6 Cara Cek Laptop Bekas Sebelum Membeli (Smart Buyer)

Cara cek laptop bekas sebelum membeli agar bisa menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. Membeli laptop bekas memang bisa menjadi alternatif pilihan terbaik untuk anda yang memiliki budget minim.

Sebab harga laptop bekas sudah tentu lebih murah dari harga barunya. Dan bukan hanya itu saja, beberapa orang menjual laptopnya karena sudah ingin membeli laptop yang lebih baru lagi.

Bahkan beberapa di antaranya masih bergaransi resmi, jadi tidak heran jika membeli laptop bekas memang mempunyai daya tarik sendiri bagi sebagian orang. Namun tentu saja tidak semua laptop bekas yang dijual itu bagus. Bisa saja laptop bekas yang dijual sudah dalam kondisi yang tidak baik.

Cara Cek Laptop Bekas Sebelum Membeli
Cara Cek Laptop Bekas Sebelum Membeli

Maka dari itu perlu ketelitian khusus bagi anda yang ingin mendapatkan laptop bekas tetapi dalam kondisi masih bagus. Nah, buat anda yang ingin membeli laptop bekas maka sebaiknya harus memperhatikan beberapa hal penting berikut ini.

Tips cara cek laptop bekas sebelum membeli

1. Bertanya ke penjual langsung

Cara cek laptop bekas yang paling praktis dan mudah yaitu bertanya langsung kepada orang yang menjualnya. Tanyakan apakah laptop bekas yang ingin anda beli masih dalam kondisi baik atau justru sudah rusak ?

Sebab memang ada yang menjual laptop bekas dalam kondisi sudah rusak. Laptop dengan kondisi seperti ini biasanya dicari oleh teknisi untuk keperluan kanibal sparepart tertentu.

Harganya tentu juga sangat murah sekali dari harga barunya. Dalam pembahasan kali ini lebih ditujukan untuk pengguna awam yang ingin membeli laptop bekas.

Jadi sebaiknya anda bisa mendapatkan jawaban pasti dari pihak seller mengenai kondisi laptop bekas yang akan anda beli tersebut.

Dan jika si penjual mengaku laptop tidak ada kondisi minus sama sekali maka sebaiknya jangan mudah percaya begitu saja. Anda masih harus melakukan sejumlah pengecekan lagi agar laptop yang anda beli memang benar-benar sesuai keinginan awal anda.

Jangan terburu-buru ambil keputusan ditempat. Luangkan waktu untuk mencari spesifikasi laptop tersebut di internet by googling, apakah tulisan di lapak / keterangan penjual nya jujur.


2. Mengecek kondisi fisik Laptop

Setelah mendapatkan informasi dari penjual mengenai kondisi laptop yang ingin anda beli, selanjutnya anda harus mengeceknya langsung kondisi fisik laptop.

Hal pertama yang anda lihat tentu bagian atas laptop dan bagian bawah laptop hingga sisi pinggir-pinggir nya. Perhatikan apakah ada retak bekas jatuh ? atau terdapat goresan lainnya yang mengindikasikan laptop tersebut dalam kondisi buruk.

Jika iya maka anda seharusnya sudah bisa mengetahuinya dari awal, sehingga bisa mempertimbangkan lagi untuk membeli laptop bekas tersebut. Jika tidak ada retak atau goresan sama sekali maka anda bisa melanjutkan ke pengecekan berikutnya.

Periksa juga soket dan engsel laptop. apakah engsel bisa bergerak bebas tanpa ada bunyi-bunyi tertentu dan soket bisa mendeteksi jack headset, flashdisk, microSD jika ada, pengisian baterai dsb.

tips membeli laptop bekas second
Cara Cek Laptop Bekas Sebelum Membeli

3. Periksa semua tombol-tombol yang ada di Laptop

Buka laptopnya dan mulai menekan-nekan semua tombol untuk mengetahui apakah ada tombol yang bermasalah atau tidak. Ciri tombol yang normal yaitu mudah ditekan dan ketika anda sudah tidak menekannya lagi maka tombol akan kembali ke posisi semula.


Pengecekan ini tentunya akan jauh lebih akurat ketika laptop dalam kondisi menyala. Anda bisa menekan tombol-tombolnya sembari memperhatikan layar apakah di respon atau tidak.

Jika terdapat tombol yang rusak meskipun hanya satu saja maka tentunya akan menjadi masalah yang cukup mengganggu ketika anda menggunakan laptop ini.

Namun jika tidak maka anda bisa melanjutkan ke bagian layar laptop.

4. Periksa kondisi layar laptop secara mendalam

Setelah anda memastikan semua tombol-tombol keyboardnya dan trackpad berfungsi dengan baik maka selanjutnya cek kondisi layar monitor nya.

Pemeriksaan layar laptop sebaiknya menggunakan berbagai warna background yang berbeda-beda agar bisa segera menyadari ketika ada piksel (dead pixel) yang rusak.

Mulailah dengan warna hitam atau warna gelap terlebih dahulu, periksa apakah layar laptop ini dapat menampilkan dengan baik ? Laptop yang sudah berumur tua hingga bertahun-tahun biasanya sangat rentan sekali terjadi kerusakan pada bagian lapisan polarizernya.

Polarizer adalah bagian dari lapisan layar berfungsi untuk membelokkan cahaya agar gambarnya dapat terlihat oleh mata kita. Jika sudah rusak maka biasanya saat anda menampilkan background hitam akan terlihat warna putih pada bagian piksel tertentu.

Hindari membeli laptop dalam kondisi layar seperti ini karena jika sudah berbintik hitam atau putih maka umurnya biasanya sudah tidak lama lagi.

contoh teks
Cara Cek Laptop Bekas Sebelum Membeli

5. Cek Suhu CPU dan GPU

Gunakan software gratisan seperti MSI afterburner untuk mengecek suhu CPU dan GPU laptop. Apakah suhunya normal baik dalam kondisi idle atau dalam kondisi full load ?

Jika tidak maka anda bisa cek pada bagian kipas pendinginnya apakah masih berputar normal atau justru sudah tidak berfungsi dengan baik lagi.

Jika kipas rusak maka sebaiknya anda juga harus menghindari pembelian laptop bekas dalam kondisi seperti ini. Namun jika suhu terlalu tinggi hanya karena kotor atau termal pasta yang harus diganti maka masih bisa dipertimbangkan lagi.


6. Mengecek kondisi baterai laptop

Hal berikutnya yang harus anda cek adalah baterai laptop. Perlu anda ketahui bahwa pemakaian baterai laptop seiring dengan berjalannya waktu pasti akan mengalami penurunan.

Laptop bekas sudah pasti memiliki baterai dengan performa yang tidak sama lagi dengan saat laptop masih dalam kondisi baru. Untuk memeriksanya anda bisa memperhatikan level baterai dari menit ke menit apakah berkurang dengan wajar atau berkurang terlalu cepat ?

Editor Choices :

Selain memeriksa baterai, jangan lupa juga untuk memeriksa chargernya apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Dengan memperhatikan hal-hal penting tersebut maka setidaknya anda bisa mendapatkan laptop bekas dengan kondisi yang masih layak pakai.

Komentar / Pertanyaan