Laptop yang Cocok untuk Mahasiswa Ekonomi Akuntansi Manajemen

Ini dia rekomendasi laptop yang cocok untuk mahasiswa ekonomi. Sebagai mahasiswa milenial masa kini, memiliki laptop adalah suatu hal yang efektif saat ini. Laptop merupakan kebutuhan primer bagi mahasiswa/i, artinya wajib dimiliki.

Sebab berbagai tugas memang mengharuskan mahasiswa untuk mengerjakan melalui laptop. Akan sangat merepotkan tentunya jika sampai tidak memiliki laptop/notebook, karena harus bolak balik ke rental komputer yang bisa lebih boros biaya dan waktu.

Beruntung saat ini sudah ada banyak sekali varian laptop dengan harga yang berbeda-beda pula. Untuk kebutuhan mahasiswa khususnya jurusan ekonomi, bisa menggunakan laptop dengan spesifikasi standar.

Laptop yang cocok untuk mahasiswa ekonomi akuntansi manajemen
Rekomendasi Laptop yang Cocok untuk Mahasiswa Ekonomi

Terutama HDD atau SSD yang besar, karena pastinya tugas-tugas kuliah membutuhkan penyimpanan file yang banyak. Contohnya saja video tutorial atau film yang juga bisa anda pakai untuk kebutuhan hiburan di sela-sela waktu supaya tidak stres.

Rekomendasi laptop-laptop berikut ini sangat cocok untuk anda yang memiliki budget minim karena harganya masih sangat terjangkau.

Rekomendasi Laptop yang Cocok
untuk Mahasiswa Ekonomi

1. Asus A409UJ BV351T

Rekomendasi pertama ada Asus A409UJ BV351T yang merupakan laptop dengan harga cukup terjangkau. Laptop dari Asus ini sudah menggunakan Core i3 7020U sebagai CPU nya yang memiliki dual core dan empat thread.

Laptop yang cocok untuk mahasiswa ekonomi akuntansi manajemen

Prosesor kencang dari Intel ini juga memiliki RAM 4GB yang sudah DDR4. Adapun ukuran RAM 4 GB saat ini memang sudah termasuk kecil untuk kebutuhan modern saat ini.

Tidak masalah jika yang anda gunakan hanya untuk mengetik saja atau menonton video. Namun jika laptop ini juga anda pakai untuk menjalankan aplikasi yang cukup memakan RAM maka bisa tambahkan kapasitasnya menjadi 8 GB.

Laptop Asus A409UJ BV351T ini masih mempunyai satu slot SODIMM kosong yang bisa anda isi dengan RAM 4 GB DDR4. Jadi dengan demikian total kapasitasnya menjadi 8 GB (4GB bawaan laptop dan 4GB anda tambahkan sendiri).

Keunggulan laptop ini juga terlihat pada memori penyimpanan yang sudah menggunakan SSD 512 GB. Dengan SSD, transfer-transfer data tentunya akan jauh lebih cepat ketimbang dengan laptop yang masih menggunakan HDD.


Saat sedang booting atau membuka aplikasi tertentu, laptop Asus ini bisa bekerja dengan sangat cepat berkat SSD yang dimilikinya.

Dan apabila sewaktu-waktu anda ingin menjalankan software aplikasi seperti photoshop atau Illustrator, maka laptop dari Asus ini tentu juga bisa menjalankannya.

Pada bagian GPU nya, Asus memberikan laptop nya ini dengan Nvidia MX230 yang bukan memiliki performa tinggi namun sudah bisa untuk editing ringan.

Dengan demikian jika anda sedang mengerjakan tugas seperti untuk keperluan presentasi, maka bisa membuat tambahan animasi menggunakan laptop ini.

2. ASUS E202SA-FD111D

Laptop seharga 6 jutaan untuk saat ini sebenarnya sudah termasuk murah sekali mengingat harga-harga terbarunya yang bisa mencapai puluhan juta.


Laptop yang cocok untuk mahasiswa ekonomi akuntansi manajemen
Rekomendasi Laptop yang Cocok untuk Mahasiswa Ekonomi

Namun jika harga 6 jutaan masih dirasa berat untuk anda beli, maka bisa gunakan laptop murah yang satu ini. ASUS E202SA-FD111D bisa anda dapatkan hanya dengan kisaran 3 jutaan rupiah saja.

Laptop yang cocok untuk mahasiswa ekonomi ini sudah memiliki storage yang cukup besar untuk menyimpan berbagai dokumen penting.

Kapasitas penyimpanan nya sebesar 500 GB, namun sayangnya belum menggunakan SSD melainkan masih menggunakan HDD yang kecepatan baca tulisnya masih lambat.

Prosesornya menggunakan Intel Celeron Dual Core dengan kapasitas RAM 2 GB saja. Sebuah kapasitas RAM yang kecil tentunya jika sistem operasi yang akan anda jalankan adalah windows 7, 10, atau yang terbaru kini windows 11.

