9 Prospek Kerja Teknologi Pangan di Era Digitalisasi 4.0

Teknologi Pangan adalah salah satu jurusan populer yang banyak diincar para calon mahasiswa baru. Jurusan ini menjadi sangat populer karena sekarang semua orang sangat memperhatikan asupan makan yang dikonsumsinya.

Maka tidak heran jika lulusan dari jurusan Teknologi Pangan juga sangat dicari oleh banyak perusahaan. Jika kamu juga tertarik dengan jurusan ini, berikut prospek kerja Teknologi Pangan yang bisa menjadi pilihan.

Prospek kerja Teknologi Pangan

Prospek Kerja Teknologi Pangan

Teknisi Ilmu Pangan

Teknisi ilmu pangan adalah rekomendasi profesi dari lulusan Teknologi Pangan yang paling banyak diminati. Para lulusan program studi ini, meskipun hanya memiliki ijazah D3 dan lulusan dari universitas dengan jurusan Teknologi Pangan terbaik sangat diprioritaskan dan bisa langsung mendaftarkan diri jadi teknisi ilmu pangan.

Profesi ini menuntut para pekerjanya untuk menganalisa setiap hasil dari pengujian pangan untuk melihat zat-zat apa saja yang terkandung di makanan atau minuman yang ada.

Untuk bisa melakukan pengujian ini, pastinya para pekerjanya juga dituntut untuk mampu melakukan pengujian yang sudah terstandarisasi untuk setiap produk makanan dan minuman yang ada.

Sponsored Link
prospek kerja teknologi pangan teknisi pangan

Profesi ini juga memerlukan para pekerja yang mampu mengetahui cita rasa produk pangan sesuai dengan spesifikasi yang ada sehingga dari sampel yang ada, setiap produknya akan memiliki produk yang seragam.

Selain itu, kemampuan untuk menggunakan metode matematis dan kimiawi juga diperlukan untuk menghitung komposisi produk pangan.

Ahli Teknik Pertanian

Lulusan Teknologi pangan juga bisa menjadi ahli teknik pertanian ketika sudah lulus kelak. Pada profesi ini, para lulusan Teknologi Pangan akan bergelut dengan masalah-masalah yang berkaitan dengan pertanian.

Beberapa masalah tersebut di antaranya adalah masalah lingkungan, penyimpanan dan pengolahan produk pertanian, ketersediaan listrik, polusi, penggunaan peralatan dan mesin, dan lain sebagainya. Berbeda dengan profesi yang pertama, profesi ini mengharuskan pelamarnya untuk memiliki jenjang minimal S1.

Selain bisa menyelesaikan beberapa masalah yang telah disebutkan sebelumnya, profesi ini juga memiliki tugas yang harus dipenuhi.

prospek kerja teknologi pangan menjadi tenaga ahli pertanian

Tugas tersebut antara lain, menyusun dan mengawasi proyek di bidang pertanian dan komponen mesin pertanian, memberi masukan yang berkaitan dengan kualitas air, dan menyiapkan dokumen yang terkait dengan sistem pertanian dan atau anggaran yang diperlukan untuk wilayah kerjanya.

Manajer Pertanian dan Peternakan

Profesi ketiga yang banyak diincar oleh lulusan Teknik Pangan adalah profesi manajer pertanian dan peternakan. Profesi ini termasuk ke dalam salah satu jenis profesi yang memiliki gaji besar, yaitu sekitar 7 juta hingga 9 juta rupiah.

Tidak heran jika para lulusan Teknik Pangan ingin memiliki profesi ini karena gajinya juga terbilang cukup besar dibandingkan dengan profesi lainnya, apalagi untuk lulusan S1 yang mungkin juga termasuk lulusan universitas dengan jurusan Teknologi Pangan terbaik.

Meskipun gaji yang akan didapatkan cukup besar, namun tugas dari manajer pertanian dan peternakan bisa dibilang tidak mudah. Profesi ini mengharuskan para manajer untuk memeriksa keadaan ladang dan juga kebun untuk mengontrol keadaan tanaman.

Para manajer juga perlu mengadakan kegiatan yang memfokuskan pada produksi tanaman, mengawasi segala aktivitas yang berkaitan dengan pertanian dan peternakan sesuai standar yang sudah ada, membuat catatan keuangan, dan juga merencanakan kegiatan.

Sponsored Link

Analis Kontrol Kualitas

Profesi yang keempat ini merupakan profesi yang juga bisa diambil oleh lulusan Teknik Pangan berijazah D3 dan termasuk sebagai prospek kerja Teknologi Pangan yang menjanjikan karena jabatan pekerjaan yang akan diraih cukup beragam.

Profesi ini memiliki tugas untuk membuat analisa yang berkaitan dengan uji laboratorium, melakukan inspeksi dan analisa, mampu membaca hasil tes dan membuat rekomendasi sesuai dengan tes yang sudah dilakukan, dan membuat dokumentasi yang berkaitan dengan prosedur pengujian.

prospek kerja teknologi pangan teknik pangan

Ahli Teknologi Rasa

Jika para lulusan Teknologi Pangan ini berkecimpung di lapangan pekerjaan yang sangat berkaitan dengan hasil produksi pangan, maka profesi ini sangat tepat untuk digeluti.

Pada profesi ini, para lulusan Teknik Pangan bisa melakukan percobaan dan juga memproduksi sampel yang ada hingga menjadi produk yang konsisten.

