Wisata Alam Kebun Teh Tambi Wonosobo

Bosan dengan suasana hiruk pikuk dan ramainya di perkotaan? Apakah Anda ingin mencari ketenangan dengan pergi ke alam yang sejuk namun tetap mengasyikkan? Anda bisa datang ke salah satu tempat wisata alam yang berada di Jawa Tengah tepatnya pada Kabupaten Wonosobo.

Nama tempat wisata alam ini yang akan Anda tengok keindahannya adalah wisata alam Kebun Teh Tambi Wonosobo. Kebun Teh Tambi ini berlokasi pada Desa Tambi, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Apakah Anda sudah pernah mendengar wisata alam ini?

Penjelasan lebih lanjut mengenai Kebun Teh Tambi ini, berada pada ketinggian 800 hingga 2000 meter di atas permukaan laut. Sehingga jika Anda kesini pastikan Anda untuk membawa baju hangat untuk berkeliling di kebun teh ini. Anda akan disuguhi pemandangan juga yang indah dari atas kebun teh ini.

Editor Choices :
tiket masuk kebun teh tambi wonosobo

Rute menuju ke tempat wisata ini disarankan untuk menaiki kendaraan pribadi, namun apabila Anda menggunakan kendaraan umum pun juga masih bisa untuk mencapai lokasi. Untuk Anda yang menaiki kendaraan pribadi Anda cukup menempuh 15 km hingga 16 km dari utara Kota Wonosobo.

Apabila Anda menggunakan kendaraan umum, Anda bisa melewati Yogyakarta untuk menuju ke arah Wonosobo. Kemudian dari kota Wonosobo, Anda perlu mencari bus dengan tujuan Dieng, lalu Anda turun di Desa Tambi. Anda perlu berjalan kaki sedikit untuk mencapai ke lokasi Kebun Teh Tambi.

Sponsored Link

Tarif Wisata Alam Kebun Teh Tambi

Jika Anda ingin berkunjung ke Kebun Teh Tambi secara perseorangan atau bersama keluarga sendiri, Anda cukup membayar biaya parkir kendaraan saja untuk satu kendaraan sekitar Rp. 5000 dan Anda perlu membayar Rp. 2000 per orang untuk memasuki Kawasan Dataran Tinggi di Dieng.

Jika Anda ingin berkunjung bersama rombongan, pengelola Kebun Teh Tambi juga menyediakan paket tour untuk Anda semua. Terdapat dua paket yaitu paket tour standard (minimal 10 orang)yaitu sebesar Rp. 27.500 per orang dan paket tour exclusive (minimal 20 orang)yaitu sebesar Rp. 55.000 per orang.

Anda juga bisa memilih paket yang Paket Ekslusif Outbound yaitu seharga Rp. 155.000 per orang saja, dan disini tidak ada batasan minimal orangnya. Anda yang ingin menikmati alam serta beraktivitas di Kebun Teh Tambi ini bisa pilih paket yang ini yah.

tiket masuk kebun teh tambi wonosobo

Waktu Operasional Wisata Alam Kebun Teh Tambi

Anda bisa datang kapan saja ke wisata alam Kebun Teh Tambi ini, karena wisata alam ini buka selama 24 jam. Waktu operasional Kebun Teh Tambi ini juga berlaku setiap harinya, baik hari biasa atau hari libur nasional.

Waktu yang sangat direkomendasikan untuk berkunjung ke wisata alam Kebun Teh Tambi ini adalah pagi hari mulai pukul 06.00 WIB hingga sebelum pukul 12.00 WIB. Waktu tersebut adalah waktu yang sangat tepat untuk menikmati keindahan kebun teh ini, dan juga Anda pun bisa bertemu warga pemetik teh juga.


Kemudian selain pagi hari, Anda bisa mengunjungi di waktu sore hari yaitu pukul 15.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Waktu tersebut sangat syahdu untuk dinikmati, tidak terasa panas akibat matahari dan menunggu sambil menikmati sore menuju senja.

tiket masuk kebun teh tambi wonosobo

Rekreasi di Kebun Teh Tambi

Berwisata alam di Kebun Teh Tambi Wonosobo, Anda tidak hanya duduk dan menikmati pemandangan yang ada di sekitar saja. Banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan dan mengunjungi tempat yang menyenangkan.