Pada bagian layarnya memiliki ukuran 14 inci yang tidak terlalu besar, sehingga mudah untuk anda bawa pergi kemanapun anda butuhkan.

3. Asus VIVOBOOK A412FL

Jika punya budget lebih tinggi maka bisa pertimbangkan laptop yang bernama Asus VIVOBOOK A412FL. Laptop seharga tujuh jutaan rupiah ini sangat cocok untuk anda pakai sebagai mahasiswa jurusan ekonomi.

Laptop yang cocok untuk mahasiswa ekonomi akuntansi manajemen

Berbagai software aplikasi yang paling sering digunakan sudah pasti bisa berjalan dengan baik melalui laptop VivoBook ini. Sebut saja aplikasi microsoft office, atau web browser seperti Chrome atau firefox yang merupakan software aplikasi paling banyak digunakan oleh semua orang saat ini.

Asus VIVOBOOK A412FL memiliki spesifikasi yang tergolong sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan harian mahasiswa jurusan ekonomi.

Prosesor Asus VIVOBOOK A412FL menggunakan Intel Core i3 8145U yang sudah memiliki 2 core 4 thread dan TDP nya hanya 15 watt saja.

Secara default kapasitas RAM Asus VIVOBOOK A412FL hanya 4 GB saja, namun tidak usah khawatir karena masih bisa anda tambahkan satu keping RAM lagi.

Beruntung laptop seharga tujuh jutaan rupiah ini sudah langsung menggunakan SSD 512 GB. Jadi tidak perlu khawatir lagi jika anda butuh kapasitas storage yang besar untuk menyimpan berbagai tugas kuliah.


Pada bagian layarnya sendiri laptop Asus ini menggunakan resolusi yang sudah FullHD. Jadi bisa juga anda gunakan untuk kebutuhan aplikasi lain yang membutuhkan layar resolusi tinggi.

Untuk masalah grafik, Asus memberikan Nvidia Geforce MX250 yang siap merender berbagai aplikasi ringan hingga menengah. Keunggulan lain juga dapat terlihat pada desain laptop yang super keren.

Laptop Asus VIVOBOOK A412FL menggunakan warna grey, jadi bisa cocok untuk pengguna laki-laki atau perempuan.

4. ACER A514

Berikutnya ada laptop ACER A514 yang juga cocok anda gunakan untuk mengerjakan berbagai tugas kuliah. Tampilannya yang gelap hitam bisa menjadi daya tarik sendiri bagi anda yang suka dengan warna laptop seperti ACER A514 ini.

Laptop yang cocok untuk mahasiswa ekonomi akuntansi manajemen
Rekomendasi Laptop yang Cocok untuk Mahasiswa Ekonomi

Bagian layarnya memiliki resolusi HD dengan bezel yang sudah agak tipis. Untuk dapur pacunya sendiri, ACER A514 menggunakan CPU core i3 7020U dengan clock speed 2,3 Ghz.

Kapasitas RAM nya secara default masih 4GB namun bisa anda tambahkan lagi karena laptop ACER A514 ini memiliki slot sodimm tambahan.

Sangat beruntung tentunya ukuran Storage laptop ini sudah langsung menggunakan 1 TB HDD. Dan jika anda masih belum puas maka bisa menggantinya sendiri dengan SSD 2,5 inch agar proses booting dan transfer data bisa lebih cepat lagi.

ACER A514 bisa anda beli dikisaran harga 6 jutaan rupiah saja yang kini sangat mudah di temukan baik melalui toko offline atau toko online.

5. Acer Aspire E5 476G

Masih dari laptop Acer, kali ini dengan seri lain yang lebih menarik lagi. Acer Aspire E5 476G hadir sebagai laptop yang cocok untuk kalangan mahasiswa dengan budget minim.

Laptop yang cocok untuk mahasiswa ekonomi akuntansi manajemen

Harganya hanya dikisaran 6,3 jutaan rupiah saja yang tentunya sudah memiliki spesifikasi mumpuni untuk mahasiswa jurusan ekonomi.

Prosesor nya menggunakan Core i3 8130U dengan clock speed standard 2,2 GHz, namun pada mode turbo akan meningkat menjadi 3,4 GHz.

Salah satu kelebihan laptop Acer Aspire E5 476G ini yaitu memiliki dua slot RAM yang salah satunya sudah terisi 4 GB. Jadi anda bisa menggantinya atau menambahkan RAM agar kapasitas RAM nya jauh lebih besar lagi.

Editor Choices :

Untuk mengerjakan tugas dan memutar video HD, Acer Aspire E5 476G menggunakan VGA MX150 yang sanggup menangani grafik ringan hingga menengah.

Komentar / Pertanyaan