5 Contoh Analisis SWOT Perusahaan Jasa UMKM & Start Up

Para pengusaha yang berkecimpung di perusahaan jasa pastinya sudah sangat familiar dengan istilah SWOT. Benar sekali, istilah ini adalah istilah yang merupakan singkatan dari Strength (klebihan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (Peluang), dan juga Threats (Ancaman).

Analisis ini penting untuk dilakukan oleh perusahaan jasa agar bisnisnya juga lebih berkembang. Berikut contoh analisis SWOT perusahaan jasa yang bisa menjadi panduan.

Contoh Analisis SWOT untuk Perusahaan Jasa

Analisis SWOT sebenarnya akan berbeda-beda tergantung dari jasa apa yang difokuskan oleh perusahaan jasa itu sendiri. Analisa sebuah perusahaan jasa antar makanan akan berbeda dengan perusahaan jasa ekspor dan impor. Berikut contoh lengkapnya.

Contoh Analisis SWOT Perusahaan Jasa

Contoh 1: Perusahaan Jasa Ekspor dan Impor Pupuk

Strengths

Dalam hal kekuatan, perusahaan ini memiliki visi yang baik didukung dengan dasar keilmuan yang baik. Perusahaan ini sangat mengedepankan proses produksi yang terhindar dari penggunaan bahan kimia berbahaya sehingga aman untuk lingkungan.

Weaknesses

Meskipun perusahaan ini tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya bagi lingkungan, namun perusahaan ini belum memiliki sertifikasi organik sehingga masih belum dipercaya kredibilitasnya. Tidak hanya itu saja, perusahaan ini juga belum bisa melakukan kegiatan ekspor dan impor dalam skala besar meskipun targetnya adalah pasar luar negeri.

Sponsored Link

Opportunities

Sekarang ini kebutuhan pupuk organik sangat meningkat sehingga perusahaan ini memiliki peluang besar untuk berkembang. Hal ini juga didukung dengan adanya SDA dan juga SDM yang melimpah sehingga proses produksi juga bisa lebih digiatkan lagi.

Threats

Kesempatan perusahaan ini untuk masuk pasar luar negeri sebenarnya cukup kecil karena beberapa pasar sudah didominasi oleh perusahaan pupuk dari China, Thailand, dan Belanda.

Contoh 2: Perusahaan Jasa Catering Makanan

Contoh Analisis SWOT Perusahaan Jasa katering makanan
Contoh Analisis SWOT Perusahaan Jasa Katering Makanan
  1. Strength.
    Dalam hal kekuatan, suatu perusahaan jasa catering makanan memiliki variasi makanan yang beragam yang juga berasal dari berbagai daerah. Dengan variasi makanan tersebut, para pelanggan bisa memesan sesuai dengan kombinasi yang diinginkan.
  1. Weaknesses. Meskipun perusahaan ini memiliki variasi yang lengkap, sebenarnya perusahaan juga membutuhkan modal yang besar untuk menyediakan variasi makanan tersebut.
  1. Opportunities.
    Perusahaan jasa catering makanan ini memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan pelanggan yang beragam karena lokasinya cukup strategis dan harga yang ditawarkan juga cukup bersaing.
  1. Threats.
    Perusahaan catering ini juga terancam tidak bisa berkembang dengan baik karena saingan yang ada cukup banyak. Tentunya jumlah saingan ini bisa mengurangi jumlah pelanggan yang dimiliki.

Contoh 3: Perusahaan Jasa Telekomunikasi

Contoh Analisis SWOT Perusahaan Jasa telekomunikasi provider internet
Contoh Analisis SWOT Perusahaan Jasa / Provider Telekomunikasi
  1. Strengths.
    Perusahaan telekomunikasi memiliki skala yang besar dan pangsa pasar yang terus tumbuh setiap tahunnya. Hal ini juga didukung dengan adanya pilihan produk yang lengkap dan jaringan yang mencakup wilayah di hampir semua penjuru tanah air.
  1. Weaknesses.
    Skala perusahaan yang cukup besar membuat perusahaan memerlukan SDM yang besar pula. Perusahaan jadi kewalahan untuk mengatur gaji karyawannya. Kepentingan pemegang saham juga berbeda-beda sehingga mempengaruhi tujuan perusahaan.
  1. Opportunities.
    Untungnya, perusahaan jasa telekomunikasi ini memiliki jumlah permintaan pasar yang besar sehingga bisa mengembangkan pelayanannya lagi.
  1. Threats.
    Ancaman yang ada berkaitan dengan kebijakan pemerintah yang secara langsung dan tidak langsung akan mempengaruhi perusahaan.

