15 Curug yang Mudah Dijangkau di Bogor dan Bisa Berenang

Mengunjungi destinasi wisata alam menjadi pilihan yang tepat untuk melepas penat pekerjaan. Terutama kalau Anda sehari-hari bekerja di tengah perkotaan yang padat dan sibuk.

Khusus untuk Anda yang menetap di Bogor, tak ada salahnya buat berkunjung ke curug (air terjun) untuk merasakan kembali segarnya pemandangan alam. Jumlah curug yang mudah dijangkau di Bogor juga melimpah, sehingga Anda dijamin tak bakal kehabisan tempat.

Rekomendasi curug yang mudah dijangkau di Bogor

Tanpa perlu basa-basi, mari kita bahas, bukan cuma satu atau dua, tetapi 15 curug di Bogor yang aksesnya sudah mudah Anda jangkau! Beberapa diantaranya aman buat berenang.

curug di bogor yang mudah dijangkau dan bisa berenang main air

Curug Cilember

Bisa dikatakan Curug Cilember merupakan tempat wisata yang family friendly. Hal ini disebabkan ketersediaan fasilitas yang lengkap dan memadai, sehingga wisatawan nyaman beraktivitas. Di sini, Anda juga akan mendapati curug utama dan tujuh curug lain dengan pemandangannya yang indah.

Aktivitas di Curug Cilember juga tak berpusat pada mengagumi air terjun dengan debit tinggi. Wisatawan berkesempatan naik zipline bike hingga belajar menembak. Maka tak heran banyak orang yang mampir ke Curug Cilember berulang kali.

Curug Leuwi Hejo

Selain menjadi salah satu curug yang mudah dijangkau di Bogor, Curug Leuwi Hejo pun jadi yang terpopuler di kalangan wisatawan. Wajar saja karena di sini Anda akan menyaksikan kolam dengan air berwarna biru kehijauan. Ukurannya memang tak besar, tetapi begitu memesona.

Anda juga bisa mampir ke tempat-tempat wisata alam lain saat berada di Curug Leuwi Hejo. Salah satunya adalah Gunung Pancar, Sentul. Faktor ini pula yang membuat curug ini difavoritkan banyak wisatawan yang senang berpetualang di Bogor.

Curug Seribu

Berikutnya ada Curug Seribu, tempat wisata alam yang lokasinya dikelilingi pepohonan rimbun. Namun, siapa sangka curug ini sangat dekat dari pusat kota? Hal ini pula yang menguntungkan para wisatawan yang enggan berjalan jauh demi menyegarkan pikiran.

Nilai plus lainnya yang akan Anda jumpai di Curug Seribu adalah air terjunnya yang jernih. Para wisatawan yang mampir ke sini sering mengabadikan keindahan tersebut dan menjadikannya salah satu lokasi yang Instagramable.

Curug Putri Kencana

Satu lagi curug yang mudah dijangkau di Bogor dari Sentul: Curug Putri Kencana. Berlokasi di Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, curug ini menawarkan area kolam area kolam dengan air berwarna hijau-toska. Siapa pun dijamin terpukau saat melihatnya.


Lokasinya yang tak jauh dari JungleLand memudahkan para wisatawan mengunjungi Curug Putri Kencana. Anda juga dijamin tak akan tersesat karena ada sejumlah papan penunjuk di sana. Lalu, jalan menuju area pembelian tiket masuk relatif dekat, yakni sekitar 500 meter.

curug di bogor yang bisa berenang aman buat anak keluarga
Nature never goes out of style

Curug Cinta

Tak jauh dari Curug Putri Kencana, ada Curug Cinta yang belakangan sedang viral! Penyebabnya adalah aliran sungai yang mengarah ke curug ini melewati patahan tebing berkelok. Fenomena tadi yang lantas menghasilkan pemandangan di Curug Cinta tampak seperti di luar negeri.

Sayangnya, untuk mendapatkan foto yang Instagramable, Anda disarankan datang di musim kemarau. Bahkan Anda bisa melihat batu besar di tengah curug yang membentuk simbol cinta. Akan tetapi di musim penghujan, airnya jadi keruh karena debitnya yang bertambah.

Curug Nangka

Berikutnya ada Curug Nangka, curug yang mudah dijangkau di Bogor yang berlokasi di Sukajadi, Tamanasari. Berada di area Sentul pun membuat tempat wisata ini tak sulit diakses, terutama kalau Anda ingin cepat melihat air terjun beraliran deras di kaki gunung.

