Curug Nangka Green Glamping Bogor, Info Lokasi dan Fasilitas

Bogor memiliki berbagai macam wisata dengan segudang daya tariknya yang sangat memanjakan mata. Salah satu wisata di Bogor yang sangat diminati adalah glamour camping atau disebut dengan glamping. Yang populer yaitu curug nangka Green Glamping.

Konsep wisata yang seperti ini digandrungi para wisatawan dari berbagai usia, dan menawarkan pengalaman wisata yang berbeda. Glamping bukan seperti berkemah biasa, namun berkemah dengan berbagai fasilitas yang lebih “mewah”, sehingga memberi kenyamanan tersendiri untuk para wisatawan. 

Bukan hanya glamping saja yang bisa anda nikmati dari curug nangka Bogor Green Glamping ini. Masih ada beberapa hal seru yang bisa dilakukan. Penasaran apa saja? Berikut informasinya, beserta lokasi, fasilitas, dan lainnya tentang glamping.

Curug Nangka Green Glamping Bogor

Lokasi dan Rute Curug Nangka Bogor

Curug nangka di Bogor dengan Green Glamping ini merupakan holiday park yang lokasinya ada di Sukajadi, Kec. Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasi curug nangka sangat cocok dijadikan tempat menginap dengan nuansa alam yang segar saat berkunjung ke Bogor. Di Green Glamping ini ada sekitar 15 tenda kamar yang pilihannya bervariasi.

Rute ke curug nangka dari stasiun Bogor juga tidak terlalu jauh, sekitar 14.4 km. Wajar karena lokasinya ini ada di salah satu air terjun di kaki Gunung Salak, tepatnya di desa Sukajadi.

Pada saat anda keluar dari stasiun Bogor, anda dapat berjalan ke Mall BTM Bogor yang jaraknya kira-kira 1.4 kilometer dari stasiun. Bisa saja naik angkot, namun jika naik angkot pasti angkot akan ngetem dahulu. Itu akan memakan banyak waktu apalagi jika ada macet.

Setelah itu, barulah bisa naik angkot sekali yang nantinya bisa mengantarkan sampai ke persimpangan sebelum masuk curug nangka. Jangan khawatir, ongkos angkotnya juga tidak akan mahal. Apabila anda ragu akan persimpangan curug nangka, anda dapat meminta ke sopir angkot supaya menurunkan di wisata curug nangka.

Curug Nangka Green Glamping Bogor

Fasilitas Green Glamping Curug Nangka

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, di curug nangka Green Glamping Bogor ini ada banyak aktivitas selain glamping yang bisa dilakukan. Jika anda ingin mencoba glamping, anda akan disuguhkan fasilitasnya yang lengkap dengan pemandangan indah. Berikut ini adalah fasilitasnya untuk glamping.

  • Area tempat duduk
  • Sofa
  • Ruang makan
  • Dapur lengkap
  • Dilengkapi microwave, kulkas, kompor, oven, dll
  • Toilet duduk, shower
  • Listrik
  • Fasilitas dengan biaya tambahan seperti tambahan sprei, handuk, dll 
  • Sarapan 
  • Kolam renang outdoor
  • Taman 
  • Fasilitas trekking, dll

Dengan segala fasilitas yang disediakan, anda bisa menikmati tidur di alam bebas dengan harga tiket masuk curug nangka dan biaya tenda kamar yang cukup terjangkau untuk glamping. Harga per malam menginap di glamping ini yaitu sekitar 550.000 rupiah.

Curug Nangka Green Glamping Bogor

Ragam Aktivitas di Curug Nangka

1. Trekking 

Beberapa aktivitas yang populer di curug nangka Green Glamping salah satunya yaitu trekking. Menuju lokasi air terjun dari pintu gerbang masuk jaraknya sekitar 700 m. Meskipun lokasinya di ketinggian dengan medan yang berliku serta menanjak, sudah ada jalan setapak yang bisa dilalui oleh para wisatawan.

Sehingga, perjalanan akan lebih mudah. Pengunjung atau wisatawan akan disuguhkan oleh panorama indahnya suasana sekitar air terjun yang masih alami saat memasuki kawasan wisata. Mendekati kawasan air terjun, wisatawan harus berjalan di antara bebatuan, dalam menyusuri sungai yang panjangnya 50 meter.

