5 Contoh Teks Prosedur Protokol dalam Kehidupan Sehari-hari

Pada saat akan melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya, seseorang tentu memerlukan sebuah petunjuk atau prosedur. Dalam kaidah bahasa Indonesia, teks seperti ini lazim disebut sebagai teks prosedur.

Ada berbagai macam teks prosedur yang biasa ditemui, baik yang berupa contoh teks prosedur protokol, sederhana, bahkan kompleks. Semuanya sejatinya dapat ditemui secara langsung dalam kehidupan sehari-hari dan bisa dipraktikkan secara mudah.

Apa Itu Teks Prosedur Protokol

Kali ini kita akan banyak membahas mengenai teks prosedur protokol. Yang dimaksud dengan jenis teks ini adalah langkah-langkah ataupun tata cara yang terdapat dalam suatu teks namun tidak terlalu rumit dan mudah dipahami pembaca.

Contoh Teks Prosedur Protokol

Sesuai namanya, teks ini berisi beberapa protokol atau petunjuk yang dituliskan dengan maksud untuk melakukan suatu hal. Biasanya, teks ini digunakan untuk menjelaskan langkah-langkah pengoperasian alat atau prosedur untuk membuat sesuatu.

Perbedaan dengan teks prosedur lainnya, petunjuk yang diberikan tidak terlalu panjang dan rinci. Dengan demikian, teks yang disampaikan lebih banyak bersifat objektif dan mudah dimengerti.

Contoh Penulisan Teks Prosedur Protokol

Anda mungkin merasa cukup kesulitan untuk membuat atau menyusun sebuah teks prosedur yang berisi sejumlah protokol atau petunjuk. Padahal sebenarnya, teks seperti ini dapat disusun secara mudah karena petunjuk ini banyak berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Berikut contoh teks prosedur protokol yang dapat Anda temui.

1. Menyehatkan rambut dengan kondisioner

Kondisioner merupakan salah satu solusi untuk dapat merawat kesehatan rambut. Dengan menggunakan kondisioner, rambut Anda akan terlihat lebih lembab dan halus sehingga mudah ditata dan dirawat. Bahkan, cara ini bisa membuat rambut Anda lebih sehat jika dilakukan secara rutin.

Kondisioner juga akan senantiasa membantu menjaga dan meningkatkan volume rambut sehingga akan menunjang penampilan Anda. Oleh karenanya, untuk menggunakan kondisioner, diperlukan beberapa langkah yang tepat untuk Anda lakukan. Berikut langkah-langkah yang dimaksud.

  1. Keramas menggunakan sampo terlebih dahulu. Gunakan sampo yang memang sesuai dan cocok dengan tipe rambut Anda.
  2. Bilas sampo dan buang sisa air yang masih menempel pada rambut dengan meremasnya secara lembut atau menepuknya dengan handuk kering.
  3. Tuang krim kondisioner secukupnya ke tangan, kemudian usapkan pada rambut secara lembut. Ulangi penggunaan pada rambut yang belum terkena kondisioner.
  4. Diamkan rambut selama beberapa menit, kemudian bilas hingga bersih.
  5. Keringkan rambut dan Anda akan merasakan kelembutan yang luar biasa dari rambut Anda tersebut.
brownies

2. Resep Rahasia Brownies Kukus Lezat

Brownis merupakan kudapan yang sudah pasti banyak disukai oleh berbagai kalangan. Rasanya yang manis dan kaya coklat menjadi ciri khas dari kue yang satu ini. Untuk membuatnya pun cukup mudah, berikut ulasannya.

  1. Pertama, siapkan dulu bahan-bahan yang akan digunakan. Tidak banyak kok, hanya gula pasir, mentega, coklat, tepung terigu, dan telur. Anda juga dapat menambahkan garnish lain seperti gula halus atau buah-buahan.
  2. Selanjutnya, masukkan 2 butir telur dan gula pasir dalam sebuah wadah, lalu aduk hingga rata menggunakan mixer hingga mengembang dan berwarna putih
  3. Sambil tetap diaduk, tambahkan coklat yang sudah dicairkan sebelumnya ke adonan tersebut. Aduk kembali hingga benar-benar merata.
  4. Olesi loyang dengan mentega, lalu tuang adonan brownies. Anda dapat menambahkan kertas khusus supaya lebih mudah ketika dilepaskan dari loyang.
  5. Masukkan ke dalam panci kukus selama 30 menit dengan api kecil
  6. Dinginkan brownies tersebut selama beberapa saat. Brownies siap dihidangkan dan bisa Anda hiasi dengan potongan buah-buahan yang sudah disiapkan sebelumnya.

