Acara Wisuda Berapa Lama? Ketahui 5 Tips Penting Berikut Ini

Salah satu momen penting yang banyak dinanti oleh para mahasiswa di universitas yakni acara wisuda. Bisa dikatakan, bahwa wisuda ini menjadi momen kemenangan bagi para mahasiswa setelah menempuh pendidikan di universitas tempat mereka memperoleh ilmu dalam periode waktu tertentu.

Namun yang menjadi pertanyaan disini adalah, tahukah kamu seluk beluk acara wisuda, baik itu dari informasi mengenai acara wisuda berapa lama, susunan acara sampai dengan tips persiapan yang perlu dilakukan?

Jika kamu belum tahu dan ingin tahu sebagai persiapan dalam menghadapi acara wisuda nanti, maka bisa simak ulasan lengkapnya di artikel berikut ini.  

Acara Wisuda Berapa Lama

Apa makna acara wisuda?

Wisuda merupakan salah satu kegiatan wajib dan sakral yang mana menjadi kenangan seumur hidup bagi mahasiswa pada suatu tingkatan strata pendidikan tinggi. Walaupun orang lain mengetahui kita lulus dari kampus melalui ijazah, akan tetapi kenangan ketika wisuda menjadi acuan bahwa kita pernah menjadi mahasiswa.

Bukan hanya itu saja, wisuda yang digelar oleh pihak kampus juga biasanya akan menjadi arti tersendiri bagi semua orang termasuk dalam prosesi senat, pelantikan dan juga pengambilan sumpah.

Lalu, apa sebenarnya makna dari acara wisuda itu sendiri? Umumnya, acara wisuda memiliki beberapa makna penting di antaranya yakni sebagai berikut :

  • Sebagai bukti bahwa seseorang telah melakukan studi dan kuliah di perguruan tinggi, tempat mereka menimba ilmu dalam jangka waktu tertentu.
  • Merupakan acara formal / resmi bagi para lulusan mahasiswa sekaligus civitas akademika pamit kepada sejumlah pihak kampus. Baik itu dosen, tenaga kependidikan, rekan dan pimpinan di kampusnya.
  • Sebagai momen dimana pihak dosen dan civitas kampus mengembalikan mahasiswa kepada orang tua mahasiswa usai memberikan pembinaan di perguruan tinggi tersebut.
  • Menjadi gerbang awal bagi para lulusan mahasiswa untuk memasuki kehidupan non kampus.
  • Sebagai bentuk dukungan dosen dan civitas akademika kepada lulusan mahasiswa untuk dapat mengembangkan diri di masa depan. 
  • Merupakan ajang silaturahmi dalam mempererat persaudaraan antara sesama.
  • Menjadi momen kebahagiaan bagi civitas akademika, khususnya bagi para mahasiswa yang belum diwisuda sekaligus memberikan dukungan agar mereka dapat segera menyusul untuk lulus.

Berapa lama acara wisuda berlangsung?

Setelah tadi kita mengulas sedikit mengenai apa saja makna dari acara wisuda, kamu tentu penasaran mengenai penyelenggaran acara wisuda berapa lama, bukan?

Umumnya, prosesi berjalannya acara wisuda ini akan berlangsung selama kurang lebih 4 jam lamanya. Baik itu dari mulai acara pembukaan sampai dengan acara penutupan. Adapun lama atau tidaknya acara wisuda yang digelar ini juga sangat bergantung dengan susunan acara yang dilangsungkan. 

Susunan acara dalam wisuda

Seperti yang sudah dibahas di awal tadi, bahwa wisuda menjadi momen penting yang tak jarang bahkan dianggap cukup bersejarah bagi setiap mahasiswanya yang sudah selesai menyelesaikan studinya selama kuliah. Bahkan, tak jarang wisuda ini menjadi acara yang sangat dinantikan baik bagi mahasiswa yang bersangkutan maupun bagi keluarganya.

Dalam penyelenggaraan wisuda sendiri, biasanya terdapat susunan acara yang perlu diketahui bagi pihak pemandu acara dan para wisudawan beserta tamu undangan seperti halnya keluarga atau anggota keluarga wisudawan.


Umumnya, ada sederet susunan acara wisuda utama yang paling umum dijumpai di berbagai penyelenggaraan wisuda di berbagai universitas. Adapun beberapa susunan acara wisuda yang umum diselenggarakan di berbagai universitas antara lain sebagai berikut :

  • Acara pembukaan
  • Menyanyikan lagu nasional Indonesia Raya
  • Acara sambutan rektor dari pihak universitas yang bersangkutan
  • Acara hiburan khusus yang ditampilkan oleh mahasiswa junior
  • Prosesi wisuda bagi para wisudawan
  • Acara penutupan

Terkait acara wisuda ini, biasanya juga terdapat prosesi – prosesi yang perlu dijalankan dengan penuh kekhidmatan agar supaya suasana wisuda lebih terasa. Bukan hanya itu saja, biasanya juga ada banyak hiburan – hiburan yang diberikan bagi para wisudawan yang hadir. Yakni mulai dari sajian lagu unik sampai dengan pertunjukkan khusus yang menarik.

