Curug Putri Pelangi: Lokasi, Tiket Masuk, Mitos dan Camping

Curug adalah salah satu destinasi wisata alam paling sering masyarakat Indonesia kunjungi. Pesona wisata alam outdoor tidak pernah mengecewakan. Salah satunya adalah Curug Putri Pelangi. 

Saat Anda memiliki rencana untuk berlibur ke destinasi wisata ini, maka Anda perlu untuk mengetahui lebih dulu tentang Curug Putri Pelangi, mulai dari alamat dan rute ke lokasi, harga tiket masuk Curug Putri Pelangi terbaru, jam operasional, hingga daya tariknya. 

Curug Putri Pelangi merupakan salah satu curug di Bogor yang patut untuk dikunjungi. Sebab, Curug Putri Pelangi memilih banyak spot menarik dan juga keasrian alam yang masih terjaga.

curug putri pelangi alamat lokasi tiket masuk mitos angker sejarah biaya camping
curug putri pelangi alamat lokasi tiket masuk mitos angker sejarah biaya camping

Di sini Anda bisa menikmati keindahan air terjun yang jernih. Ditambah pemandangan alam sekitar yang cantik. Selain itu, lokasi curug yang berada di perbukitan membuat para wisatawan bisa melihat pemandangan indah Kota Bogor dari ketinggian. 

Lokasi dan Rute ke Curug Putri Pelangi

Sesuai dengan di peta, Curug Putri Pelangi berlokasi di Desa Tajur Halang, Kec. Cijeruk, Kab. Bogor, Jawa Barat. Air terjun ini berjarak kurang lebih 15 km dari pusat Kota Bogor. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum untuk pergi kesana. Dari pusat kota, Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 40 – 60 menit. 

Ada dua jalur yang bisa dilalui ke lokasi curug, yakni melalui Cihideung dan Tajur Halang. Jika Anda melalui Cihideung, Anda akan disuguhkan pemandangan perkebunan-perkebunan seperti buah naga, teh, dan buah nanas, serta pemandangan indah kaki Gunung Salak. Namun jika Anda memutuskan lewat Tajur Halang, Anda akan disuguhi pemandangan hutan bambu dan padang rumput hijau yang luas. 

Jika Anda memakai kendaraan pribadi dan menempuh perjalanan dari Kota Bogor, Anda bisa ke Cijeruk melalui Batu Tulis, kemudian lewat jalur alternatif Cihideung – Sukabumi. Setelahnya, Anda akan memasuki kampung yang jalannya hanya bisa dilalui satu mobil sejauh 2 – 3 km. 

Disarankan Anda bertanya kepada warga setempat jalan menuju ke curug karena petunjuk menuju curug yang masih minim. Setelah melewati jalanan aspal 2 – 3 km, dilanjutkan jalanan batu tanah sekitar 4 km, di mana hanya bisa dilalui oleh mobil off-road. Begitu Anda sampai ke parkiran, Anda masih perlu melakukan tracking sekitar 30 menit. 

curug putri pelangi alamat lokasi tiket masuk mitos angker sejarah biaya camping

Harga Tiket Masuk ke Curug Putri Pelangi 2023

Harga tiket masuk Curug Putri Pelangi dibagi jadi tiket masuk dan tiker bayar parkir kendaraan. Untuk tiket masuk adalah Rp. 10.000,00 per orang, dan tiket parkir motor adalah Rp. 5.000,00. Semantara, untuk harga parkir mobil adalah Rp. 10.000,00. 

Dengan mengeluarkan biaya yang cukup terjangkau seperti ini, Anda sudah dapat menikmati liburan yang menyenangkan di tempat dengan keindahan alam yang mempesona dan suasana yang asri alami. 


Jadi, jangan sampai Anda lewatkan kesempatan berlibur di Curug Putri Pelangi!

Jam Buka Curug Putri Pelangi

Jam buka atau jam operasional objek wisata satu ini ditandai dengan dibukanya loket dan ada penjaga. Sebenarnya, di luar jam ini wisatawan pun bisa masuk ke kawasan curug tanpa biaya. Namun, hal tersebut sangat tidak dianjurkan karena dikhawatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan dan petugas tidak mengetahuinya.

Jam operasional Curug Putri Pelangi : Setiap hari 08.00 – 16.30 WIB.

curug putri pelangi alamat lokasi tiket masuk mitos angker sejarah biaya camping

Daya Tarik dari Curug Putri Pelangi

Sebagai salah satu destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi, Curug Putri Pelangi tentu memiliki sejumlah daya tarik tersendiri. Nah, berikut ini beberapa daya tarik dari Curug Putri Pelangi:

  • Lokasi Unik

Biasanya, saat ingin menikmati keindahan dari curug atau air terjun, rata-rata Anda harus lewat jalan setapak datar ataupun mendaki bukit atau gunung yang terkesan menanjak. Namun, Curug Putri Pelangi berbeda dari lainnya, karena letaknya berada di bawah, sehingga Anda harus turun sekitar 400 anak tangga untuk sampai ke curug.


