8 Jurusan yang Tidak Terlalu Menguras Otak dan Bikin Stress

Kita dilahirkan didunia dengan beragam keadaan, berbeda kondisi. Ada yang paham hanya dengan sekali baca atau dengar, ada juga yg perlu diulang. Ada yang pandai akademis, namun minus di sisi sosialnya, ada juga yang jago komunikasi tapi lemah soal matematika, misalnya.

Beberapa Jurusan yang Tidak Terlalu Menguras Otak akan menjadi suatu pilihan alternatif bagi Anda sebagai calon mahasiswa yang tidak suka dengan Mata Pelajaran Matematika atau Eksak. Di universitas disebut dengan Jurusan Saintek.

Pada dasarnya semua jurusan itu bagus, baik dan prospektif. Karena dalam perumusan pembentukan suatu program studi didasari oleh uji kelayakan, beragam kajian, demand (kebutuhan masyarakat ataupun kebutuhan industri). Asal kuliah dengan benar, kelak masa depan juga akan tertata.

jurusan yang tidak terlalu menguras otak

Jurusan Kuliah yang Tidak Terlalu Menguras Otak

Bukan perkara gampang memutuskan program studi apa yang dipilih. Perlu banyak referensi dan dukungan orang sekitar. Apa yang dipilih bisa jadi takdir nasib kita kelak. Berikut ini akan dipaparkan 8 jurusan atau program studi yang bisa menjadi pilihan terbaik ketika Anda akan melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi!

Program Studi Hubungan Internasional

Hubungan internasional merupakan program studi yang memfokuskan pada keterkaitan negara dalam upaya menghadapi tantangan dan hambatan secara global atau internasional.

Program studi ini umumnya memuat isu internasional yang berkaitan dengan keamanan negara, kemiskinan, perdagangan dunia, lingkungan global, dan kerja sama multilateral. Tujuan dari program studi ini adalah untuk menciptakan generasi bangsa yang kompeten dan relavan dalam menjaga hubungan internasional negara Kita tercinta.  

Mengapa jurusan ini cenderung tidak menguras otak? Karena Jurusan Hubungan internasional tidak mengedepankan kemampuan eksak seperti matematika, melainkan hanya membutuhkan kemampuan untuk berkomunikasi, menguasai bahasa asing, menyelesaikan masalah, dan melakukan analisis pada suatu permasalahan tertentu.

Disamping itu, jurusan ini juga akan menuntut Anda untuk berpikir kritis, negosiasi serta persuasi, tetapi tetap dikemas dalam situasi dan kondisi yang menarik dan tidak membosankan sehingga tidak akan terlalu membebani otak kita.

Program Studi Ilmu Komunikasi

Pilihan jurusan yang tidak terlalu menguras otak berikutnya adalah Ilmu Komunikasi. Ilmu Komunikasi merupakan program studi yang memberikan bekal Anda untuk berkomunikasi atau menyampaikan pesan secara efektif dan efisien.

Pesan yang disampaikan dari pemberi pesan kepada penerima melalui media apapun harus tersampaikan dengan baik dan komunikatif sehingga dapat terjadi hubungan yang jelas dan relevan tanpa adanya miskomunikasi.


Ilmu Komunikasi dapat dikategorikan sebagai salah satu jurusan yang tidak terlalu menguras otak karena jurusan ini hanya membutuhkan kemampuan dasar berkomunikasi seperti perancangan, public speaking, inovasi berfikir, fotografi, menulis kreatif serta team work.

Semua aspek tersebut tentu saja tidak akan terlalu membuat Anda merasa terbebani untuk berfikir keras, melainkan akan membuat Anda menikmati kegiatan-kegiatan tersebut karena yang akan kebanyakan bekerja adalah otak kanan bukan otak kiri.

Program Studi Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual merupakan keilmuan yang mempelajari konsep komunikasi yang dikemas dengan tampilan visual yang unik dan kreatif. Tentu saja, informasi yang efektif, menarik, dan komunikatif akan mudah tersampaikan kepada para penerima pesan karena informasi yang dikemas sedemikian rupa seolah-olah akan dibutuhkan keberadaanya oleh para penerima pesan.

Sesuai dengan namanya, jurusan ini akan menggerakan kemampuan visual Anda sehingga dapat dikatakan bahwa jurusan yang satu ini tidak ingin banyak menguras otak jika dibandingkan dengan jurusan-jurusan yang mengedepankan aspek kognitif dan kinerja otak kiri. Jika dilihat dari aspek keilmuannya, Jurusan Desain Komunikasi Visual ini memang sedang digandrungi dan diminati oleh sebagaian besar Generasi Milenial saat ini.

jurusan kuliah yang cocok

Program Studi Ilmu Sejarah

Masih ingatkah salah satu slogan tentang sejarah yang dilontarkan oleh Bung Karno, Pahlawan Revolusi Kita? Ya, salah satu slogan fenomenalnya adalah JAS MERAH, yang kepanjangannya adalah Janganlah Sesekali Melupakan Sejarah”. Dari slogan tersebut Kita harus belajar bahwa Ilmu Sejarah merupakan salah satu ilmu yang penting untuk dipelajari.


