3 Prospek Kerja Teknologi Pendidikan dan Alasan Memilihnya

Prospek kerja teknologi pendidikan – Memilih jurusan perkuliahan memang gampang-gampang susah. Kenapa demikian? karena saat memilih jurusan perkuliahan maka kita sebaiknya terlebih dahulu memikirkan prospeknya yang ada saat ini.

Prospek kerja adalah salah satu pertimbangan saat kita memilih jurusan. Pun demikian, prospek kerja masing-masing jurusan menentukan apakah jurusan tersebut memiliki passing grade yang tinggi atau sebaliknya. Semakin tinggi passing grade, semakin banyak peminatnya, juga semakin tinggi besar pula peluang kerjanya. 

Alasan Memilih Teknologi Pendidikan

Salah satu jurusan yang mungkin bagi kita tidak begitu familiar namun ternyata memberikan peluang kerja yang cukup besar adalah teknologi pendidikan. Beberapa alasan kenapa jurusan ini layak untuk Anda pilih adalah sebagai berikut:

Prospek Kerja Teknologi Pendidikan
  • Mengembangkan Kurikulum

Kurikulum adalah bagian penting dalam sebuah lembaga pendidikan. Kurikulum yang bagus tentu saja dihasilkan oleh mereka yang ahli di bidangnya.

Tujuannya tidak lain adalah untuk mencari solusi yang pas untuk perbaikan kurikulum yang dirasa di dalamnya terdapat kekurangan. Nah, karena begitu banyaknya sekolah negeri maupun swasta saat ini, tentu saja lowongan pekerjaan pun tidak sedikit. 

  • Menggabungkan teknologi dengan pengembangan pendidikannya

Ada begitu banyak manfaat yang diberikan teknologi dalam semua elemen kehidupan. Salah satunya adalah dalam elemen pendidikan. Beberapa pihak yang mungkin belum familiar dengan  pemanfaatan teknologi untuk pendidikan ini mungkin mengalami kesulitan saat akan menggabungkan antara manfaat teknologi dengan pendidikan yang sedang dikelola. Keahlian ini adalah skilldan wawasan yang dimiliki oleh alumnus jurusan teknologi pendidikan. 

  • Berperan mengembangkan pendidikan di Indonesia

Kurikulum adalah elemen penting pendidikan. Ini adalah kerangka yang nantinya proses eksekusinya akan berjalan setiap hari secara kontinyu. Singkat kata, bagi Anda yang memilih jurusan teknologi pendidikan, nantinya salah satu manfaat yang di dapatkan adalah dengan memberikan peran maksimalnya di dalam proses pengembangan pendidikan yang ada di Indonesia. 

  • Berada di rumpun sosial humaniora

Bagi siswa siswi yang selama duduk di Sekolah Menengah Atas dan memilih jurusan IPS, maka ini adalah salah satu jurusan yang cocok untuk dipilih. Jurusan ini berada di rumpun IPS atau soshum yang bermanfaat untuk mengembangkan kurikulum pendidikan yang ada. 

  • Menjadi expert di bidang teknologi pendidikan

Salah satu alasan memilih jurusan teknologi pendidikan salah satunya adalah agar menjadi ahli di bidang  ini. Tentu saja saat kita memiliki keahlian di bidang tertentu, maka kita akan memiliki nilai lebih yang menjual saat apply pekerjaan. Jika kita expert di bidang teknologi pendidikan, maka inilah nilai lebih yang akan kita tawarkan kepada masyarakat. 

  • Sekaligus tetap menjadi pengajar

Apakah saat kita memilih jurusan teknologi pendidikan lantas kita tidak bisa mengajar? Tentu saja bisa! Anda berkesempatan untuk  menjadi guru broadcasting, atau IT sesuai dengan skill yang di dapat di jurusan tersebut. 

  • Prospek yang luas

Ya, sudah tidak dipungkiri lagi bahwa jurusan ini memiliki prospek kerja yang luas. Setiap sekolah membutuhkannya, mulai dari jenjang Paud hingga perguruan tinggi. Nah, tunggu apalagi? Para alumnus mendapatkan peluang kerja yang besar karena terbuka di setiap sekolah. 

  • Membuat animasi

Contoh teknologi pendidikan dari segi skill yang dimiliki adalah ketangkasan alumnusnya untuk membuat animasi. Ya, skill yang dimiliki tidak hanya seputar membuat kurikulum, namun juga membuat animasi  di bidang pendidikan. 

  • Kompetitor terbatas

Lalu, bagaimana dengan kompetitornya? Apakah pesaingnya banyak ataukah terbatas? Jurusan teknologi pendidikan dari segi pesaingnya terbatas. Ini berarti Anda akan mendapatkan banyak peluang untuk diterima kerja karena dari segi pesaingnya yang terbatas. 