Kemudian, lulusan universitas dengan jurusan Teknologi Pangan terbaik yang mengambil profesi ini diharuskan untuk bisa mengembangkan rasa dari produk yang sudah ada untuk menjadi produk baru, mengevaluasi rasa untuk menentukan kualitas, membuat daftar rasa dari data yang ada, dan memutuskan rasa mana yang paling tepat untuk suatu produk.

Ahli Diet dan Nutrisi

Sekarang ini banyak masyarakat yang sadar mengenai pentingnya hidup sehat dengan menerapkan pola diet yang sehat pula. Dengan ini, perlu pendampingan dari ahli diet dan nutrisi agar diet yang dilakukan sesuai dengan hasil yang diinginkan, dan ini adalah tugas yang tepat untuk lulusan Teknologi Pangan.

Di sini, para lulusan Teknologi Pangan harus memastikan kesesuaian gizi yang diperlukan dan dikonsumsi, menentukan kebutuhan nutrisi, merencanakan program diet, mengembangkan program, memberikan informasi gizi, memberikan bimbingan, dan melakukan konsultasi dengan dokter agar diet yang dilakukan sesuai dengan kesehatan pasien.

Profesi ini juga termasuk profesi yang cukup menjanjikan karena jabatan pekerjaan yang bisa didapatkan juga bervariasi. Sektor Formal / Kantoran, Informal dan wiraswasta

Peneliti dan Ahli Teknologi Pangan

Profesi dari lulusan Teknologi Pangan yang juga memberikan gaji yang cukup besar untuk lulusan S1 adalah profesi peneliti dan ahli teknologi pangan. Gaji rata-rata yang akan didapatkan oleh profesi ini adalah sekitar 4 hingga 6 juta dan ada beberapa jabatan pekerjaan yang bisa dimiliki.

prospek kerja teknik pangan

Tugas dari profesi ini juga tidak terlalu berat jika dibandingkan dengan profesi lainnya. Tugas tersebut antara lain selalu mengikuti perkembangan yang berkaitan dengan pangan, mempelajari metode-metode baru yang untuk meningkatkan kualitas pangan, melakukan evaluasi dan pengembangan program, melakukan pemeriksaan proses pengolahan pangan, dan melakukan pemeriksaan bahan mentah.

i k l a n

Manajer Kontrol Kualitas Sistem

Profesi yang juga cocok untuk lulusan Teknologi Pangan berijazah S1 adalah manajer kontrol kualitas sistem. Sesuai dengan namanya, profesi ini akan bergelut dengan program yang berkaitan dengan kualitas pangan, seperti proses produksi dan laboratorium.

Secara lebih spesifik, profesi ini menuntut para lulusan Teknologi Pangan yang mendaftar untuk bisa merancang dan melaksanakan program yang berkaitan dengan kualitas pangan, membuat kebijakan untuk mengontrol kualitas pangan.

Selain itu juga memantau sampel produksi untuk mengetahui kualitas pangan, menganalisa hasil kontrol kualitas, melakukan pemberhentian proses produksi, melakukan pemantauan kerja, dan melakukan komunikasi yang berkaitan dengan kualitas kepada pihak-pihak yang terkait.

Pegawai Negeri Sipil

Para lulusan Teknologi Pangan juga memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai PNS di beberapa departemen pemerintahan. Tentunya tanggung jawab dan tugas dari masing-masing departemen akan berbeda.

Apa yang istimewa dari jurusan Teknologi Pangan?

Orang awam mengira jurusan ini adalah soal masak-memasak, padahal bukan.
Di jurusan Teknologi Pangan kita mempelajari banyak hal seperti IPA, Ekonomi, Manajemen, Pemasaran dan sebagainya.

Kita juga mempelajari segala aspek tentang makanan, mulai dari proses produksi hingga siap dikonsumsi. Misalnya pengemasan, pengawetan, distribusi hingga penyimpanan.

Seringkali Teknologi Pangan disamakan dengan Ilmu Gizi padahal kedua jurusan ini berbeda. Ilmu Gizi orientasinya pada sumber dan nilai gizi pada makanan dan pola konsumsi. Sedangkan Teknologi Pangan fokus pada pengolahannya

Apakah Teknologi Pangan(TekPang) dan Teknologi Hasil Pertanian(THP) sama?

Tekpang mempelajari ilmu & teknologi berkaitan dengan pangan yang bisa berasal dari hasil pertanian, peternakan, dan perikanan. Mulai dari pengolahan pasca panen hingga riset market suatu produk.
Sedangkan THP mempelajari ilmu & teknologi berbagai bahan hasil pertanian, termasuk bahan pangan dan non-pangan (contoh: karet & tembakau). Selain itu juga mempelajari hasil peternakan & perikanan.

Editor's Choices:

Ada banyak sekali profesi yang membutuhkan lulusan Teknologi Pangan. Mayoritas profesi yang ada memang berkaitan dengan kualitas pangan dari perusahaan, namun hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa para lulusan Teknologi Pangan bisa merambah profesi lain dengan memperhatikan prospek kerja Teknologi Pangan di atas.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp

📢 Komentar / Pertanyaan


📈 Trending Topics
contoh teks eksposisi perbandingan dan strukturnya
contoh teks laporan hasil observasi
Contoh Teks Eksposisi Proses
contoh paragraf argumentasi singkat
Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor
Contoh Analisis SWOT Produk Makanan
🎓 Info Kuliah
prospek kerja kimia murni
Universitas di Jakarta Selatan
Prospek Kerja Teknik Geologi untuk Wanita
Alasan Memilih Jurusan Teknik Informatika
jurusan kuliah yang bisa kerja di kantoran
jurusan saintek unpad