2. Berenang 

Lokasi air terjun di curug nangka Green Glamping menjadi daya tarik utama wisata ini. Kedalaman airnya sekitar hanya setinggi lutut orang dewasa. Pengunjung bisa bermain air di antara celah batu. Uniknya di bawah air terjun ada kolam renang alami, yang mana di sini cukup aman untuk berenang. Airnya jernih, udaranya sejuk dan cocok sebagai tempat untuk healing. Namun ingat selalu untuk berhati-hati saat berenang dan patuhi peraturan yang berlaku.

Curug Nangka Green Glamping Bogor

3. Berfoto Ria dengan Spot Aesthetic

Ada banyak pengunjung di curug nangka Green Glamping yang menjadikan beberapa tempat atau spot cantik untuk berfoto. Salah satunya adalah kolam alami yang ada di bawah air terjun. Anda juga bisa berfoto ria dengan latar curug yang tumpah dengan derasnya dari ketinggian 20 meter, atau berfoto di hutan pinus yang berjajar rapi dan rimbun.

4. Camping Ground 

Di kawasan kompleks air terjun juga disediakan area khusus untuk berkemah yang biayanya lebih murah daripada glamping. Camping ground ini terletak di sisi kanan dekat anak sungai. Harganya sekitar 5.000 rupiah per orang untuk per harinya. Apabila anda tidak membawa tenda dan ingin berkemah, ada sewa tenda dengan harga 70.000 rupiah per malam. 


Namun untuk alat lainnya seperti sleeping bag atau alat-alat lain dibawa sendiri. Berbeda dengan glamour camping yang fasilitasnya sudah lengkap. Perlu juga untuk diketahui bahwa jika anda ingin menginap di hotel, ada beberapa hotel dekat curug nangka yang bisa dijadikan pilihan.

Curug Nangka Green Glamping Bogor

Tips Glamping untuk Pemula

Sebelum anda memulai glamping, ada baiknya mempersiapkan semuanya dengan baik. Terlebih jika anda adalah pemula. Berikut ini terdapat beberapa hal yang harus diketahui agar nyaman, mulai dari spesifikasi kamar hingga peduli dengan alam.

1. Tipe Kamar

Model kamar glamping tentunya bervariasi, dan karena itu ada di dataran tinggi, maka anda harus perhatian spesifikasi kamar tenda saat memesan. Jika datang bersama anak kecil atau orang tua yang tak tahan dingin, mungkin bisa memilih kamar yang dindingnya lebih tebal atau meminta extra penghangat. Jika anda berjiwa petualang, bisa mencoba kamar yang fasilitasnya sederhana agar lebih dekat dengan suasana alam. Sesuaikan semua dengan kebutuhan,

2. Ceklis Barang Pribadi

Ini termasuk poin yang paling penting, ya. Bukan hanya pakaian hangat saja, tapi bawalah juga obat-obatan pribadi yang diperlukan. Mungkin juga perlu camilan sendiri karena perut biasanya sering lapar diakibatkan oleh hawa dingin. Pastikan anda mencatat semua barang bawaan pribadi, saat di sana jangan sampai hilang atau tertukar oleh orang lain, sebaiknya jangan membawa barang berharga.

3. Mematuhi Peraturan

Selalu ingat patuhi peraturan yang sudah ditetapkan di sana, misalnya seperti tak menyalakan api unggun terlalu besar, atau jangan membuang sampah sembarangan dan peraturan lain. Ini bukan hanya untuk keselamatan dan juga kenyamanan sendiri, namun juga untuk orang lain yang ada di sana. Bukan hanya mematuhi peraturan, pedulilah juga terhadap lingkungan alam.

4. Cuaca

Faktor cuaca berperan penting terhadap glamping experience anda. Kebanyakan lokasi untuk glamping di alam memang sudah menjadikan faktor cuaca ini penting. Walaupun tentunya pihak pengelola sudah sangat berhati-hati memilih lokasi tersebut.

Editor Choices :
Curug Nangka Green Glamping Bogor

Tak hanya di lokasi wisata atau glamping saja kita harus mematuhi peraturan dan bersikap baik, tetapi juga dimanapun berada. Pastikan semua barang pribadi juga sudah dikemas dengan baik saat anda pulang nantinya. Itulah informasi lokasi curug nangka Green Glamping, fasilitas, aktivitas seru dan tips glamping, selamat berlibur!

Komentar / Pertanyaan