Taman Langit Pangalengan (HTM, Harga Camp dan Sewa Tenda)

Bandung Jawa barat terkenal sebagai tempat tujuan destinasi wisata yang menawarkan view pegunungan yang sejuk, indah dan menawan. Cuaca yang dingin di daerah ini menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan, khususnya warga pesisir perkotaan.

Salah satu wisata yang tidak boleh terlewatkan kamu kunjungi adalah Taman Langit Pangalengan. Dari namanya saja, tentu kamu bisa menebak bukan wisata apakah ini?

Sesuai namanya wisata ini menyajikan hamparan pemandangan alam yang luas dari atas bukit. Kamu akan dimanjakan dengan pemandangan kebun teh yang sangat luas serta kabut tebal dan cuaca dingin yang yang akan menjadikan liburanmu tak terlupakan.

Editor Choices :
taman langit pangalengan
Taman Langit Pangalengan saat Pagi Hari

Kamu juga bisa menginap di tempat ini dengan mendirikan tenda atau camping dan melihat sunrise sekaligus sekaligus sunset. Menarik bukan ?

Lokasi dan Rute Taman Langit Pangalengan

Taman Langit Pangalengan merupakan salah satu wisata yang terletak di Bandung, Jawa Barat. Tepatnya di Desa Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan.

Sponsored Link

Jika kamu ingin mengunjungi tempat ini kamu tidak perlu khawatir soal perjalanan menuju lokasi. Pasalnya, Taman Langit pengalengan hanya berjarak 60 km dari pusat perkotaan Bandung. Sehingga kamu hanya perlu menghabiskan sekitar kurang lebih 2 jam waktu di perjalanan dari pusat Kota Bandung.

Terletak di kawasan pegunungan, menjadikan akses jalan menuju Taman Langit Pangalengan cukup berliku. Tetapi jalan menuju kesana sudah dalam kondisi baik.

Hanya saja ketika kamu akan mencapai tempatnya, jalan menuju ke sana cukup sempit. Jika kamu datang menggunakan kendaraan roda empat, tempat parkir yang disediakan cukup jauh dari pintu gerbang.

taman langit pangalengan
Taman Langit Pangalengan saat Siang Hari

Para wisatawan bisa memanfaatkan ojek yang standby di dekat parkiran mobil. Atau jika kamu ingit berjalan kaki saja juga tidak masalah sembari menikmati pemandangan.

Untuk menuju atas, jalan yang harus dilalui juga ada beberapa yang masih bebatuan terjal. Dan kamu perlu berhati-hati jika mengunjungi tempat wisata ini pada musim hujan. Khusus pemilik mobil FWD (penggerak roda depan) maka perlu driving skill lebih, bila perlu kurangi tekanan ban agar mendapat traksi lebih baik.


Karena selain cuaca yang dingin, jalan naik yang kamu lalui juga cukup licin. Namun perjuanganmu untuk sampai di tempat ini akan terbayarkan ketika sampai di atas dan melihat indahnya panorama yang sangat luas.

harha tiket masuk taman langit pangalengan - harga sewa tenda - harga camp
Taman Langit Pangalengan saat Menuju Senja

Harga Tiket Taman Langit Pangalengan

Untuk menikmati pemandangan di wisata ini, kamu perlu membayar parkir dan juga tiket masuknya.

Untuk biaya parkir, jika kamu datang menggunakan kendaraan roda dua maka kamu wajib membayar HTM / retribusi sebesar Rp 3000. Sedangkan jika kamu datang menggunakan kendaraan roda empat, maka kamu cukup yang bayar parkir Rp 5000.

Untuk tiket masuk wisata taman ini setiap harinya sama, tidak ada perbedaan weekday maupun weekend, yakni Rp 10.000

Harga Camp dan Sewa Tenda

Jika kamu hanya untuk berwisata dan tidak untuk berkemah atau camping, kamu hanya perlu membayar Rp 10.000 / orang atau satu tiket.


Sedangkan jika kamu berniat untuk mendirikan tenda, kamu akan dikenakan biaya lagi yaitu sebesar Rp 25.000 / tenda (belum termasuk biaya sewa tenda, ya).

Harga tiket wisata ini terbilang sangat terjangkau mengingat kamu akan disuguhkan panorama alam yang luar biasa indahnya bak negeri di atas awan.

harha tiket masuk taman langit pangalengan - harga sewa tenda - harga camp

Daya Tarik Wisata di Taman Langit Pangalengan

Berbeda dengan tempat wisata di kota, wahana yang disajikan di Taman Langit Pangalengan pun sangat kental akan nuansa alam yang asri dan sejuk. Beberapa spot wahana yang menjadikan tempat ini wajib untuk kamu kunjungi antara lain sebagai berikut.

1. Hamparan kebun teh

Begitu sampai di atas, kamu akan dimanjakan dengan hamparan perkebunan teh yang sangat luas bak permadani alam yang hijau.


