2 Contoh Teks Deskripsi tentang Alam beserta Strukturnya

Teks deskripsi termasuk salah satu materi Bahasa Indonesia yang akan kalian temukan di kelas 7 SMP. Di materi ini, kalian akan belajar tentang cara mendeskripsikan sesuatu baik secara tulisan maupun lisan serta memahami contoh teks deskripsi tentang alam yang dibacakan oleh guru.

Sama seperti jenis teks lainnya, teks deskripsi juga sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saat kalian kehilangan barang, maka kalian bisa menceritakan deskripsi barang tersebut agar orang lain bisa membantu mencarinya. Nah, bila kalian tertarik untuk mengetahui lebih lanjut seputar teks deskripsi, silakan simak rinciannya di bawah ini.

Definisi Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah teks yang dituangkan dalam bentuk tulisan yang berisikan pemaparan terkait suatu obyek secara terperinci. Dalam beberapa hal, teks ini juga sering disebut sebagai teks uraian atau teks tanggapan deskripsi.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam
Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), deskripsi sendiri berarti sebuah penggambaran atau pemaparan melalui kata-kata secara runtut, jelas, dan terperinci.

Berdasarkan Buku “Teks dalam Kajian Struktur & Kebahasaan” karya dari Taufiqur Rahman menyatakan bahwa deskripsi adalah sebuah gambar tentang suatu hal yang dilukiskan berdasarkan kondisi yang sebenarnya.

Jika dijabarkan secara detail, teks deskripsi merupakan sebuah wacana atau gagasan yang berisikan suatu penggambaran terkait objek, peristiwa, orang, tempat, atau hal lainnya yang mana orang yang membacanya dapat memahami, merasakan, menghayati, dan berimajinasi terkait objek tersebut.

Teks deskripsi tidak hanya terbatas pada satu atau dua paragraf saja, melainkan sampai suatu obyek tersebut dijabarkan secara jelas sesuai topik pembaca. Karena itulah, kita kadang menemukan suatu teks deskripsi yang panjangnya hingga berlembar-lembar.

Tujuan teks deskripsi sendiri ialah untuk menjelaskan secara detail kepada para pembaca agar mereka mampu merasakan secara langsung seolah-olah sedang ada di dalam teks cerita yang dimaksud.

Dalam penulisannya, teks ini akan menjelaskan suatu ilustrasi kepada para pembaca berupa bentuk, warna, lokasi, rasa, keadaan, ukuran, jenis, bau / aroma, dan juga kesan sesuai topik yang sedang dideskripsikan. Berhasil tidaknya teks ini tergantung dari kemampuan pembaca memahami topik deskripsi tersebut.

contoh membuat laporan tugas

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Setiap jenis teks, baik itu teks opini, teks eksplanasi, teks eksposisi, atau teks lainnya tentu punya ciri-cirinya masing-masing. Nah, berikut ciri-ciri teks deskripsi yang membedakan dengan jenis teks lainnya:


  1. Berisi informasi yang menjelaskan, mengilustrasikan, dan menggambarkan terkait sesuatu hal.
  2. Memiliki topik utama yang melibatkan kesan indra seperti halnya aroma, bentuk atau ukuran, bunyi, dan rasa.
  3. Terdapat beberapa bahasa kiasan layaknya metafora atau perumpamaan.
  4. Bisa menggunakan kata baku maupun non baku yang digunakan untuk menambahkan penjelasan pada deskripsi seperti kata biru cerah, gempuran ombak, ibu yang tangguh.
  5. Mampu membuat pembaca merasakan dan mengimajinasikan terhadap obyek yang sedang dideskripsikan.
  6. Memiliki frasa yang mengandung kata benda yang mendeskripsikan suatu obyek tertentu.
  7. Terdapat kata sifat seperti halnya kepribadian, suhu, bentuk, ukuran, serta kata-kata yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
  8. Mengandung kata keterangan yang digunakan untuk memberikan rincian informasi tambahan terkait suatu obyek.

Struktur Teks Deskripsi

Sebelum membuat teks deskripsi, kalian wajib memahami strukturnya terlebih dahulu. Ini penting! Karena dengan memahami teks deskripsi, maka kalian bisa menyusun teks secara tepat tanpa menghilangkan komponen-komponen yang penting dalam suatu teks.

Inilah 3 macam struktur teks deskripsi yang bisa kalian jadikan rujukan saat akan menulis teks deskripsi:

1. Identifikasi (Deskripsi Umum)

Identifikasi merupakan bagian pembuka dari teks deskripsi yang berikan informasi seputar elemen-elemen penting yang menjadi pengantar dari suatu teks deskripsi sesuai dengan topik yang sedang dibahas.