Contoh 4: Perusahaan Jasa Transportasi Online

Contoh Analisis SWOT Perusahaan Jasa transportasi online ojol taksi online
Contoh Analisis SWOT Perusahaan Jasa Transportasi Online Ojol Taxol
  1. Strength.
    Contoh analisis SWOT perusahaan jasa keempat adalah perusahaan penyedia jasa transportasi online yang juga merupakan perintis di bidangnya.
    Tentunya perusahaan ini lebih difavoritkan oleh masyarakat karena sudah merambah pasar yang lebih luas sebelum perusahaan yang sama hadir.
  1. Weaknesses. Meskipun begitu, perusahan ini masih belum bisa mengelola keuangan dengan baik karena pengeluarannya juga cukup besar.
  1. Opportunities. Permintaan pasar yang berkaitan dengan jasa yang diberikan oleh perusahaan jasa ini sekarang sangat dibutuhkan sehingga perusahaan ini sangat bisa dikembangkan.
  1. Threats. Ancaman yang mungkin terjadi bisa berasal dari kompetitor yang memberikan inovasi yang lebih menguntungkan bagi pasar.

Contoh 5: Perusahaan Jasa Properti

Contoh Analisis SWOT Perusahaan Jasa Properti
Contoh Analisis SWOT Perusahaan Jasa Properti Real Estate
  1. Strength. Perusahaan jasa properti memiliki manajemen yang berpengalaman sehingga memiliki reputasi yang baik.
  1. Weaknesses. Meskipun memiliki keunggulan yang cukup menguntungkan, perusahaan ini masih memiliki harga jual yang cukup mahal sehingga pangsa pasarnya tidak bisa berkembang.
  1. Opportunities. Kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan keringanan pajak dan pemberian insentif membuat perusahaan bisa dilirik oleh masyarakat.
  1. Threats.
    Perusahaan sangat terancam untuk bisa berkembang karena ada kompetitor asing yang masuk ke pasar lokal. Perusahaan tersebut memberikan harga dan pelayanan yang bersaing sehingga pasar lokal lebih mungkin condong ke perusahaan asing tersebut.

Apa itu Analisis SWOT?

Analisis SWOT digunakan untuk analisis bisnis.
Strenght / kekuatan, contohnya adalah ciri khas dari bisnis yang kita tawarkan, sehingga orang orang bisa langsung teringat dengan brand kita.
Weakness / kelemahan. Pasti dalam suatu bisnis tak ada yang tak memiliki kelemahan. Kelemahan inilah yang dijadikan sebagai poin perbaikan terhadap bisnis.

Opportunity / kesempatan. Contohnya, pemilihan segmen pasar yang tepat bisa menjadi kesempatan bisnis kita menjadi lebih baik.
Threat merupakan ancaman. Sesuai namanya ancaman adalah hal yang harus dihindari, misalnya muncul kompetitor yang lebih inovatif.

Melakukan analisis SWOT sangatlah penting untuk perusahaan jasa karena nantinya analisis yang telah dilakukan tersebut bisa membantu untuk mengambil tindakan yang paling sesuai.

Editor's Choices:

Dengan begitu, perusahaan jasa bisa menyediakan jasa dengan lebih baik lagi sehingga usahanya juga lebih berkembang dengan memperhatikan contoh analisis SWOT perusahaan jasa yang telah disebutkan di atas.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp

📢 Komentar / Pertanyaan


📈 Trending Topics
contoh teks eksposisi perbandingan dan strukturnya
contoh teks laporan hasil observasi
Contoh Teks Eksposisi Proses
contoh paragraf argumentasi singkat
Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor
Contoh Analisis SWOT Produk Makanan
🎓 Info Kuliah
Syarat menjadi tukang parkir pesawat - gaji tukang parkir pesawat - cara menjadi tukang parkir pesawat - marshaller pesawat
Jurusan Saintek yang Prospek Kerjanya Bagus
Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis
Prospek Kerja Teknologi Hasil Pertanian
sekolah kedinasan di Bandung
Jurusan Arsitek terbaik di Indonesia