Ini tentu menjadi spot foto yang bagus karena kamu bisa berfoto ria di tengah luasnya hamparan kebun teh ini. Atau sekedar menikmati hamparan ini dari balkon sembari menghirup sejuknya udara.

taman langit pangalengan puncak

2. Samudera awan

Sesuai dengan namanya, maka wahana dari wisata ini adalah samudra awan yang mengelilingi perbukitan ini.

Ada dua spot foto yang bisa kamu manfaatkan untuk dibagikan di media sosialmu atau sekedar untuk disimpan di memori handphone.

Dua spot foto ini berbentuk panggung dengan balkon luas ke arah hamparan pegunungan yang dikelilingi awan.

Kamu akan merasakan sensasi di atas awan apalagi ketika kabut turun. Dinginnya cuaca ditambah dengan kabut tebal, akan membuat pikiran dan jiwamu tenang berada di tempat ini.

3. Soft hiking

Berada di jajaran perbukitan, wisata ini menyediakan hiking track yang bisa dimanfaatkan kamu. Kamu bisa menikmati pemandangan sekitar dengan berjalan-jalan santai.

Perlu hati-hati jika kamu berjalan ke atas, ya. Karena selain banyak bebatuan terjal, terkadang juga cukup licin mengingat cuaca lembab terlebih lagi jika sering turun hujan.

harha tiket masuk taman langit pangalengan - harga sewa tenda - harga camp

4. Camping ground

Ini yang paling menarik minat banyak wisatawan. Kamu bisa menikmati suasana alam ini dengan mendirikan tenda dan menginap di sana. Kamu akan merasakan sensasi alam pegunungan di dalam tenda selama seharian penuh.

Kamu akan dibuat kagum ketika sore menjelang malam dengan adanya sunset yang bisa kamu lihat dari atas. Ketika menjelang fajar, kamu akan dimanjakan dengan keindahan sunrise yang begitu menghangatkan.

Jangan lupa siapkan pakaian tebal dan jaket ya jika ingin menginap dan berencana camping di tempat ini. Tempat ini salah satu favorit untuk merayakan tahun baru.

harha tiket masuk taman langit pangalengan - harga sewa tenda - harga camp
taman langit pangalengan camp
tiket masuk sewa tenda biaya camping taman langit pangalengan

Fasilitas di Taman Langit Pangalengan

Seperti tempat wisata pada umumnya, Taman Langit pengalengan pun memiliki fasilitas yang lengkap. Fasilitas lengkap ini tentunya akan semakin membuat Anda nyaman dan betah selama berwisata di sana.

Fasilitas tersebut meliputi :

1. Area parkir luas

Area parkir yang disediakan cukup luas, pasalnya diperuntukkan untuk kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat bahkan bus pariwisata.

2. Mushola

Mushola di wisata ini selalu dirawat dan dijaga kebersihannya sehingga nyaman untuk para wisatawan.

3. Toilet bersih

Disediakan toilet bersih serta air yang jernih sehingga kamu tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu membutuhkan kamar kecil atau toilet.

4. Smooking area

Smooking area di Taman Langit Pangalengan ditujukan agar pengunjung lain yang tidak merokok dapat tetap menikmati wisata dengan nuansa sejuk tanpa adanya polusi asap rokok.

5. Resto ala ala dan tempat makan

Kamu tidak perlu khawatir jika ingin memenuhi kebutuhan isi perut. Terdapat tempat makan seperti cafe atau resto sederhana di sini. Kamu bisa memesan makanan atau minuman hangat dengan menu yang lengkap.

harga tiket masuk taman langit pangalengan - harga sewa tenda - harga camp

Jam Operasional dan Kontak

Taman Langit Pangalengan buka 24 jam nonstop. Sehingga kamu bisa datang pada hari apa saja dan dalam waktu kapan saja.

Info selengkapnya bisa menghubungi pihak manajemen wisata:
Nomor Telepon/WA : 0812 3747 3939 / 0813 227 9727 / 0822 1662 5692
Instagram : @tamanlangitpangalengan360

Info Penginapan Sekitar Taman Langit Pangalengan

Ada beberapa penginapan di sekitar Taman Langit Pangalengan untuk kamu wisatawan luar kota

  • Shinta Corner Ranch and Resort

Alamat : Raya Sukamenak No.21, Pangalengan, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat 40378
Nomor Telepon : 0811-2197-001
Tarif Harga Sewa Kamar Permalam Rp 500.000

  • Citere Resort Hotel

Alamat : Jl. Raya Pangalengan No.589, Sukamanah, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat 40378
Nomor Telepon : 0821-2926-3997
Tarif Harga Sewa Kamar Permalam Rp 350.000


Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Twitter Pinterest Facebook WhatsApp
Apakah ada tanggapan/pertanyaan?
Kirim Komentar


📢 Komentar / Pertanyaan