  1. Menjelajahi Kebun Teh Tambi

Kebun Teh Tambi memiliki latar belakang sejarah yang Panjang. Anda akan diajak berkeliling di kebun teh sambil Anda diceritakan oleh tour guide mengenai latar belakang sejarah pada Kebun Teh Tambi yang merupakan bekas peninggalan dari jaman Hindia Belanda.

Perkebunan teh di Desa Tambi mulai beroperasi sekitar tahun 1865, dimana pada saat itu Indonesia masih kondisi dijajah oleh Belanda. Kemudian mulai tahun 1954, perkebunan ini dijual kepada bekas Pegawai Perkebunan Negara Sindoro Sumbing, yang kemudian bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Wonosobo.

Dalam perjalanan tur mengelilingi Kebun Teh Tambi, Anda akan dipandu oleh tour guide berjalan hingga sejauh 3 km hingga 6 km. Anda pun jika memilih paket tour yang disebutkan di atas, Anda akan berkesempatan untuk mencoba belajar memetik daun teh dengan disediakan peralatannya oleh pengelola.


tiket masuk kebun teh tambi wonosobo
  • Tur ke Pabrik Teh

Setelah Anda diajak berkeliling ke Kebun Teh Tambi dan Anda pun belajar untuk memetik daun teh, Anda akan dibawa oleh tour guide untuk menuju proses pembuatan teh di Pabrik Teh Tambi. Seperti yang akan dijelaskan oleh tour guide bahwa masyarakat sekitar sana memang berprofesi sebagai penghasil teh.

Desa Tambi ini terkenal akan hasil produknya yaitu teh hitam. Anda nanti dapat menyaksikan bagaimana proses satu per satu dari daun teh yang akan diolah menjadi teh hitam. Mulai dari daun teh dibuat kering, kemudian dimasukkan ke dalam kemasan yang nantinya Anda bisa cicipi atau beli untuk buah tangan.

  • Rekreasi di Kebun Teh Tambi

Untuk berikutnya Anda bisa bermain sepuasnya di area Kebun Teh Tambi ini. Anda yang mengambil paket eksklusif outbound, Anda akan diarahkan oleh pengelola untuk menuju tempat outbound. Wahana yang disediakan salah satu diantaranya yang paling menarik adalah Flying Fox yang menyusuri perkebunan.

Kemudian bagi Anda yang suka bersepeda, di Kebun Teh Tambi juga menyediakan lintasan untuk bersepeda menjelajahi kebun teh ini. Lintasan yang bebatuan dan naik turun membuat Anda yang bersepeda disini jauh lebih menantang adrenalin serta ditemani oleh hembusan angin yang sejuk.


Fasilitas yang Disediakan Kebun Teh Tambi

Pengelola dari Kebun Teh Tambi, menyediakan fasilitas kepada pengunjung yang datang ke kebun teh. Terdapat Area Parkir yang cukup luas, kemudian ada Toilet, ada Mushola untuk beribadah, dan ada Pusat Informasi untuk bertanya-tanya lebih lanjut serta penjagaan kawasan.

Selain itu untuk Anda penggemar fotografi untuk mencari momen sunrise ataupun sunset, di Kebun Teh Tambi ini menyediakan spot atau letak dimana pengambilan gambar. Serta orang-orang pun dapat mengabadikan gambar dan pengalaman di kebun teh ini.

Fasilitas terakhir ada beberapa pilihan penginapan atau homestay yang disediakan oleh pengelola bagi Anda yang ingin merasakan bermalam di tengah Kebun Teh Tambi dengan harga yang bersahabat. Anda bisa melakukan reservasi dulu dengan menanyakan kesediaan tempat pada pengelola kebun teh.

Itulah penjelasan mengenai wisata alam yang seru di Kebun Teh Tambi Wonosobo. Jika Anda bosan dengan liburan yang hanya itu-itu saja Anda bisa langsung datangi Kebun Teh Tambi ini. Udaranya yang sejuk dan bersih akan membuat Anda rileks dan sangat betah tinggal berlama lama di kebun teh ini.

Ingat apabila Anda ke wisata alam ini pastikan Anda tidak meninggalkan sampah sembarangan. Serta dilarang untuk merusak lingkungan yang ada di sekitar kebun teh.


Share Artikel ini ke Sahabat Anda
Twitter Pinterest Facebook WhatsApp
Apakah ada tanggapan/pertanyaan?
Kirim Komentar


📢 Komentar / Pertanyaan