Karena faktor lokasi pula di sekitar Curug Nangka masih hewan liar seperti kera yang berkeliaran. Namun, sejumlah fasilitas sudah disediakan supaya wisatawan nyaman beraktivitas. Kemudian, Anda juga bisa berkunjung ke lokasi wisata terdekat seperti Curug Kawung dan Curug Daun.


Curug Pangeran

Sedang mencari curug di Bogor yang bisa berenang? Anda bisa mampir ke Curug Pangeran. Bertempat di kaki Gunung Salak, curug tersebut mempunyai debit air deras yang menyegarkan. Anda pasti bakal betah mengarungi perairannya, terutama di tengah cuaca panas.

Curug Pangeran termasuk tempat yang cukup baik dikembangkan, sehingga wisatawan tak akan kesulitan mencari dan beraktivitas di sana. Lokasinya juga dekat dengan area tiket masuk, yakni tak sampai 300 meter, sehingga bisa ditempuh kendaraan maupun jalan kaki.

Curug Hordeng

Beralamat di Jalan Gunungwangun, Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Curug Hordeng berada dekat Curug Putri Kencana dan Curug Leuwi Hejo. Salah satu curug yang mudah dijangkau di Bogor ini pun masih terasa asri meski selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Nama hordeng pada curug ini mewakili perairannya yang lebar menyerupai hordeng, kata dari Basa Sunda yang berarti tirai. Debit airnya juga relatif deras, sehingga Anda harus hati-hati selama berada di sana kalau tak mau terpeleset atau jatuh.

curug di bogor yang bisa berenang aman buat anak keluarga
Sometimes all you need is a change in scenery.

Curug Cipamingkis

Dikelola langsung oleh BUMN, Curug Cipamingkis mengusung konsep alam terbuka yang siap menyegarkan tubuh dan pikiran Anda. Karakteristik air terjun di tempat wisata ini menjadi daya tarik yang membuatnya sering diperbincangkan wisatawan.

Hal menarik lain yang akan Anda jumpai di Curug Cipamingkis adalah perpaduan vegetasi tumbuhan beragam dengan aneka burung yang kicauannya memesona. Gemericik air yang mengiringi Anda di Curug Cipamingkis pun bakal menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Curug Leuwi Cibaliung

Selanjutnya ada Curug Leuwi Cibaliung, curug yang mudah dijangkau di Bogor yang menyajikan panorama alam yang masih terjaga. Selain itu, para wisatawan kerap beraktivitas di sekitar kolam air terjun sesuka hati sambil sesekali berfoto.

Seperti tempat wisata lainnya, ada tiket masuk yang harus Anda bayar sebelum masuk ke Curug Leuwi Cibaliung, yakni sekitar Rp15.000 (ke Leuwi Hejo) dan Rp5.000 (Leuwi Cibaliung). Harga yang bersahabat ini membuat Curug Leuwi Cibaliung acap disambangi wisatawan dari berbagai kalangan.

Curug Cibulao

Sama seperti Curug Pangeran, Curug Cibulao termasuk curug di Bogor yang bisa berenang. Kata cibulao sendiri didasarkan pada airnya yang jernih dan tampak kebiru-biruan. Warga yang menetap di sekitar Curug Cibulao pun menjadikannya sebagai sumber air bersih.

Curug Cibulao mempunyai dua leuwi alami, antara lain leuwi berkedalaman delapan meter dan lima meter. Anda bisa memilih area perairan untuk berenang sesuai kapasitas atau menikmati kegiatan lain yang tak kalah menyenangkan di sekitar curug.

Curug Cikuluwung

Kendati tergolong sebagai tempat wisata baru, Curug Cikuluwung sukses menyita perhatian banyak orang karena pemandangannya yang memukau. Pasalnya, letak curug ini berada di tebing bebatuan alami yang tersusun rapi. Sekilas, susunan tebing tersebut tampak mengelilingi Curug Cikuluwung.


Salah satu curug yang mudah dijangkau di Bogor ini berlokasi di Desa Cibitung Wetan, Kecamatan Pamijakan, Kabupaten Bogor Barat. Adapun harga tiketnya dari Rp20.000 per orang. Jika ingin sewa ban pelampung buat berenang, Anda harus mengeluarkan biaya Rp35.000.

curug di bogor yang bisa berenang
Difficult roads lead to beautiful destinations.