Prospek Kerja Teknologi Pendidikan dan Alasan Memilihnya

Prospek Kerja Teknologi Pendidikan

1, Spesialis Teknologi Pendidikan

Gelar teknologi pendidikan yang Anda dapatkan adalah pertanda bahwa Anda adalah spesialis teknologi pendidikan yang handal. Ini berarti Anda adalah seorang ahli dalam bidang teknologi pendidikan dimana Anda memiliki kompetensi untuk memberikan perspektif penting bagi para pendidik, pembuat kebijakan di lembaga pendidikan, atau sebagai administrator. 

Lebih jauh lagi, banyak hal menarik yang dapat dilakukan oleh sarjana teknologi pendidikan. Diantaranya adalah untuk memediasi sekolah dan guru untuk mengkombinasikan konten multimedia yang ada melalui website, mendesain kurikulum online yang dikembangkan, dan juga apa saja metode yang baik yang semestinya dikembangkan. 

Kenapa bisa sedemikian ahli? Karena jurusan teknologi pendidikan adalah jurusan yang di dalamnya  para pembelajarnya belajar secara mendalam mengenai bagaimana sih metode pendidikan yang pas yang semestinya digunakan, dengan dukungan proses yang tepat, dan juga dengan dukungan peralatan serta teknologi yang canggih.

Selanjutnya, alumnus jurusan ini akan mengembangkan, menguji ulang dan juga menerapkan apa saja kiranya alat pembelajaran yang cocok untuk digunakan di sekolah tersebut. 

Bagi para guru, profesi ini akan melatih guru agar lebih mahir dalam pemakaian peralatan teknologi yang digunakan. Tidak hanya itu, peralatan teknologi tersebut dapat dimanfaatkan untuk menggabungkan rencana pembelajaran yang kita sampaikan setiap harinya kepada para siswa sesuai dengan kurikulum skolastik yang sudah di buat. 

2. Berprofesi sebagai coordinator instruksional

Salah satu profesi menarik yang mungkin Anda tempati jika memilih jurusan teknologi pendidikan adalah coordinator instruksional. Profesi ini tugasnya biasanya adalah untuk mengawasi kurikulum yang ada dan digunakan di berbagai lokasi baik itu level sekolah maupun di level perguruan tinggi.

Bagi mereka yang menjalankan profesi ini, mereka akan bekerja sama dengan baik dengan guru dan juga dengan pihak administrasi yang tujuannya tidak lain adalah untuk membuat kurikulum yang sesuai dan siap di kembangkan di lembaga masing-masing.

Tidak hanya itu, profesi coordinator instruksional ini akan melakukan evaluasi data  serta hasil penerapan kurikulumnya. Selanjutnya, guru akan di dukung dan difasilitasi untuk pemakaian teknologi yang canggih yang ada di ruang kelas. Nantinya pembelajaran akan semakin maksimal apalagi di saat seperti sekarang ini. 

3. Pelatih Perusahaan

Gelar teknologi pendidikan akan membawa Anda untuk menjadi pelatih perusahaan yang profesional. Ya, cakupannya tidak hanya cakupan akademik saja, namun Anda berkesempatan untuk menjadi pelatih perusahaan profesional yang biasanya bertugas menilai kebutuhan masing-masing stafa yang dilakukan dengan cara survey. 

Lebih dari itu, tugas pelatih perusahaan adalah merancang bagaimana metode yang akan kita gunakan untuk pelatihan, apa saja bahan pelatihannya, apakah akan menggunakan peralatan manual atau lebih kepada modul online yang praktis selama latihan.

Setelah itu, akan diadakan penilaian efektivitas pelatihan, merancang berapa saja anggaran yang dibutuhkan, kapan jadwal pelatihannya, bagaimana sistem dan peralatannya, serta bagaimana cara pendaftarannya. 

Singkat kata, dengan bekal wawasan dalam bidang teknologi pendidikan, wawasan yang dimiliki dipadukan dengan pemakaian peralatan teknologi yang canggih sebagai media pendukung.

Nantinya proses pengajaran, penilaian, dan juga pengumpulan data sekaligus informasi ini akan digunakan untuk pengembangan dan perbaikan lembaga. Bagaimana? Prospek kerja teknologi pendidikan cukup menjanjikan, bukan? 

Apa yang Dipelajari di Jurusan Teknologi Pendidikan ?

Teknologi Pendidikan adalah studi dan etika praktik untuk memfasilitasi dan meningkatkan kinerja belajar. Studi dan etika praktik tersebut dapat melalui penciptaan, penggunaan, pengaturan proses, dan sumber daya teknologi.

Apa Bedanya Teknologi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran?

Teknologi pendidikan mencakup sistem yang digunakan dalam proses mengembangkan kemampuan manusia.
Sedangkan teknologi pembelajaran merupakan suatu bidang kajian khusus ilmu pendidikan dengan objek formal “belajar” pada manusia secara individu maupun kelompok

Lulusan Teknologi Pendidikan Kerja Dimana?

Saat ini, banyak lulusannya yang bekerja sebagai pengelola, perencana, pengembang, pembuat, penilai komponen pembelajaran di Departemen Negara, TNI/Kepolisian, di Universitas, Lembaga Diklat, ataupun Media.

Bagikan Ke Sahabat Anda:
Twitter Facebook WhatsApp Pinterest