Tahap identifikasi berisikan awal penentuan identitas seorang tokoh, benda, tempat, peristiwa, maupun hal lain yang menjadi objek utama dari teks tersebut. Obyek yang telah dipilih inilah yang nantinya akan dideskripsikan menjadi sebuah teks atau cerita.

2. Klasifikasi (Deskripsi Bagian)

Pada bagian klasifikasi, terdapat susunan kalimat yang disusun secara sistematis dalam sebuah kelompok yang memiliki kaidah dan aturan sesuai standar penulisan yang telah ditetapkan.


Klasifikasi dibuat dengan tujuan agar para penulis agar lebih mudah dalam memahami gagasan yang akan disampaikan kepada para pembacanya. Tanpa adanya pengelompokan sistematis ini, maka gagasan pun akan menjadi lebih sulit di pahami.

3. Penutup / Kesan

Tahap ini merupakan bagian terakhir dari teks deskripsi yang akan menutup runtutan keseluruhan teks tersebut. Hal ini karena teks ini akan memuat gambaran secara mendetail terkait suatu obyek yang menjadi topik pembicaraan.

Dengan adanya bagian penutup, maka para penulis teks akan lebih mudah menyimpulkan atas paparan objek yang sedang dibahas sehingga lebih mudah di pahami oleh para pembaca maupun para pendengar.

Contoh Teks Deskripsi tentang Alam

Nah, bila kalian mendapat tugas dari guru untuk membuat teks deskripsi, maka berikut kami berikan 2 jenis contoh teks deskripsi tentang alam yang dapat kalian amati, tiru dan modifikasi nantinya. Simak ulasannya berikut ini!

Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Contoh Teks Deskripsi tentang Alam 3 Paragraf (Bali)

Berikut contoh teks deskripsi tentang alam yang kami lengkapi dengan rincian masing-masing struktur teks sehingga memudahkan kalian dalam memahaminya:

Deskripsi Umum
Bali merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang menjadi destinasi wisata global. Popularitasnya yang mendunia tak terlepas dari keindahan alamnya yang begitu luar biasa, karena itu ia sering dijuluki sebagai pulau surga.

Deskripsi Bagian
Sebagian besar keindahan alam yang ditawarkan oleh Bali ialah keindahan pantai atau lautnya. Misalnya di Bali Selatan terkenal akan ombaknya yang besar sehingga cocok untuk surfing, sementara Bali Timur merupakan spot terbaik untuk menikmati sunrise dengan ciri khas berupa pasirnya yang putih dan halus.

Penutup
Keindahan alam di Bali terutama pantainya menjadi salah satu daya tarik wisatawan dari seluruh dunia. Dengan menawarkan keunikannya masing-masing, tiap pantai yang ada di Bali menjadi bukti dari keindahan Bali yang membentang mengelilingi seluruh pulaunya.

Contoh Teks Deskripsi tentang Alam 4 Paragraf (Pelangi)

Deskripsi Umum:
Pelangi merupakan salah satu fenomena alam yang terjadi di hampir seluruh dunia. Dengan warna-warninya yang indah, tentu membuat siapa pun terpesona saat melihatnya.


Deskripsi Bagian:
Penyebab terjadinya pelangi ialah karena terjadinya proses difraksi, refleksi, serta refraksi cahaya dalam tetesan air. Hal inilah yang menjadikan munculnya spektrum cahaya berwarna warni yang bisa kita lihat di langit.

Pada dasarnya, pelangi memiliki spektrum warna yang berkelanjutan. Namun, untuk warna yang dapat dilihat manusia ada tujuh warna yakni merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

Kesimpulan:
Pelangi umumnya terbentuk saat kondisi udara jenuh dengan air serta terdapat pancaran matahari yang terik dan cerah. Umumnya, terjadi saat terdapat gerimis, hujan, kabut, dan embun.

Apa Perbedaan Teks Deskripsi dengan Teks Laporan?

Teks Deskripsi bersifat unik dan individual,
Menitikberatkan pada uraian bentuk, ciri-ciri dan keadaan tempat dan waktu,
Berkaitan dengan hubungan antara keseluruhan dan bagian-bagiannya
Teks Laporan bersifat global dan universal,
Lebih menekankan pada pengelompokkan,
Berkaitan dengan hubungan berjenjang antara sebuah kelas dan juga sub-sub kelas,
Berisi penjabaran umum atau melaporkan sesuatu berupa hasil observasi

Editor Choices :

—-
Nah itulah rincian informasi yang dapat kami berikan seputar contoh teks deskripsi tentang alam yang bisa kalian manfaatkan sebagai media pelengkap pembelajaran. Semoga bermanfaat!

Komentar / Pertanyaan