5 Jurusan S2 yang Linier dengan S1 PGSD Program Magister

Umumnya, tidak sedikit orang yang setelah lulus sarjana (S1) PGSD, memiliki keinginan untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yakni S2 / Magister.

Bagi kamu yang mungkin ada rencana untuk melanjutkan pendidikan S2, maka perlu mempertimbangkan keputusan ini secara matang. Selain mempertimbangkan soal rencana masa depan dan juga finansial, kamu juga penting mempertimbangkan masalah jurusan S2 yang linier dengan S1 PGSD.

Penasaran apa saja kira – kira jurusan Magister yang sesuai dengan S1 PGSD, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Jurusan S2 yang Linier dengan S1 PGSD

Sekilas tentang jurusan PGSD

Jurusan PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) umumnya merupakan jurusan yang mana mempersiapkan mahasiswanya untuk menjadi guru Sekolah Dasar (SD). Bisa dikatakan, bahwa jurusan PGSD ini menjadi jurusan favorit bagi siswa SMA yang mana memang ingin terjun di dunia pendidikan.

Terlebih lagi secara statistic, di universitas – universitas yang memiliki jurusan PGSD, jumlah mahasiswanya sendiri hampir mencapai 50% dari jumlah keseluruhan mahasiswa di universitas tersebut.

Ketika seseorang mengambil jurusan PGSD, maka mereka akan mempelajari semua materi pelajaran SD seperti Matematika, Bahasa Inggris, PKN, IPS, IPA, Kesenian dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, pemahaman akademis juga perlu dipelajari untuk memahami karakter dan pengembangan kepribadian seperti sikap santun, disiplin, pintar dan juga berjiwa sosial.

Dengan demikian, maha para lulusan PGSD akan dapat bertanggung jawab dalam membangun kepribadian siswa sejak dini. Sehingga setelah menjadi guru, maka mereka akan memberikan pondasi ilmu yang berguna agar supaya siswa dapat menapaki jenjang pendidikan di tingkat selanjutnya.

contoh

Apa saja jurusan S2 yang cocok untuk lulusan S1 PGSD?

Bagi kamu lulusan S1 PGSD dan sudah resmi mendaftar di jurusan pilihan untuk jenjang pendidikan S2, maka sebaiknya perlu membaca rekomendasi jurusan yang cocok untuk lulusan PGSD. Dalam hal ini, terdapat beberapa rekomendasi jurusan S2 yang linier dengan S1 PGSD yang mana sangat cocok untuk kamu jadikan pilihan di antaranya yakni sebagai berikut :

S2 Pendidikan Dasar

Jurusan S2 linier yang sesuai dengan jurusan PGSD yakni Pendidikan Dasar. Dimana, jurusan ini bisa kamu pilih jika kamu ingin menjadi seorang dosen atau praktisi pendidikan.


Biasanya, jurusan Pendidikan Dasar ini dikatakan sesuai dengan apa yang kamu pelajari sebelumnya di jurusan PGSD. Yang mana, kamu nantinya tidak akan mengalami kesulitan mengulang dari awal yang berbeda dengan pilihan lintas jurusan.

S2 Konseling Psikologi

Selanjutnya, ada jurusan S2 Konseling Psikologi yang juga sangat cocok dipilih bagi para lulusan S1 PGSD. Hal ini dikarenakan, dengan mengambil jurusan Konseling Pendidikan ini, maka kamu nantinya bisa mengembangkan kemampuan dalam memahami bagaimana karakter dan dapat meningkatkan pendidikan anak didik.

Sehingga, hal inilah yang nantinya membuat kamu dapat menjadikan hubungan kamu sebagai pengajar dengan peserta didik dapat terjalin dengan baik. 

Alasan Memilih Jurusan Manajemen
baca juga: 11 Alasan Kenapa Memilih Jurusan Manajemen

S2 Manajemen

Perlu kamu tahu, bahwa lulusan S1 PGSD umumnya tidak hanya bisa berkarir sebagai guru atau tutor saja, akan tetapi kamu juga bisa memilih karir di bidang bisnis.

Dengan mengambil jurusan S2 Manajemen, maka kamu bisa meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan usaha di bidang edukasi. Tentu ini menjadi pilihan yang menarik untuk kamu jadikan pilihan, bukan?


S2 Jurnalistik

Selanjutnya, ada jurusan S2 Jurnalistik yang juga cocok bagi para lulusan S1 PGSD. Di jurusan ini, kamu bisa mengembangkan kemampuan di bidang jurnalistik atau kepenulisan.

Terlebih lagi jika kamu sendiri memiliki niatan untuk bisa berkarir menjadi seorang editor ataupun penulis buku anak. Nantinya, kamu akan memiliki banyak wawasan dan pengalaman baru yang mana dapat berpengaruh untuk karir akademik kamu.

S2 Sastra dan Bahasa

Terakhir, ada jurusan S2 Sastra dan Bahasa yang juga erat kaitannya dengan lulusan S1 PGSD. Apalagi seperti yang kita ketahui, bahwa di sekolah dasar umumnya memiliki mata pelajaran pendidikan bahasa Indonesia dan juga bahasa Inggris.

Jadi ketika kamu memilih jurusan Sastra dan Bahasa untuk jenjang pendidikan S2 ini, maka dapat meningkatkan kemampuan akademik di jurusan PGSD yang pernah kamu ambil sebelumnya.

Editor Choices :

— — —
Itulah tadi beberapa jurusan S2 yang linier dengan S1 PGSD yang bisa menjadi bahan pertimbangan bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Komentar / Pertanyaan