3. Membuat Es Soda Gembira yang Segar

Es soda gembira adalah salah satu minuman segar yang banyak diminati. Warnanya yang menarik dan rasanya yang menyegarkan tentu membuat siapa pun yang menikmatinya menjadi puas. Membuat soda gembira juga sangat mudah. Ikuti langkah-langkah pembuatannya sebagai berikut.


  1. Siapkan alat-alat dan bahan yang diperlukan. Mulai dari gelas saji, air soda tanpa rasa tambahan, kental manis atau susu rasa vanila, es baru, dan sirup cocopandan.
  2. Anda juga dapat menambah beberapa tambahan lain sesuai selera. Misalnya agar-agar, biji selasih, dan sebagainya. Untuk menambah kesegaran, Anda bisa menggunakan es batu atau es serut.
  3. Masukkan susu kental manis ke dalam sirup cocopandan ke dalam gelas. Tuang air soda hingga sekitar 3/4 gelas.
  4. Aduk hingga rata, tambahkan agar-agar dan es batu secukupnya.
  5. Es soda gembira sudah siap disajikan dan bisa segera Anda nikmati.

4. Mematikan komputer secara aman

Komputer saat ini sudah menjadi salah satu perangkat yang paling sering digunakan dalam kehidupan manusia. Selain membuat dokumen, komputer juga banyak digunakan untuk keperluan lain seperti desain atau aplikasi tertentu.

Supaya lebih awet dan tidak cepat rusak, komputer perlu dimatikan secara berkala. Oleh karenanya, pastikan Anda mengikuti beberapa langkah berikut untuk memastikan sudah shut down komputer secara benar dan tepat.

  • Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah semua aplikasi atau program sudah tertutup. Jika berkaitan dengan dokumen pribadi, jangan lupa untuk disimpan. Klik tombol/button Close (X) untuk keluar dari aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya, pilih dan klik tombol Start pada laman desktop. Anda juga dapat menggunakan tombol dengan logo Windows pada keyboard.
  • Klik menu Shut Down, atau di beberapa versi sistem operasi adalah menu Power
  • Jika ingin mematikan komputer tanpa langsung dihidupkan, pilih Shut Down.
  • Tunggu komputer dan layar monitor benar-benar mati secara sempurna. Anda dapat tekan tombol power pada sisi monitor untuk mematikan monitor.
  • Cabut semua kabel yang terhubung pada komputer dan jangan lupa gunakan penutup supaya terhindar dari debu atau hal-hal lain yang dapat merusak kabel
kuliah

5. Cara mengoperasikan motor matic

Motor matic menjadi salah satu jenis kendaraan yang paling banyak dipakai, terutama oleh para wanita. Alasannya, tentu saja karena sangat mudah digunakan. Anda tidak perlu menginjak pedal gigi maupun rem kaki. Selain itu, kecepatan bisa diatur secara otomatis oleh mesin motor

Untuk mengoperasikan motor matic, ada beberapa cara yang perlu diperhatikan. Berikut sejumlah cara yang dimaksud.


  • Pastikan motor dalam keadaan off (mati). Masukkan kunci motor pada tempat yang tersedia
  • Putar ke kanan untuk mengaktifkan posisi ON.
  • Jangan lupa menaikkan stand samping motor, sebab ada beberapa motor matic yang baru bisa dinyalakan jika standar samping sudah naik.
  • Pencet tombol Start di stang sebelah kanan, dan motor matic siap dijalankan dengan memutar stang gas di sebelah kanan.
  • Gunakan rem kanan untuk mengerem roda depan, dan rem kirim untuk roda belakang.
  • Editor Choices :

Itulah beberapa pengertian dan contoh teks prosedur protokol yang sederhana. Bagaimana, semoga semakin menambah pemahaman Anda dalam memahami teks tersebut.

Komentar / Pertanyaan