8 Cara Menentukan Target Pasar dan Manfaatnya dalam Bisnis

Semua bisnis pasti memerlukan sistem pemasaran yang tepat. Agar bisnis bisa memiliki sistem pemasaran yang tepat maka Anda harus mengetahui bagaimana cara menentukan target pasar yang tepat. Bagaimana caranya? Yuk simak pembahasannya berikut ini.

Cara Menentukan Target Pasar dalam Bisnis dengan Tepat

Target pasar adalah sekumpulan orang yang menjadi sasaran dari bisnis atau penjualan produk Anda. Singkatnya, mereka adalah para calon pembeli yang potensial dalam bisnis Anda yang harus mendapatkan informasi dan promosi terkait produk bisnis Anda dengan tepat.

Agar supaya mereka bisa membeli produk Anda maka Anda harus membuat langkah promosi yang bagus untuk bisa menjangkau kebutuhan mereka dengan baik.

Editor Choices :
Cara Menentukan Target Pasar dan Manfaatnya dalam Bisnis
Cara Menentukan Target Pasar

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menentukan target pasar dalam bisnis dengan tepat dan benar.

1. Cermati persaingan bisnis

Sponsored Link

Cara yang pertama adalah dengan mencermati persaingan atau pesaing dalam bisnis Anda. Hal itu secara tidak langsung akan membantu Anda untuk menemukan siapa saja target pasar yang potensial dalam bisnis tersebut.

2. Jalin komunikasi yang baik dengan pelanggan

Sudah memiliki pelanggan tetap? Usahakan untuk menjalin komunikasi yang baik dengan mereka untuk bisa mengenal lebih dekat siapa saja target pasar yang tepat dalam bisnis Anda.

3. Mulai dengan membuat asumsi dalam tahap perencanaan produk

Jika Anda masih dalam tahap rencana untuk membuat produk bisnis, sebaiknya posisikan diri Anda sebagai konsumen. Perkirakan kebutuhan masyarakat akan produk tersebut dan siapa saja yang menjadi target pasar paling berpeluang besar dalam masyarakat.


4. Ketahui apa yang banyak dicari masyarakat masa kini melalui layanan mesin pengolah data

Anda juga bisa menggunakan layanan Google Trend untuk mengetahui apa yang paling banyak dicari oleh mesin pencari di internet. Saat ini banyak masyarakat yang melakukan pencarian produk melalui online untuk kepraktisan dan efisiensi waktu serta tenaga.

5. Ketahui detail calon konsumen

Anda bisa mengetahui detail informasi tentang calon konsumen dengan cara menggambarkan calon konsumen dalam bisnis berdasarkan demografi, ciri fisik, jenis kelamin, gaya hidup, usia dan lain sebagainya

Misalnya secara geografi maka target market ditentukan berdasarkan wilayah atau lokasi. Jika ditentukan secara demografi maka target market ditentukan berdasarkan usia, ciri fisik dan jenis kelamin. Kemudian jika secara psikologi maka ditentukan berdasarkan kepribadian, gaya hidup dan kelas ekonominya.


6. Dapatkan calon konsumen yang jauh lebih unik dan potensial

Menentukan target pasar yang tepat akan memiliki kegunaan yaitu Anda bisa mendapatkan calon konsumen yang lebih menarik dan unik ketimbang konsumen bisnis lainnya.

7. Berikan produk bisnis Anda posisi yang menguntungkan

Menentukan target pasar juga bisa dilakukan dengan memberikan produk Anda posisi yang akan diingat dan dikenal masyarakat. Langkah brand positioning menjadi penting dalam sistem pemasaran bisnis.

Cara Menentukan Target Pasar dan Manfaatnya dalam Bisnis
Cara Menentukan Target Pasar dan Manfaatnya dalam Bisnis

8. Jelaskan keunggulan yang dimiliki produk bisnis Anda


Kemudian cara yang terakhir adalah dengan berusaha mengetahui keunggulan produk dalam bisnis Anda kemudian cari tahu konsumen potensial yang memang mencari keunggulan tersebut.

