Apakah Jurusan Sistem Informasi Sulit? Ketahui 4 Faktanya

Apakah Anda memiliki rencana atau niatan untuk mengambil jurusan sistem informasi dalam melanjutkan jenjang pendidikan sarjanan di sebuah perguruan tinggi tertentu?

Apabila iya, pastinya butuh informasi lebih dalam seputar jurusan yang akan diambil tersebut, bukan? Sebab dengan kita tahu jurusan kuliah yang akan diambil, maka akan lebih memudahkan dalam menjalani proses menempuh jenjang pendidikan tersebut nantinya. bahkan, tidak sedikit orang yang sering kali bertanya mengenai apakah jurusan sistem informasi sulit atau tidak.

Untuk menjawab rasa penasaran Anda mengenai jurusan sistem informasi ini, maka bisa simak ulasan lebih lengkapnya di artikel berikut.

apakah jurusan sistem informasi sulit
apakah jurusan sistem informasi sulit?

Apa saja syarat masuk jurusan sistem informasi?

Perlu Anda ketahui, bahwa jurusan sistem informasi diklaim sebagai salah satu jurusan yang banyak dicari oleh perusahaan. sebab tak sedikit perusahaan – perusahaan yang membutuhkan orang – orang lulusan sistem informasi yang memiliki skill bagus dalam bidang komputer. Baik itu seperti seorang programmer untuk perusahaan ataupun IT manager.

Jurusan sistem informasi sendiri merupakan suatu bidang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara membuat serta mengoperasikan perangkat lunak dan perangkt kerasa agar dapat berinteraksi dengan data. Di dalam jurusan ini juga sudah mencakup mengenai pengumpulan, penyaringan serta pendistribusian data.

Seorang yang mengambil jurusan ini nantinya tidak hanya belajar mengenai ilmu komputer saja, akan tetapi juga mengenai bisnis dan ekonomi manajemen. Sehingga bisa dikatakan jika jurusan sistem informasi ini cukup seru dan menarik bagi orang yang memang memiliki ketertarikan pada bidang tersebut.

Lebih lanjut jika kita berbicara soal syarat masuk jurusan sistem informasi sendiri, Anda perlu memiliki modal dasar terlebih dahulu. Adapun syarat / modal dasar untuk masuk ke jurusan sistem informasi di antaranya yakni sebagai berikut :

Belajar sistem coding

Sebelum masuk ke jurusan sistem informasi, Anda perlu memiliki sedikit kemampuan tentang sistem coding. Hal ini lantaran nantinya akann banyak sekali tugas dan kegiatan perkuliahan yang berhubungan erat dengan kemampuan coding. Apabila tidak dimulai dari sekarang, maka Anda akan keteteran dalam mempelajari mata kuliah ini nantinya.

Memiliki skill Matematika

Bagi Anda yang gemar dengan pelajaran Matematika, maka bisa menjadi modal awal untuk masuk ke jurusan sistem informasi ini. Dikarenakan menurut informasi yang beredar, ilmu Matematika ini sangat berkaitan erat dengan jurusan sistem informasi. Apalagi nantinya mahasiswa akan dituntut menghadpi pelajaran statistik, aljabar, kalkulus serta matematik diskret. Sehingga hal inilah yang akan membutuhkan persiapan matang, khususnya bagi pelajar yang memang bukan berasal dari jurusan IPA.

Punya karakter kepemimpinan

Pada saat Anda berada di perguruan tinggi, maka nantinya akan bertemu dengan orang – orang baru. Mereka tentu memiliki karakter dan sifat yang berbeda – beda. Bahkan bukan tidak mungkin Anda dan mereka akan berselisih paham karena masalah sepele. Sehingga diperlukannya latihan kepemimpinan dalam diri sendiri agar dapat mengatasi perselisihan tersebut nantinya.


Belajar bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman menjadi salah satu mata kuliah yang akan dipelajari dalam jurusan sistem informasi. Agar lebih cepat dalam beradaptasi dengan mata kuliah ini, maka pastikan Anda mempelajarinya sebelum masuk kuliah. Sebagai rekomendasi pembelajarannya, Anda bisa memperdalam dasar pemrograman di lembaga kursus atau dengan membaca buku – buku mendukung. Minimal disini Anda mempelajari istilah – istilah penting pada bahasa pemrograman dan jenis – jenisnya.

Dapat mengasah logika

Dalam bidang komputer, logika memiliki peranan penting lantaran sebagai dasar pemahaman ilmu pemrograman, kecerdasan buatan dan struktur data. Selain itu, logika juga sering kali digunakan dalam pembelajaran sistem digital, teori komputasi, rekayasa perangkat lunak dan basis data. Maka pastikan Anda dapat mengasah logika sebelum mengambil jurusan sistem informasi yang satu ini.

Mempersiapkan perangkat laptop dan perangkat pendukung lainnya

Syarat penting yang perlu Anda lakukan ketika akan mengambil jurusan sistem informasi tentu saja perlu memiliki perangkat laptop dan perangkat pendukung lainnya. Dikarenakan jurusan ini erat kaitannya dengan mata kuliah berbasis IT. Demi menunjang proses belajar sistem informasi, pastikan Anda sudah memiliki perangkat pendukung yang diperlukan ini.

contoh

Apakah jurusan sistem informasi banyak hitungan?