Walaupun keberadaannya sangat penting, namun keilmuan ini tidak akan terlalu menguras otak justru banyak hal yang menarik untuk dipelajari dari Ilmu Sejarah ini seperti aspek kehidupan sosial, politik, bahasa, budaya, ekonomi, dan lain sebagainya sehingga dapat membangkitkan visual kita ke peristiwa-peristiwa yang terjadi tempo dulu untuk dijadikan pelajaran penting di kehidupan sekarang ini.  

Program Studi Sastra dan Bahasa Asing

Jurusan yang sedikit menguras otak berikutnya adalah Sastra dan Bahasa Asing. Program studi ini hanya membutuhkan kemampuan untuk berkomunikasi secara lisan maupun secara tulisan dengan situasi formal maupun non formal.

Disamping itu, Anda juga akan disuguhkan dengan kemampuan dalam mempelajari nilai-nilai sastra dan budaya yang berlaku di Negara yang bahasanya sedang Anda pelajari.

Jurusan kuliah yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang tidak ingin menguras otak terlalu banyak karena dalam proses pembelajarannya Anda akan disuguhkan dengan tayangan film, video, audio serta musik yang menjadi ciri khas dari negara bersangkutan.

Disamping itu, jurusan kuliah ini sangat asyik untuk didalami karena pada titik tertentu Anda akan merasa nikmatnya berkomunikasi dengan native speaker dari bahasa negara yang sedang Anda pelajari.

Program Studi Sosiologi

Sosiologi merupakan ilmu mengenai yang mempelajari tentang masyarakat dilihat dari struktur, permasalahan, serta perilaku sosial dari masyarakat tersebut. Jika Anda sangat gemar untuk mempelajari masyarakat dan pernak-perniknya, maka Jurusan Sosiaologi dapat menjadi pertimbangan yang menarik untuk dipelajari.

Keilmuan ini akan menitikberatkan Anda sebagai calon mahasiswa untuk memiliki keterampilan-keterampilan khusus dalam melakukan observasi, melaksanakan penelitian, memahami berbagai fenomena sosial, belajar berkomunikasi, melaksanakan analisis, serta melatih diri untuk berfikir kritis.

Walaupun demikian, otak Anda tidak akan terkuras karena pada aplikasinya Anda akan disuguhi dengan pengalaman yang menarik untuk mempelajari masyarakat tertentu. Pada akhirnya, jika Anda berhasil dan sukses, maka Anda dapat menjadi social worker atau community organizer yang banyak berinteraksi dengan masyarakat luas.

Program Studi Desain Grafis

Adakah program studi yang tidak terlalu berat serta berpeluang besar di era milenial ini? Jawabanya adalah Program Studi Desain Grafis. Seperti yang telah Anda ketahui bahwa Desain Grafis akan mempelajari berbagai bentuk visual berupa garis, gambar, atau elemen grafis lain yang tentunya sangat menarik untuk dipelajari.

Sekarang ini, banyak media-media yang membutuhkan produk maupun jasa dari desain grafis yang tujuannya adalah untuk menjawab tantangan era milenial dan industri 4.0 yang pada pengaplikasiannya membutuhkan digitalisasi dan desain grafis.


Program studi ini dapat dikategarikan sebagai jurusan yang tidak menguras otak, terutama otak kiri karena lebih mengedepankan aspek visual sebagai makanannya otak kanan. Desain grafis lebih fokus dengan aspek keterampilan diabandingkan dengan aspek pengetahuan. Kegiatan menggambar, berimajinasi, berinovasi dalam mengoperasikan software akan membuat Anda lebih tertarik dan cenderung tidak cepat bosan.

Program Studi Animasi

Ada jurusan yang lebih menarik dari Desain Grafis yang tentunya tidak akan menguras kinerja otak Anda, yaitu jurusan Animasi. Jurusan Animasi merupakan program studi yang mempelajari tentang pembuatan gambar yang disertai dengan ilusi gerakan. Jurusan animasi ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu film animasi dan animasi interaktif.

Di jurusan ini, anda juga akan mempelajari aspek pendukung visual, yaitu aspek audio dengan cara mengkombinasikan sound effect dan voice acting sesuai dengan bentuk dan kategori animasi yang sedang dibuat.

Jurusan yang mengajak Anda untuk mempertajam kreativitas serta keterampilan tersebut muaranya dapat menciptakan sebuah karya yang memiliki nilai tinggi dan yang terpenting tidak akan menguras kinerja otak Anda secara frontal.

Jurusan Apa yang Waktunya Fleksibel, Banyak Waktu Luang?

Yang pertama adalah Fakultas bahasa dan kedua adalah FISIP. Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik adalah pilihan yang bagus buat kaum yang ingin banyak waktu luang. Mahasiswa/i FISIP di tuntut untuk bersosialisasi dan update informasi tenang ekonomi sosial dan politik terbaru. Hal yang paling mendasar adalah, setidaknya sudah membaca dan paham buku pengantar ilmu politik dan sosial.

Editor Choices :

Dari delapan program studi yang telah dibahas, apakah Anda sudah menemukan Jurusan yang Tidak Terlalu Menguras Otak yang paling sesuai dengan pilihan hati?

Komentar / Pertanyaan