Rekomendasi 4 Laptop untuk Mahasiswa Teknik Informatika Terbaik

Rekomendasi Laptop untuk mahasiswa teknik informatika yang bagus. Bagi anda yang sedang menyelesaikan perguruan tinggi jurusan TI pastinya akan butuh laptop dengan spesifikasi yang mumpuni.

Saat ini sudah ada banyak pilihan laptop yang siap anda pakai untuk menjalankan berbagai aplikasi berat seperti blender, maya, unreal engine dan lainnya.

Membeli laptop saat ini memang sangat disarankan untuk tidak memilih spesifikasi yang terlalu minim. Sebab nantinya bisa menjadi gangguan yang menyebabkan software tidak bisa berjalan dengan baik.

Laptop untuk mahasiswa teknik informatika

Untuk memilih laptop terbaik yang sudah bisa menjalankan berbagai tugas ringan hingga berat memang membutuhkan seleksi khusus.

Terutama pada bagian prosesor, VGA card dan tentunya kapasitas RAM yang mencukupi. Tak lupa juga storage yang tidak hanya besar kapasitas saja tetapi juga harus memiliki kecepatan transfer yang tinggi.

Buat anda mahasiswa teknik informatika yang ingin beli laptop baru, bisa pertimbangkan beberapa laptop pilihan terbaik berikut ini.

Rekomendasi Laptop untuk mahasiswa teknik informatika

1. Lenovo Legion 5 pro

Buat anda yang punya budget tinggi bisa langsung melirik laptop dari lenovo yang memiliki spesifikasi monster. Laptop yang bernama Lenovo Legion 5 pro ini memang telah mendapat julukan laptop monster karena kinerjanya yang sangat mengagumkan.

Laptop untuk mahasiswa teknik informatika
Laptop untuk mahasiswa teknik informatika

Tidak hanya tugas kuliah saja, apabila anda ingin menggunakannya untuk kebutuhan gaming atau video editing maka laptop ini mampu menjalankannya dengan sangat cepat.

Lenovo Legion 5 pro hadir dengan menggunakan prosesor high end yaitu AMD Ryzen 7 5800H. Sebuah prosesor kelas atas andalan AMD saat ini yang sudah mampu menjalankan berbagai aplikasi berat.

Prosesor kencang dari AMD ini sudah memiliki 8 core 16 thread yang berpasangan dengan RAM 32 GB DDR4 dan tentunya sudah langsung dual channel.


Dengan kapasitas RAM yang besar serta prosesor yang memiliki banyak core tentunya laptop buatan lenovo ini sudah sangat mudah sekali menjalankan berbagai aplikasi yang ada saat ini.

Sebagai laptop high end, Lenovo Legion 5 pro tentunya menggunakan storage yang bukan HDD lagi. Laptop ini menggunakan SSD m.2 yang memiliki kecepatan baca tulis super cepat, melebihi kecepatan SSD tipe sata.

Dan yang menjadi daya tarik utama dari laptop Lenovo Legion 5 pro ini sudah tentu graphic cardnya yang menggunakan RTX 3070. Sebagai tambahan informasi saja bahwa RTX 3070 adalah grafik card kelas atas saat ini yang memiliki vRam 8GB GDDR6. 

Apabila anda punya tugas untuk editing video dan butuh render durasi video yang panjang maka RTX 3070 ini dapat menyelesaikannya secara cepat.

Selain bisa untuk menyelesaikan tugas kuliah, anda bisa memanfaatkan laptop ini untuk kebutuhan gaming AAA. Satu unit laptop Lenovo Legion 5 pro dibanderol dengan harga 30 jutaan rupiah.


Memang bukan laptop yang murah, namun sangat powerfull untuk anda yang butuh menjalankan software aplikasi berat dalam pekerjaan sehari-harinya.

2. ASUS X550VX

Jika harga Lenovo Legion 5 pro terasa terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan budget anda maka bisa pertimbangkan laptop ASUS X550VX. Laptop seharga 10 jutaan rupiah ini bisa menjadi alternatif bagi anda mahasiswa teknik informatika yang butuh menjalankan aplikasi berat.

Laptop untuk mahasiswa teknik informatika
Laptop untuk mahasiswa teknik informatika

Prosesor yang digunakan sudah menggunakan Intel Core i7-6700HQ dengan vga laptop yang memakai NVIDIA GeForce GTX950M. Kapasitas bawaan Asus sudah terisi 8 GB dan storage sebesar 1 TB yang masih HDD.

Laptop yang sudah termasuk powerfull ini bisa anda gunakan untuk menjalankan aplikasi editing seperti blender, 3dsMax, atau software berat lainnya untuk keperluan modeling.

Dan tentu saja karena sudah memiliki spesifikasi yang cukup tinggi maka anda juga bisa menggunakannya untuk kebutuhan laptop gaming.

3. DELL INSPIRON 13-5368

Dengan tampilan desain yang sangat menarik, laptop dari dell ini sangat cocok untuk anda yang sedang menjalankan studi jurusan TI.

Laptop untuk mahasiswa teknik informatika
Laptop untuk mahasiswa teknik informatika

Harganya hanya berkisar 9 jutaan rupiah saja yang cocok untuk mengerjakan berbagai tugas seperti membuat skripsi, browsing, atau untuk mengerjakan tugas lainnya.

DELL INSPIRON 13-5368 menggunakan prosesor Intel Core i3-6100U dengan base clock 2,3 GHz. Namun dapat meningkat clock speednya pada mode turbo menjadi 2,8 GHz.

Keunggulan juga terlihat pada layarnya yang berukuran 13.3 inch FHD dan sudah mendukung fitur touchscreen. Namun sayangnya laptop dengan desain menarik ini masih menggunakan kapasitas RAM 4GB saja serta storage 500 GB yang masih HDD.

4. Asus Zenbook 14 UX425EA

Ingin membeli laptop dengan prosesor keluaran terbaru saat ini ? Jika iya maka anda bisa pertimbangkan laptop Asus Zenbook 14 UX425EA yang sudah menggunakan Intel Core i5 generasi 11.


Laptop untuk mahasiswa teknik informatika
Laptop untuk mahasiswa teknik informatika

Prosesor dengan code name Tiger lake ini tentunya memiliki kinerja yang lebih cepat lagi dari generasi i5 sebelumnya. Dan intel core i5 generasi 11 ini juga sudah lebih hemat daya yang menggunakan TDP hanya 28 watt saja.

Kapasitas RAM nya sebesar 8 GB DDR4 dual channel yang bukan termasuk besar, namun setidaknya sudah sangat cukup bagi pengguna mahasiswa teknik informatika saat ini.

Asus Zenbook 14 UX425EA juga sudah menggunakan SSD m.2 512 GB yang memiliki kecepatan transfer data lebih tinggi dari SSD biasa yang masih menggunakan jalur sata.

Dan untuk memenuhi kebutuhan grafik 3D, Asus Zenbook 14 UX425EA menggunakan vga card Intel Iris Xe graphics. Laptop dari asus ini sangat cocok untuk anda yang sering menjalankan software seperti premiere pro, photoshop, illustrator dan software grafik lainnya.

Editor Choices :

Dari segi desain dan tampilan, laptop Asus Zenbook ini menggunakan material Aluminium yang terlihat kokoh serta sudah tahan dengan cipratan air. Laptop Asus Zenbook 14 UX425EA ini bisa anda beli dengan kisaran harga 14,7 jutaan rupiah saja.

Komentar / Pertanyaan