7 Tips Perawatan Rambut Setelah Rebonding agar Hasilnya Maksimal

Rambut adalah mahkota bagi setiap wanita. Tak heran bila rambut ini harus benar-benar diperhatikan. Berbagai perawatan pasti dilakukan oleh para wanita untuk memiliki rambut yang indah seperti perawatan rambut setelah rebonding.

Perawatan Rambut Setelah Rebonding

Rambut lurus, panjang, dan berkilau menjadi idaman spesial para perempuan. Apalagi, banyak wanita senantiasa merasa dirinya seperti putri yang anggun apabila rambutnya benar-benar terawat dan memukau.

Impian Mahkota Kaum Wanita

Faktanya, setiap wanita memiliki bentuk rambut yang tak sama. Ada wanita yang terlahir dengan rambut ikal alias keriting. Ada pula wanita dengan rambut lurus. Beragam cara bisa dilakukan oleh kaum wanita untuk mengubah tampilan rambutnya seperti rebonding.


Rebonding rambut memang bukanlah hal yang asing bagi kamu wanita. Bahkan, tak jarang mereka melakukan rebonding demi mendapatkan tampilan rambut yang memuaskan. Sayangnya, banyak kaum wanita yang tidak menyadari bahwa ada treatment khusus setelah melakukan rebonding.

Treatment Rambut Setelah Rebonding

Setelah melakukan rebonding, berbagai treatment perlu Anda lakukan. Hal ini agar proses rebonding dapat bertahan dalam waktu yang lama. Bila diabaikan, tentu rambut akan kembali kusut, kering, kembali keriting, bahkan rusak. Adapun beberapa treatment dan perawatan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut.

advertisement

Jangan keramas dulu, biarkan rambut kering beberapa hari

Kandungan kimia yang ada pada rambut Anda tentunya belum meresap dengan baik setelah melakukan rebonding. Untuk itu, Anda sebaiknya tidak melakukan keramas selama beberapa hari.

Waktu yang disarankan untuk melakukan keramas adalah 1-2 kali seminggu. Jangan terlalu sering supaya rambut Anda tidak mudah rusak oleh bahan-bahan kimia yang terkandung di dalamnya.

Perawatan Rambut Setelah Rebonding - biarkan kering dulu

Gunakan shampo dan kondisioner saat keramas

Setelah bisa melakukan keramas, jangan lupa gunakan shampo yang sesuai dengan rambut Anda. Shampo yang kurang sesuai justru akan memperparah keadaan rambut dan berisiko membuat rambut Anda rusak.

Aplikasikan pula kondisioner pada rambut Anda sehingga semakin berkilau. Pakailah kondisioner setelah Anda melakukan keramas. Sebagai catatan, Anda tidak boleh terlalu sering menggunakan shampo saat mandi agar rambut tidak mudah kering, ya!

Gunakan air dingin saat keramas

perawatan rambut setelah rebonding

Penggunaan air dingin pada saat keramas adalah pilihan yang tepat, sebab rambut Anda pasti tidak mudah kering bila memakai air dingin. Bila Anda menggunakan air panas, tentu akan membuat kulit rambut cepat mengering sehingga meninggalkan gatal-gatal bahkan ketombe.

Air panas akan membuat hasil rebonding menjadi tidak maksimal dan tidak akan berumur panjang. Selain itu, panas yang berlebih juga akan membuat rambut menjadi kering dan mudah kusut sehingga akan sangat memengaruhi penampilan.

Jangan gunakan hairdryer setelah keramas

Setelah keramas, rambut pastinya menjadi basah. Anda sebaiknya tidak menggunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut. Penggunaan hairdryer justru akan membuat rambut Anda rusak bahkan cepat berketombe. Rebonding yang Anda lakukan tentunya juga akan sia-sia.

Oleh karena itu, perawatan rambut setelah rebonding melalui pengeringan rambut dapat dilakukan dengan cara yang lebih alami. Misalnya dengan menggunakan kipas atau mengangin-anginkan rambut beberapa saat, tentunya akan lebih baik dibanding penggunaan hairdryer yang berlebihan.

Perawatan Rambut Setelah Rebonding

Rapikan rambut dengan sisir yang jumlah giginya sedikit

Rambut Anda tentunya perlu ditata dengan rapi, kan? Gunakan sisir yang jumlah giginya sedikit sehingga rambut Anda tetap lurus. Bila Anda memakai sisir yang jumlah giginya banyak alias berhimpitan, tentu akan menimbulkan kerusakan pada rambut Anda.

Sisir dengan jumlah gigi yang sedikit akan memberikan ruang yang lega pada tahap penataan rambut. Berbeda dengan gigi yang banyak, bisa saja membuat rambut Anda mudah tersangkut dan malah menjadi lebih mudah kusut.

Hindari penggunaan karet rambut atau penjepit rambut

Memakai karet rambut pastinya akan membuat proses rebonding Anda gagal seketika. Karet rambut memang akan membuat rambut kita menjadi kusut bahkan keriting. Bila Anda memakainya setelah melakukan rebonding, tentu akan merusak rambut Anda.

Disarankan, Anda lebih baik menunda penggunaan karet rambut maupun penjepit rambut agar proses rebonding Anda semakin sempurna. Tunggulah beberapa hari supaya rambut yang sudah direbonding dapat terlihat hasilnya terlebih dahulu.

Pangkas rambut secara rutin

Hal lain yang harus Anda lakukan setelah melakukan rebonding yaitu memangkas rambut secara rutin. Proses pemangkasan ini Anda lakukan agar ujung-ujung rambut tidak terlihat bercabang atau patah. Apalagi, setiap ujung pada rambut Anda tentunya akan diperhatikan oleh orang lain.

Memangkas ujung rambut secara rutin memang akan memberikan efek rapi pada rambut Anda. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa rambut yang bercabang setelah proses rebonding memiliki penyebab lainnya. Hal inilah yang juga patut menjadi perhatian Anda.

Itulah berbagai treatment yang bisa Anda lakukan sebagai perawatan rambut setelah rebonding. Selain treatment di atas, masih ada treatment lain yang bisa Anda terapkan agar rebonding rambut Anda senantiasa awet, rapi, dan bertahan dalam waktu yang lama.

perawatan rambut setelah rebounding yang tepat

Adapun beberapa treatment lain yang akan membuat rambut rebonding Anda semakin berkilau dan memesona misalnya 4 tambahan treatment berikut ini,:

  • Jangan terlalu lama berada di bawah sinar matahari karena panas sinar matahari akan membuat rambut Anda cepat kering dan rusak.
  • Semprot rambut Anda dengan pewangi rambut sebelum pergi ke luar sehingga rambut tidak apek alias bau.
  • Gunakan masker rambut setiap 2 minggu sekali agar rambut Anda tidak mudah kering.
  • Bila perlu, lakukan perawatan khusus secara berkala misalnya dengan memberikan nutrisi khusus agar rambut Anda tetap lembab dan berkilau.
    Baca juga: SoftSkill yang Perlu Dimiliki agar Sukses Dimanapun
advertisement

Jadi, bagaimana Ladies setelah menyimak tips dan pembahasan mengenai treatment rambut diatas? Apakah terkesan ribet dan menyakitkan? Ya begitulah effort yang perlu dilalui kaum hawa. Ada caption/quotes yang bagus nih, “Kecantikan dimulai dalam pikiranmu, bukan dimulai dari cermin.

Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Pinterest Twitter Facebook WhatsApp
Tinggalkan komentar