang sangat populer di area kampus yang bisa kamu jadikan pertimbangan dan ide usaha.

Editor Choices :
Jualan Makanan yang Laku di Kampus
Jualan Makanan yang Laku di Kampus

1.  Bisnis camilan aci

Jenis jualan makanan pertama yang akan kami rekomendasikan adalah jenis makanan cemilan yang terbuat dari aci atau tepung tapioka. Jajanan yang berasal dari aci memang sangat populer karena harganya murah. Jadi ketika dibeli, konsumen bisa mendapatkannya dalam jumlah banyak.

Selain itu jenis jajanan yang bisa dibuat dari bahan tepung Aci ini juga sangat banyak. Dari cilok, batagor hingga camilan seperti makaroni cilor juga bisa kamu sebagai ide usaha.

Sponsored Link

Selain banyak yang tertarik hidangan dari aci, keuntungan lainnya akan kamu dapatkan sebagai pengusaha makanan dari aci ini adalah mengenai margin keuntungan yang besar. Aci memiliki harga yang cukup murah, ketika dijual sebagai camilan kamu bisa menerapkan margin yang cukup besar dan tetap laku di pasaran.

2.  Bisnis ayam goreng krispi

Salah satu jenis bisnis kuliner yang tidak akan dilewatkan oleh mahasiswa adalah bisnis ayam goreng crispy. Bisnis ayam goreng crispy merupakan salah satu bisnis yang menarik karena makanan ayam goreng crispy bisa disebut sebagai makanan siap saji. Mahasiswa menyukai layanan yang cepat, hal inilah yang menyebabkan bisnis ayam goreng crispy tentu akan mendapatkan perhatian yang besar.

Akan tetapi bisnis ayam goreng crispy saat ini sudah sangat menjamur, oleh karena itu jika bisa pastikan kamu mencari resep ayam goreng crispy yang nikmat serta inovasi yang menarik sehingga kamu bisa mendapatkan segmen pasar tersendiri jauh dari kompetitor lain.

Jualan Makanan yang Laku di Kampus
Jualan Makanan yang Laku di Kampus

3.  Bisnis ayam geprek

Jenis bisnis makanan lain yang tidak kalah menarik untuk dimulai adalah bisnis ayam geprek. Masyarakat Indonesia sangat menyukai makanan pedas. Inilah yang menyebabkan bisnis ayam keprek tentunya sangat laris.

Bisnis ayam geprek ini akan semakin menarik jika kamu membukanya di area kampus di Bandung dan di Jawa. Hal ini disebabkan karena kedua area ini menyukai hidangan yang sangat pedas. Akan tetapi ketika kamu akan membuat bisnis ayam geprek, jangan lupa untuk masukan inovasi dalam merintis bisnis kamu. Karena seperti bisnis ayam goreng crispy, bisnis ayam geprek memang sangat banyak pesaingnya.


Salah satu inovasi yang paling banyak dilakukan oleh para pebisnis adalah dengan memperbolehkan konsumen mengambil nasi sebanyak yang dia mau. Ini adalah salah satu teknik marketing yang sangat cocok untuk anak-anak di kalangan kampus yang sering kali melakukan penghematan.

4.  Bisnis minuman coklat

Jualan makanan yang laku di kampus selanjutnya akan kami rekomendasikan adalah bisnis minuman coklat. Bisnis minuman coklat, minuman kopi, dan juga minuman susu memang sangat menarik bagi masyarakat di sekitar universitas.

Meskipun sudah ada banyak merek minuman yang besar dan populer, civitas akademika di area kampus tetap memiliki kemungkinan besar untuk berganti merek. Hal inilah yang membuat bisnis minuman coklat menjadi sangat menguntungkan.

Jika kamu memiliki nyali besar, kamu juga bisa melakukan join dengan bisnis makanan lain di mana mereka menyediakan makan dan kamu yang menyediakan minuman. Ini akan lebih menguntungkan bagi kedua belah pihak bukan?

Contoh Analisis SWOT Perusahaan Jasa katering makanan - DeckaRenas.Com
Jualan Makanan yang Laku di Kampus

5.  Bisnis warteg

Jenis bisnis kuliner selanjutnya yang tentunya akan mendapatkan banyak perhatian adalah bisnis warteg. Dari beberapa ulasan yang sudah disebutkan sebelumnya, mahasiswa sebagai konsumen memang memiliki beberapa karakteristik utama. Salah satunya adalah mengenai penghematan khas mahasiswa.


Karena gaya hidup menghemat yang sering dilakukan oleh mahasiswa, hidangan-hidangan yang murah dan banyak akan mendapatkan banyak perhatian. Hal inilah yang membuat bisnis warteg bisa menjadi salah satu bisnis yang menarik untuk di dimulai di area kampus.

Jika kamu ingin membangun bisnis warteg, pastikan hidangan-hidangan di warung kampung tetap segar sehingga anak-anak mahasiswa tetap sehat meskipun makan dengan harga yang murah. Makanan segar juga mengingatkan mereka pada hidangan rumahan sehingga kemungkinan mereka padi lagi sangat besar.

6.  Bisnis cemilan kiloan

Pilihan lain bisnis kuliner di sekitar kampus adalah bisnis cemilan kiloan. bisnis cemilan kiloan menguntungkan karena banyak peminatnya dan juga bisa bertahan lebih lama. Jenis makanannya juga sangat banyak sehingga bisnis ini jadi makin menarik.

7.  Bisnis angkringan

Terakhir bisnis yang akan kami rekomendasikan untuk kamu yang ingin jualan makanan yang laku di kampus adalah bisnis angkringan. Seperti halnya bisnis warteg, bisnis angkringan juga sangat populer di area kampus.

Hal ini disebabkan karena banyaknya pilihan hidangan hingga harganya yang terjangkau membuat makanan angkringan di kampus selalu menjadi buruan para mahasiswa.


Jika kamu ingin memulai bisnis angkringan di area kampus, pastikan kamu memiliki menu-menu yang menarik dan tidak dimiliki oleh angkringan yang lain. Ini nantinya akan membantu sebagai selling point dan membuat konsumen balik kembali.

Sebagai mahasiswa/i, bagamana cara mendapat penghasilan ?

Anda bisa menjual makanan ringan (makanan basah) di kampus. Mahasiswa cenderung merupakan generasi boros yang sangat mudah mengeluarkan uang untuk makanan, terutama jam 10 pagi dan jam 3 sore, saat-saat diantara jadwal makan utama.

Untuk sumber makanan ringan, anda dapat membelinya di pasar pagi, biasanya banyak variasi mulai dari kue-kue sampai gorengan.

Berdasarkan pengalaman, dengan modal 1000 rupiah per makanan, anda dapat menjualnya kembali hingga 3000 rupiah per makanan. Dalam sehari saya bisa menjual hingga 5 kotak berisi 20 makanan/kotak. Dukanya adalah, terkadang anda harus menjajakannya ke beberapa fakultas berbeda saat teman-teman anda sedang tidak tertarik untuk makan.

Demikianlah pembahasan mengenai jualan makanan yang laku di kampus. Riset dan pemilhan produk yang dijual itu memang penting, tapi yang lebih penting adalah eksekusi dan persistensi (ulet).


Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Twitter Pinterest Facebook WhatsApp

Komentar / Pertanyaan