Curug Bidadari

Sesuai namanya, Curug Bidadari menawarkan pemandangan alam asri yang begitu memikat. Mengaksesnya juga sangat mudah, sebab curug ini berlokasi di kawasan Sentul Paradise Park Bogor, Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang.

Di Curug Bidadari, wisatawan dapat leluasa beraktivitas di sejumlah kolam yang sudah ditata sedemikian rupa. Ada juga sejumlah wahana permainan yang membuat curug tersebut cocok buat Anda kunjungi bersama keluarga maupun teman-teman.

Curug Cilember

Beralamat di Jalan Raya Puncak, Cilember, Kecamatan Megamendung membuat Curug Cilember layak masuk daftar curug yang mudah dijangkau di Bogor. Betapa tidak? Curug ini mempunyai tujuh tingkatan air terjun yang memesona dan sering diabadikan buat diunggah di medsos.

Untuk masuk ke Curug Cilember, Anda hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp12.000. Di sini, wisatawan dapat leluasa mengamati pemandangan curug atau jalan-jalan di Desa Jongjongan dan sekitarnya untuk melepas kebosanan.

Curug Leuwi Lieuk

Terakhir, ada Curug Leuwi Lieuk, curug di Bogor yang bisa berenang dengan kolam air jernih berwarna hijau turquoise. Kolam alami di curug ini terbilang luas, sehingga Anda tak akan terganggu selama berenang bersama wisatawan lainnya.

Berlokasi di Desa Pabuaran, Kecamatan Sukamakmur, Curug Leuwi Lieuk bisa dipertimbangkan sebagai tempat istirahat sementara buat melepas kesibukan di kota. Jangan lupa ajak keluarga dan teman supaya pengalaman liburan di sini semakin seru.

Tips wisata di curug di Bogor

Supaya kunjungan Anda ke curug-curug di atas tetap aman dan seru, berikut tips mudah yang bisa diaplikasikan, seperti yang dihimpun dari CNN Indonesia:

  • Berangkat pagi. Sejumlah curug menetapkan jam kunjungan, tetapi ada juga yang dapat diakses 24 jam. Namun, sebaiknya Anda pergi di pagi hari selepas matahari terbit. Tujuannya adalah mencegah Anda terjebak hujan. Apalagi curug berada di dataran tinggi;
  • Memahami medan. Meski Anda mampir ke curug yang mudah dijangkau di Bogor, ada baiknya untuk tetap memahami medan. Apakah ada titik-titik berbahaya? Apakah fasilitasnya sudah aman untuk wisatawan berisiko seperti anak-anak dan lansia;
  • Jangan datang di musim hujan. Seperti yang disinggung, hindari musim hujan karena medan di curug akan semakin licin dan berbahaya. Di beberapa lokasi, area di sekitar curug berpotensi longsor bahkan rawan air bah;
  • Temukan jalur evakuasi. Selain menemukan jalur trekking, pastikan juga Anda mengetahui jalur evakuasi yang tersedia. Sediakan juga perlengkapan seperti baju ganti, obat pribadi, camilan, dan payung. Simpan juga nomor penting untuk hal-hal urgen;
  • Simpan perangkat elektronik. Meski smartphone yang Anda miliki sudah waterproof, simpan baik-baik dalam kantong plastik selama berada di curug. Pasalnya, cipratan air di sana bisa merusak komponen dalam kalau dibiarkan terpapar terlalu lama;
  • Segera pulang saat cuaca mendung. Jangan tunda kepulangan saat mendapati langit cerah mendadak berubah mendung. Akan sulit bagi Anda keluar kalau hujan turun, terutama kalau ada banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata tersebut.
  • Jangan berdiri persis di bawah air terjun. Anda pernah nonton film Final Destination? intinya dalah nasib jelek bisa datang kapan aja. Kita tdiak tau apakah sungai yang diatas aman atau ada sebatang kayu yang hanyut yang bisa jatuh di kepala kita.
  • Editor Choices :

Demikian daftar rekomendasi curug yang mudah dijangkau di Bogor, termasuk yang aman buat dijadikan lokasi berenang. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda lebih siap menyiapkan semua kebutuhan dan dapat berlibur dengan tenang di lokasi tujuan!

Komentar / Pertanyaan