Adapun faktor penentu dari target pasar dalam bisnis Anda ada beberapa jenis. Diantaranya adalah ;

  • Lokasi bisnis yang menjadi ciri khas

Seperti misalnya produk Getuk Goreng Bu Trimo Khas Sokaraja Banyumas. Produk ini dikenal merupakan oleh-oleh makanan khas dari Banyumas.

  • Latar belakang target pasar

Apa saja latar belakang yang dimiliki target pasar. Seperti untuk bisnis produk spare part komputer, tentu memiliki target pasar dari kalangan pengguna komputer dan teknisi komputer.

  • Perilaku dan kebiasaan dari calon target pasar untuk posting iklan atau promosi di waktu yang tepat

Seperti yang diketahui, untuk promosi di media sosial tentu harus memilih waktu yang tepat. Jika produk bisnis Anda adalah kosmetik maka target pasar paling potensial adalah para wanita yang terdiri dari wanita karir dan ibu rumah tangga. Sebaiknya posting iklan di waktu mereka istirahat seperti misalnya di waktu jam 9 pagi atau saat menjelang sore hari.

  • Tingkat daya beli konsumen

Ketahui tingkat daya beli konsumen. Misalnya untuk produk skin care yang tentunya merupakan produk habis pakai. Pastikan target pasar memesan pada Anda lagi untuk kebutuhan berikutnya.

Cara Menentukan Target Pasar dan Manfaatnya dalam Bisnis
Cara Menentukan Target Pasar

Pentingnya Menentukan Target Pasar dengan Benar

Nah setelah mengetahui apa saja langkah atau cara untuk menentukan target pasar dengan tepat selanjutnya adalah mengetahui seberapa penting proses tersebut untuk kesuksesan bisnis.

  1. Bahwa bisa menentukan target pasar dengan tepat bisa membantu meningkatkan penjualan dalam bisnis
  2. Alasan berikutnya adalah bahwa Anda bisa mengetahui berapa anggaran yang dibutuhkan dalam bisnis
  3. Menentukan target pasar juga akan memberikan kemudahan untuk membuat promosi bisnis yang tepat dan menemukan ide yang bagus untuk pemasaran
  4. Bisa menentukan target pasar dengan tepat juga bisa membantu Anda dalam menghadapi persaingan bisnis dengan bijaksana
  5. Selain itu Anda selaku pemilik bisnis akan mampu membangun komunikasi yang baik dengan target bisnis
  6. Menentukan target pasar juga akan membuat produk bisnis Anda jauh lebih menarik dan lebih baik sesuai kebutuhan masyarakat
  7. Anda juga bisa mengisi peluang pasar yang lebih tepat untuk meraih bisnis yang sukses

Sebutkn contoh menentukan target pasar ?

Contoh pertama, misal anda memiliki produk skincare pemutih wajah branded. Dengan rentang harga eksklusif, perlu daya beli yang mumpuni. Maka sebaiknya anda memprioritaskan kalangan ibu rumah tangga atau wanita karier sebagai target market.
Akan jadi blunder bila menargetkan siswi SMA kaena sumber income mereka masih dari orang tua. Strategi pemasaran bisa dimulai dari Instagram Ads atau promo di group FB women stuff semisal Group memasak, parenting, dsb

Contoh kedua, misal anda memiliki jasa desain logo. Jenis jasa ini relatif lebih sempit dan tidak semua orang membutuhkannya. Perlu kehati-hatian menentukan target pasar agar bisa survive dan profit.

Dari semua kalangan, besar kemungkinan jasa ini agar banyak yang order dari Entreprenuer atau Pelaku usaha StartUp yang butuh logo sebagai interpretasi brand usaha mereka. Hampir 99% pelaku bisnis pasti butuh logo untuk scaleup bisnis dan meningkatkan user awarennes. Saya rasa hanya sektor informal saja yang tidak urgent membutuhan logo.

Itulah beberapa cara menentukan target pasar yang tepat dalam bisnis agar supaya bisa mendapatkan kesuksesan dan kelancaran dalam bisnis. Proses menentukan target pasar setiap bisnis pastinya berbeda, hal itu disesuaikan dengan kapasitas kemampuan yang dimiliki setiap pebisnis yang ada. Selamat berbisnis.


Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Twitter Pinterest Facebook WhatsApp

Komentar / Pertanyaan