Anda tak perlu khawatir karena tangga-tangga yang ada sudah dilapisi batu dan pada sekitar tangga diberi pegangan sehingga aman dan tidak perlu takut akan kemungkinan licin sampai terjatuh saat menaiki atau menuruni tangga. 

  • Air Terjun Alami

Tahukah Anda? Kota Bogor dikenal dengan pegunungan berpotensi ada curug atau air terjun. Kabar bagusnya, sumber mata air di sana masih terasa alami dan juga berarus deras. Salah satunya adalah Curug Putri Pelangi, yang terletak di sekitar Gunung Salak. 

Curug Putri Pelangi terbentuk secara proses alamiah yang menarik. Saat bak alam yang menampung air terjun mulai penuh air, ditambah sinar matahari di atas kepala, maka proses alam menakjubkan terjadi, di mana bias pelangi muncul dengan keindahan warna-warninya. Sangat keren, bukan? 

Pemandangan di sekitarnya juga terkesan hijau asri, sehingga Anda dapat mengabadikan foto di berbagai spot yang disukai. 

curug putri pelangi alamat lokasi tiket masuk mitos angker sejarah biaya camping
curug putri pelangi alamat lokasi tiket masuk mitos angker sejarah biaya camping
source: dianjuarsa.com
curug putri pelangi alamat lokasi tiket masuk mitos angker sejarah biaya camping
curug putri pelangi alamat lokasi tiket masuk mitos angker sejarah biaya camping
  • Daya Tarik Tanaman pada Sekitar Curug

Kawasan Curug Putri Pelangi didominasi pohon pinus, bambu, dan tanaman pucuk merah. Anda bisa menemui tanaman pucuk merah dari gerbang masuk sampai dekat lokasi curug.

Setelahnya, Anda bisa menemukan pohon bambu dan pinus yang mengelilingi Curug Putri Pelangi, sehingga menambah kesan menyejukkan dan meneduhkan. Bahkan, cahaya matahari yang terik mungkin tidak akan Anda rasakan karena tertutup rimbunnya pepohonan sekitar. 

  • Udara di Sekitar Curug yang Sejuk dan Curah Hujan yang Tinggi

Suhu rata-rata di Curug Putri Pelangi apalagi di pagi sampai sore hari mencapai 19 – 27 derajat celcius. Sehingga bisa dikatakan bahwa udara di sekitar curug cukup sejuk, dan dapat membuat Anda merasa betah setelah berkunjung ke air terjun tersebut.

Sementara curah hujan di sekitar curug cukup tinggi, sehingga Anda perlu berhati-hati saat terjadi musim penghujan. Bahkan, mungkin Anda perlu untuk mengurungkan niat menjelajahi curug saat kondisi cuaca yang tak mendukung. 

  • Komunitas Hewan Liar dan Langka

Ternyata di kawasan Curug Putri Pelangi pun ada beberapa hewan liar dan langka, seperti monyet liar, babi, burung elang, ular, sampai kucing hutan. Sehingga Anda perlu tetap berhati-hati, apalagi jika Anda ingin menginap di sekitar kawasan tersebut. 

  • Area Perkemahan

Tahukah Anda? Saat Anda berkemah di kawasan Curug Putri Pelangi, suasana saat di pagi hari merupakan yang paling dinanti, di mana pemandangan Kota Bogor dari atas ketinggian tampak begitu cantik. Lampu jalanan dan kota yang tampak kelap-kelip bisa menambah keindahan pemandangan kota. 

curug putri pelangi alamat lokasi tiket masuk mitos angker sejarah biaya camping
curug putri pelangi alamat lokasi tiket masuk mitos angker sejarah biaya camping

Akhir Kata
Demikian informasi seputar Curug Putri Pelangi, mulai dari alamat dan rute ke lokasi, harga tiket masuk Curug Putri Pelangi, jam buka, hingga daya tarik apa saja yang ada di destinasi wisata satu ini. 

Apakah Anda menjadi tertarik untuk datang berkunjung ke curug yang indah satu ini? Selalu nikmati waktu liburan Anda di tempat-tempat yang nyaman dan tentu aman, agar Anda dapat menenangkan pikiran dan juga melepaskan penat sejenak dari hiruk-pikuk kesibukan ibukota. 

Editor Choices :

Rencanakan liburan Anda dari sekarang dan pilih destinasi-destinasi wisata menarik dan jangan lupa berkunjung ke Curug Putri Pelangi di Bogor. Selamat berlibur!

Komentar / Pertanyaan