Bagi Anda yang bertanya mengenai apakah jurusan sistem informasi banyak hitungan, maka jawabanya tidak. Alasannya yakni karena meskipun di jurusan sistem informasi ini setiap mahasiswanya perlu memiliki skill atau kemampuan ilmu Matematika yang baik, akan tetapi materi kuliah yang diberikan tidak hanya menyangkut soal hitung – hitungan saja.

Hal ini bisa Anda lihat dimana mahasiswa yang mengambil jurusan sistem informasi ini nantinya tidak hanya akan belajar hitung – hitungan saja, akan tetapi juga belajar mengenai pemrograman, algoritma basis data dan juga logika.


Bahkan selain belajar coding seperti yang dijelaskan di pembahasan syarat masuk jurusan sistem informasi, mahasiswa juga akan mempelajari mengenai pengembangan sistem (rekayasa, perangkat lunak), pengujian perangkat lunak, interaksi manusia dan komputer dan lain – lain.

Sehingga bisa dikatakan, bahwa jurusan sistem informasi ini merupakan jurusan paling sosial jika dibandingkan dengan jurusan seperti teknik informatika atau ilmu komputer. Terlebih jurusan ini juga sangat bergantung penjurusan atau spesifikasi prodi / universitas. Yang mana hal ini akan menjadikan mahasiswa bisa saja belajar tentang akuntansi, bisnis, wirausaha, pemasaran dan lain – lain.

kuliah jurusan terbaik

Lebih sulit sistem informasi atau teknik informatika?

Jika ada pertanyaan mengenai mana kira – kira jurusan sistem informasi atau jurusan teknik informatika, maka jawabannya tergantung dari mahasiswa yang menjalaninya. Sebab, setiap jurusan umumnya memiliki tingkat kesulitan tersendiri yang mana tidak bisa disamaratakan satu sama lain.

Sebagai contoh ketika Anda bertanya kepada dua mahasiswa yang masing – masing memiliki jurusan sistem informasi dan teknik informatika, bukan tidak mungkin mereka akan membanggakan jurusan yang dipilihnya saat ini.

Agar supaya Anda tidak bingung dalam memilih jurusan antara dua pilihan yakni sistem informasi ataupun teknik informatika, maka bisa simak tips penting di bawah ini sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan pilihan jurusan kuliah yang tepat.

  • Jika lebih senang dengan pemrograman dan pengembangan dari software & aplikasi, sebaiknya memilih jurusan teknik informatika.
  • Sementara jika Anda lebih tertarik dengan ilmu manajemen dan proses bisnis yang kemudian diaplikasikan ke dalam sebuah sistem, maka ada baiknya memiliki jurusan sistem informasi.
  • Selanjutnya, apabila memiliki cita – cita sebagai seorang programmer, maka bisa memiliki jurusan teknik informatika dibandingkan sistem informasi.
  • Adapun jika Anda memiliki skill atau kemampuan pemahaman dan juga analisis yang lebih baik, maka sebaiknya mengambil jurusan sistem informasi. Dikarenakan, jurusan sistem informasi ini sangat era kaitannya dengan fungsi manajemen dan juga fungsi penyampaian informasi.

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Sistem Informasi?

Setiap kampus memiliki kurikulum yang berbeda. Secara garis besar semester 1 dan 2 di isi mata kuliah dasar seperti Matematika, Bahasa Inggris, Algoritma Pemograman, Fisika, Matematiak Diskrit, Konsep SI dsb.

Apa Bedanya SI dengan Jurusan TI ?

Untuk jurusan Sistem Informasi para mahasiswanya diajarkan fundamental dari proses bisnis, perancangan sistem, basis data, statistik, dan lainya.
Untuk jurusan Teknik Informatika para mahasiswanya diajarkan fundamental dari programming, algoritma, networking, security, dan lainya.

Kesimpulannya, Apakah Jurusan Sistem Informasi Sulit?

Petanyaan ini sangat tergantung dan kondisional:
1. Jika kamu dari SMA, maka perlu menambah jam belajar lagi. Jika dari SMK kamu hanya perlu refresh di semester awal.
2. Tergantung mental. Pada awal perkuliahan akan banyak dijumpat teman yang sama-sama Maba tapi skill nya udah advance. jangan Minder. Tanamkan mindset dikepala “Jika dia bisa aku Juga harus bisa!”
3. Tidak ada mata kuliah yang sulit. Yang ada hanya kecepatan kita untuk memahami materi pelajaran yang berbeda-beda.
4. Fun Fact: pasti ada 1orang wibu di tiap kelas. Yang hobi anime manga dan semua hal ttg jepang.

Editor Choices :

Dari fakta dan informasi mengenai apakah jurusan sistem informasi sulit atau tidak, Anda tentunya sudah memiliki jawaban tersendiri, bukan? Yang terpenting disini adalah, pastikan mempertimbangkan baik – baik sebelum mengambil jurusan kuliah tersebut sebagai pegangan awal dalam memulai karir yang baik di masa depan nanti.

Komentar / Pertanyaan