Apa saja hal yang perlu dipersiapkan dalam prosesi wisuda?

Tak sedikit bagi para mahasiswa di banyak univeritas yang bakal diwisuda, menginginkan agar proses wisuda dapat berjalan dengan lancar dan bisa tetap meninggalkan kesan yang mendalam. Bagi kamu yang menginginkan hal ini, maka perlu melakukan beberapa persiapan wisuda di antaranya yakni sebagai berikut :

  • Mempertimbangkan biaya secara matang

Pertama, kamu perlu mempertimbangkan biaya secara matang beberapa minggu sebelum acara wisuda berlangsung. Biaya yang dikeluarkan ini bisa berupa biaya wisuda dari universitas, penyewaan / pembelian toga, biaya menyewa baju sampai dengan biaya jasa make up yang akan kamu gunakan nantinya. 


  • Mencari tahu tempat parkir kendaraan

Mengingat saat acara wisuda nanti bakal ada ratusan sampai dengan ribuan keluarga wisuda lainnya yang akan memarkirkan kendaraannya, maka dari itu tidak ada salahnya kamu mencari info seputar tempat parkir kendaraan yang akan digunakan nantinya. Sehingga, kamu dan keluarga nantinya tidak akan pusing mencari tempat parkir kendaraan ketika acara wisuda berlangsung.

  • Berlatih untuk bersalaman ketika acara wisuda

Ada baiknya sebelum wisuda digelar, kamu perlu berlatih untuk bersalaman dan menerima ijazah dari rector. Ini penting dilakukan agar ketika hari H tiba, kamu tidak akan merasa tegang lagi. Dalam hal ini, kamu juga perlu berlatih berjalan dan tersenyum tipis ketika merima ijazah saat wisuda.

  • Memeriksa agenda upacara wisuda

Penting bagi kamu untuk memeriksa agenda upacara wisuda dengan baik agar terhindar dari datang terlambat di hari H wisuda. Disini, kamu perlu tahu mengenai jam berapa wisudawan bisa masuk ke gedung wisuda, jam berapa keluarga bisa masuk ke gedung wisuda dan jam berapa acara wisuda dimulai.

  • Mempersiapkan segala kebutuhan menjelang hari H wisuda

Sebelum hari H wisuda digelar, kamu juga perlu mempersiapkan segala kebutuhan dengan sebaik dan selengkap mungkin. Di antaranya yakni toga dan gaun wisuda, pakaian yang tepat, undangan wisuda untuk kamu dan keluarga serta peta dan jadwal acara. 

  • Menyiapkan perlengkapan lain yang mungkin diperlukan ketika wisuda

Selain menyiapkan barang – barang wajib ketika acara wisuda berlangsung, kamu juga perlu menyiapkan perlengkapan lain yang mungkin akan dibutuhkan. Seperti misalnya jepit rambut untuk menjepit toga, makanan & minuman, plester kaki dan kipas.

  • Membawa perangkat kamera

Mengingat wisuda menjadi momen paling berkesan yang tidak boleh terlewatkan, maka jangan lupa membawa perangkat kamera. Disini, kamu nantinya bisa mengambil banyak gambar momen wisuda, baik itu bersama keluarga, dosen pembimbing sampai dengan teman – teman kuliah.

  • Menggunakan pakaian yang nyaman

Hal terpenting yang perlu kamu persiapkan ketika akan menjalani prosesi wisuda yakni pastikan menggunakan pakaian yang nyaman. Ada baiknya kamu menggunakan baju yang menyerap keringat dan bahannya tidak membuat kamu gerah mengingat acara wisuda biasanya sering digelar di musim panas. Apalagi prosesi wisuda berlangsung selama beberapa jam ke depan.

  • Gunakan sepatu yang nyaman dipakai

Tidak hanya baju yang nyaman digunakan, kamu juga perlu mengenakan sepatu yang nyaman. Hal ini lantaran ketika acara wisuda nanti, kamu harus berdiri dan berjalan untuk waktu yang cukup lama.

Editor Choices :

— — —
Jadi, itulah tadi informasi penting yang bisa kamu ketahui mengenai seluk beluk wisuda baik itu dari mulai prosesi acara wisuda berapa lama, susunan acara yang diselenggarakan sampai dengan tips mempersiapkan acara wisuda.

Komentar / Pertanyaan